Mengenal Pengertian ISO 22000 dalam Industri Makanan

M

Bagi Anda yang memiliki usaha di bidang pangan, maka tentu Anda sudah tidak lagi asing dengan yang dimaksud ISO 22000. Jadi pengertian ISO 22000 adalah membahas tentang standar keamanan pangan dan mutu dari suatu produk yang harus dijamin oleh perusahaan yang bersangkutan.

Di dalam sertifikat ISO 22000, standar didalamnya dimaksudkan untuk mendefinisikan berbagai macam persyaratan manajemen keamanan pangan bagi setiap perusahaan yang bergerak di bidang pangan.

Semua kebutuhan baik yang diperlukan oleh konsumen dan pasar telah dibuat dalam satu standar ISO 22000 untuk mempercepat dan menyederhanakan proses kerja sekaligus tanpa perlu mengorbankan sistem manajemen mutu atau pun manajemen keselamatan yang lainnya. Penjelasan lengkapnya tentang ISO 22000 akan kami ulas dalam informasi berikut ini!

Pengertian ISO 22000

Secara harfiah, pengertian ISO 22000 adalah sistem manajemen keamanan pangan yang diterapkan pada masing – masing organisasi dalam rantai makanan dan pertanian, serta peternakan. Dengan adanya sertifikat ISO 22000, hal tersebut memungkinkan bagi suatu organisasi untuk menunjukkan kepada pelanggan mereka bahwa organisasi tersebut nantinya akan menetapkan suatu sistem manajemen keamanan pangan.

Hal ini juga dapat memberikan rasa percaya terhadap pelanggan atas suatu produk baik berupa makanan atau minuman yang telah diproduksi. Dalam sistem manajemen keamanan pangan sendiri, hal yang sangat penting diperhatikan adalah keamanan makanan dan bagaimana tata cara kelolanya agar menghasilkan produk yang berkualitas dan bermutu untuk konsumennya.

Bahan – bahan yang digunakan pun harus merupakan bahan – bahan yang baik dan aman. Hal tersebut sudah diatur didalam sistem manajemen ISO 22000. Tata aturan di dalamnya lengkap juga mengatur tentang perkembangan industri pangan yang meningkat sangat pesat dewasa ini sehingga seiring dengan berjalannya waktu, masalah yang berkaitan dengan food borne illness atau penyakit yang disebabkan oleh makanan dapat diantisipasi.

Khususnya di negara Eropa dan Amerika, foodborne illness atau penyakit yang disebabkan karena makanan diantisipasi dengan cara penerbitan metode risk analysis atau analisa resiko terhadap bahaya yang disebabkan oleh makanan dalam proses pembuatan atau penyediaannya.

food factory processing standard
Contoh food processing standard di Jepang

Metode ini disebut dengan metode HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points) dimana setiap organisasi yang menjual suatu produk di Eropa dan juga Amerika wajib memenuhi semua persyaratan yang ada.

Adanya standar ISO 22000 dibuat dengan maksud untuk menentukan berbagai hal tentang persyaratan manajemen keamanan pangan bagi setiap perusahaan yang memang membutuhkan. Standar aturan yang ada didalamnya mencakup semua kebutuhan dasar pangan dan kebutuhan pasar sekaligus. Hal ini juga turut mempercepat dan menyederhanakan proses tanpa perlu mengorbankan kualitas atau manajemen keselamatan sistem yang lainnya.

ISO 22000 dengan semua tata aturan yang diberlakukan juga memiliki beberapa manfaat. Adapun beberapa manfaatnya yaitu :

  • Menjamin keamanan produk yang dihasilkan oleh industri
  • Meningkatkan kepercayaan sekaligus kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan produktivitas serta juga efisiensi dari organisasi yang didirikan
  • Meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia
  • Menjamin sistem perbaikan yang saling berkesinambungan satu sama lain
  • Sebagai media dalam pengambilan keputusan secara faktual
  • Membantu meningkatkan hubungan saling menguntungkan satu sama lain dengan pemasok

Sistem dalam iso 22000 juga menjadi suatu sistem manajemen yang saling terkait dan terintegrasi dengan sistem manajemen yang lain. Hal tersebut pada akhirnya memungkinkan bagi suatu organisasi untuk bekerja sebagai satu kesatuan dengan tujuan untuk bisa bersatu. Dengan adanya sistem yang saling terintegrasi, hal tersebut menjadikan organisasi Anda menjadi satu kesatuan yang utuh dengan masing – masing fungsi yang saling selaras satu dengan yang lainnya.

About the author

Galuh SEO

Penggiat media online yang haus akan ilmu. Menulis dan berbagi adalah bagian dari keseharian.

Add Comment

By Galuh SEO

Galuh SEO

Penggiat media online yang haus akan ilmu. Menulis dan berbagi adalah bagian dari keseharian.