Ini Perbedaan Plastik Ramah Lingkungan dan Plastik Biasa

I

Bioplastik atau plastik ramah lingkungan merupakan jenis plastik yang bisa hancur dengan mudah tanpa butuh waktu lama. Tentunya berbeda dengan plastik biasa yang sulit terurai dan bahkan butuh terurai dalam jangka waktu yang lama. 

Selain perbedaan tersebut, ada beberapa hal lain yang juga turut menjadi perbedaan antara plastik ramah lingkungan dan plastik biasa. Lantas, apa saja perbedaan plastik ramah lingkungan dengan plastik biasa yang Anda harus tahu? Disini kami akan ulas informasinya untuk Anda!

Perbedaan Plastik Ramah Lingkungan dan Plastik Biasa

Kesulitan robekannya

Jika kita bandingkan keduanya, antara plastik ramah lingkungan dengan plastik biasa memiliki bahan pembuatan atau komposisi bahan yang berbeda. Plastik ramah lingkungan lebih mudah robek sehingga tidak cocok untuk digunakan menahan beban yang terlalu berat misalkan untuk menjadi tempat batu bata atau batu kali. Sementara untuk plastik biasa dapat menahan beban yang berat karena sulit robek.  

Kemudahan untuk terurai

Dengan dua bahan yang berbeda tentu menjadikan kemudahan untuk terurai juga berbeda. Untuk plastik ramah lingkungan jauh lebih mudah terurai sementara plastik biasa lebih sulit diuraikan bahkan butuh waktu 100 tahun untuk menguraikan plastik biasa sehingga sangat tidak baik untuk lingkungan. 

Mudah dibawa

Plastik biasa mudah dibawa kemana – mana karena memang bisa dilipat sangat kecil, tidak berat dan bahkan setelah pemakaian langsung bisa dibuang. Hanya saja semakin banyaknya menggunakan plastik biasa tentu saja lingkungan akan semakin tercemar sehingga bisa dipastikan plastik biasa lebih mudah mencemari lingkungan dibandingkan plastik ramah lingkungan. 

Harga kantong plastik biasa lebih murah

Jika kita bandingkan antara kantong plastik biasa dengan plastik biodegradable, keduanya berbeda. Dibuat dari bahan yang berbeda dan tingkat kesulitan pengolahan yang berbeda menjadikan dua jenis plastik tersebut juga dibanderol dengan harga yang berbeda. 

Jika Anda bisa dapatkan kantong plastik biasa dengan harga mulai dari 200 – 500 rupiah dan bisa langsung dibuang ketika sudah tidak digunakan, maka kantong plastik ramah lingkungan bisa Anda dapatkan mulai dari 3000 – 5000 rupiah. 

Namun tenang saja, walau harganya bisa dibilang hampir 5 – 10 kali lipat lebih mahal dibandingkan kantong plastik, namun pemakaiannya juga lebih lama. Jika kantong plastik biasa dapat Anda gunakan sekali pakai saja, maka plastik ramah lingkungan bisa Anda gunakan bahkan sampai dengan 10 bahkan 50 kali pakai atau sampai kantong tersebut rusak. Semakin ringan intensitas barang yang dibawa dengan kantong plastik ramah lingkungan tersebut maka bisa dipastikan bahwa tingkat keawetan kantong tersebut semakin lama. 

Itulah beberapa hal yang menjadi perbedaan plastik ramah lingkungan dari plastik biasa. Pastikan untuk menjaga lingkungan, kita mulai budayakan memanfaatkan plastik ramah lingkungan yang lebih ramah terhadap lingkungan dan lebih tahan lama. 

About the author

Galuh SEO

Add Comment

Galuh SEO