Mengenal Fitur dan Layanan J&T di Bukalapak

M

Beberapa brand e-commerce yang menjual berbagai macam barang kebutuhan seperti Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia, semakin digemari oleh masyarakat. Bukalapak sebagai salah satu brand tertua dan terbesar yang ada di Indonesia juga bekerjasama dengan J&T Express dalam hal pengiriman. Untuk itu kita perlu mengenal fitur dan layanan J&T di Bukalapak untuk mempermudah transaksi online.

Adanya diskon dan promo yang menarik, terkadang terdapat obral barang murah yang sering disebut flash sale, membeli barang tanpa perlu pergi kemanapun menjadikan e-commerce semakin menarik. Jangan bingung memilih pengantaran dan ekspedisi yang tepat. Dengan harga terjangkau dan pengantaran yang tepat waktu, J&T hadir untuk memberikan pelayanan terbaik mengantarkan kebahagiaan kepada pelanggan.

J&T Express memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang sehat dan berkelanjutan. Artinya dalam mengembangkan bisnis ekspedisi akan selalu berinovasi untuk meningkatkan layanan sehingga menunjang prinsip berkelanjutan. Misinya adalah fokus kepada pelanggan dan efisiensi sebagai akar dari layanan. Pelanggan adalah aktor utama dari ekspedisi. Apabila layanan baik, maka permintaan pelanggan akan semakin meningkat.

kurir jnt express
kurir jnt express

Mengenal Fitur dan Layanan J&T di Bukalapak

J&T Express adalah jasa pengiriman yang melayani pengiriman dalam kota, antar kota, dan antar provinsi. Selain itu juga disediakan layanan penjemputan ke alamat pelapak dengan memanfaatkan kurir menjemput barang dari lokasi terdekat pelapak. Adapun layanan dari J&T Express di Bukalapak adalah:

  1. Tidak ada jumlah minimal berat atau jumlah paket yang akan dikirim. Pelanggan dapat mengirimkan paket dengan berat minimal misalnya 1 gram. J&T akan tetap mengantarkan barang pelapak kepada pelanggan.
  2. Layanan buka setiap hari tanpa libur dengan jam operasional kantor dari jam 08.00-20.00.  J&T Express  melayani pengiriman paket baik di hari Minggu, hari libur nasional, dan hari raya.
  3. Mengirim pesanan dengan resi otomatis dari J&T Express. Ada 2 cara pengiriman resi yaitu manual dan otomatis. J&T menawarkan jasa resi otomatis pada pelapak. Resi secara otomatis akan terisi pada saat pelapak sudah mengirim barang ke tujuan. Sistem tracking Bukalapak sudah terintegrasi dengan sistem J&T Express sehingga dapat terlacak secara otomatis.

Selain resi otomatis juga terdapat layanan resi manual dimana pelapak harus memasukkan nomor resi satu per satu secara manual.

  1. Layanan kurir menjemput barang. Kurir J&T akan datang langsung ke alamat pelapak sehingga pelapak tidak perlu lagi datang ke kantor J&T terdekat untuk mengirimkan barangnya. Waktu operasional penjemputan adalah pukul 08.00-20.00. Kurir dapat melakukan penjemputan barang setiap hari sesuai dengan permintaan si pelapak.

Selain itu juga terdapat layanan drop off point dimana pelapak bisa mengantarkan barangnya langsung ke agen atau kantor J&T Express terdekat.

  1. Pelapak tidak perlu membayar ongkos kirim saat mengirim barang karena pembayaran biaya pengiriman akan dilakukan oleh Bukalapak ke pihak J&T Express.

Fitur BukaSend

Fitur ini dimanfaatkan pelapak untuk dapat mengirimkan barang dengan mudah. Fitur ini merupakan fitur yang dimiliki oleh Bukalapak tetapi bekerjasama dengan pihak pengiriman. Salah satunya adalah J&T Express. Fitur ini memiliki keunggulan dimana kurir menjemput barang (pickup) ke alamat pelapak dan langsung mengantarkan ke gerai/agen terdekat (drop off) dengan resi otomatis. Akan tetapi ada maksimal berat barang yang dikirim yaitu 7 kg.

Fitur BukaSend memanfaatkan sistem tracking dari Bukalapak dimana pengguna dapat dengan mudah memantau lokasi barang/pesanan yang sedang dikirim. Pantauan ini dilakukan bekerjasama dengan J&T Express yang juga memiliki sistem pantauan paket secara real time.

Fitur J&T Automatic AWB

Dengan menggunakan J&T automatic AWB maka pelapak tidak perlu lagi memasukkan nomor resi ke halaman transaksi setelah mengirim barang. Resi pengiriman akan otomatis masuk ke halaman transaksi penjualan karena sistem J&T Express sudah terintegrasi dengan Bukalapak. Fitur ini meminimalisir kesalahan input dari pelapak dari penginputan resi secara manual.

Sebenarnya fitur ini merupakan pelengkap dari layanan resi otomatis. Pelapak juga tidak perlu membayar ongkos kirim ke J&T Express karena dana remit yang diterima pelapak akan otomatis dikurangi ongkos kirim sesuai tarif oleh Bukalapak. Jadi pembayaran ongkos kirim diatur oleh Bukalapak dan cara ini dapat mempermudah pelapak.

Sebagai pelapak, penting untuk mengenal fitur dan layanan J&T di Bukalapak. Apabila belum mengaktifkan J&T Express sebagai salah satu metode pengiriman di lapak Anda, segera aktifkan untuk mendapatkan promo seru dan fitur menarik.

About the author

Galuh SEO

Penggiat media online yang haus akan ilmu. Menulis dan berbagi adalah bagian dari keseharian.

Add Comment

Galuh SEO

Penggiat media online yang haus akan ilmu. Menulis dan berbagi adalah bagian dari keseharian.