Penasaran, Ini Tempat Tinggal Cicak di Rumah Anda

P

Artikel ini disponsori oleh Anti Rayap

Cicak merupakan salah satu hewan vertebrata yang terkenal dengan perkembangbiaknya yang begitu cepat. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan binatang melata satu ini, hewan ini sering ditemui di berbagai sudut rumah. Ternyata binatang ini memiliki tempat tinggal yang berbeda-beda tergantung dengan jenisnya.

Hewan ini juga menjadi salah satu hewan yang memiliki banyak jenis dan juga memiliki tempat tinggal yang berbeda-beda. Berikut ini terdapat beberapa tempat tinggal cicak di sekitar lingkungan rumah sesuai dengan jenisnya.

Tempat Tinggal Cicak

Dinding

Tempat tinggal cicak yang pertama dan sudah sangat familiar adalah dinding. Dinding merupakan habitat utama hewan melata yang biasa disebut dengan cicak tembok. Cicak yang sering kita jumpai di berbagai sudut rumah ini memiliki nama latin Cosymbotus platyurus.

Cicak yang bertempat tinggal di dinding ini, memiliki ciri-ciri tubuh yang pipih dan berbentuk lebar, pada bagian ekor terdapat jumbai halus yang berada di tepian. Jika diamati secara seksama, Anda akan melihat sebuah lipatan kulit di sebelah sisi perut dan juga di bagian kaki belakang.

Dapur

Dapur juga merupakan salah satu tempat tinggal cicak di lingkungan rumah. Biasanya, cicak-cicak yang hidup di dapur akan mendekati meja makan untuk mencari makanan berupa butiran-butiran nasi. Cicak yang hidup di dapur ini tergolong jenis cicak suka gula dan memiliki bentuk tubuh lebih kecil dari cicak tembok.

Bagian kepala cicak yang suka gula berbentuk membulat dan warna kulitnya terlihat seperti transparan. Cicak jenis ini tidak hanya tinggal di dapur saja, biasanya juga ditemukan di kamar mandi. Cicak yang hidup di dapur ini juga merupakan cicak paling menjengkelkan, karena sering kita temui tenggelam dalam gelas berisi kopi ataupun teh.

Pepohonan dan Kayu

Tempat tinggal cicak yang sering kita jumpai selanjutnya adalah pohon hijau. Cicak yang bertempat tinggal di pohon ini termasuk jenis cicak kayu. Biasanya, mereka akan tinggal di pohon-pohon yang berada di halaman rumah atau di sekitar rumah. Tidak hanya di pohon saja, cicak jenis ini juga tinggal di bagian atas rumah yang terbuat dari kayu.

Bebatuan

Batu juga merupakan salah satu tempat tinggal cicak, yaitu cicak batu. Bebatuan yang menumpuk di sekitar rumah akan dijadikan tempat tinggal oleh cicak batu. Tidak hanya di sekitar rumah saja, cicak jenis ini juga mempunyai habitat berupa bebatuan yang berada di sepanjang sungai dan perkebunan kopi, serta kemungkinan besar juga bertempat tinggal di dalam hutan.

Ternyata cicak memiliki banyak jenis dan juga tempat tinggal yang berbeda-beda. Mulai dari cicak yang bertempat tinggal di dinding rumah, dapur dan kamar mandi, pepohonan hingga tinggal di bebatuan. Informasi di atas dapat membuktikan bahwa bumi memiliki banyak sekali keanekaragaman hayati.

About the author

Galuh SEO

Add Comment

Galuh SEO