Materi Sekolah: Mengenal Paragraf Ekspositoris

M

Pernahkah Anda mendengar jenis paragraf ekspositoris? Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sering membaca jenis paragraf yang satu ini, namun tidak mengetahui jenis paragraf yang digunakan. Mengetahui jenis-jenis paragraf sebenarnya penting untuk diketahui, agar bisa menyusun paragraf yang runtut serta enak dibaca.

Untuk Anda yang ingin mengenal apa paragraf ekspositoris silahkan simak penjelasan berikut ini;

Pengertian Paragraf Ekspositoris

Paragraf ekspositoris merupakan paragraf yang menjelaskan salah satu unsur yang melekat pada sebuah objek dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan para pembacanya.

Adapun objek yang disampaikan dengan cara bertahap atau bagian-bagian dari objek tersebut. Sebenarnya paragraf ekspositoris mirip dengan paragraf eksposisi dan teks prosedur dalam hal penyampaiannya.

Artikel serupa: Contoh Teks Eksplanasi

Ciri-Ciri Paragraf Ekspositoris

Pada dasarnya setiap paragraf memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakannya dari jenis paragraf lainnya. Berikut ini merupakan ciri-ciri paragraf ekspositoris yang dapat Anda simak:

  • Terdapat sejumlah fakta dan data yang dapat mendukung penjelasan suatu objek
  • Ada upaya untuk menjelaskan suatu objek atau topik dengan tujuan utama memberikan informasi atau wawasan
  • Terdapat unsur persuasi atau ajakan, walaupun jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan paragraf persuasi.

Pola Paragraf Ekspositoris

Paragraf ekspositoris bisa ditulis dengan berbagai pola yang berbeda. Berikut ini merupakan pola yang bisa digunakan untuk menulis paragraf ekspositoris:

Pola Sebab-Akibat

Pola yang pertama mirip dengan pola pada paragraf sebab akibat. Dalam pola ini, sebab menjadi gagasan utama, sedangkan akibat menjadi pengembang kalimatnya. Pola paragraf sebab-akibat juga bisa dibalik, dimana gagasan utama adalah akibat dan pengembangnya adalah sebab.

Pola Ilustrasi

Pola yang selanjutnya yaitu pola ilustrasi. Pola ilustrasi memuat suatu hal yang akan dibahas. Pola paragraf yang satu ini memuat ilustrasi yang ada lingkungan sekitar atau di kehidupan sehari-hari.

Pola Pengembangan Proses

Pola paragraf yang berikutnya yaitu pola pengembangan proses. Pola paragraf yang satu ini mirip dengan pola pada paragraf prosedur, dimana memuat proses terjadinya suatu peristiwa atau pembentukan suatu objek.

Sekarang sudah tahu bukan apa itu paragraf ekspositoris? Setelah mengenal apa paragraf ekspositoris pastinya Anda sudah tidak kebingungan lagi jika nantinya akan membuat jenis paragraf yang satu ini.

About the author

Galuh SEO

Add Comment

Galuh SEO