Ini Fenomena Alam Yang Berkaitan Dengan Fisika

I

Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dapat digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena alam yang seringkali terjadi. Fenomena alam fisika dapat memberikan penjelasan secara logis sehingga tidak akan ada pemikiran yang bersifat takhayul terhadap kejadian yang terjadi. 

Fenomena Alam Dalam Fisika

Sudah banyak fenomena alam yang dapat dijelaskan karena adanya hukum-hukum fisika termasuk fenomena yang unik tapi misterius. Tidak peduli apakah fenomena alam yang terjadi merupakan yang sering dilihat ataupun sulit untuk dilihat. Untuk memahaminya, berikut contoh fenomena alam yang dapat dipelajari.

  • Kilatan cahaya petir dan suara gemuruh petir.

Petir terjadi karena ada awan yang berkumpul dari berbagai arah ke satu titik sebelum terjadi hujan. Awan yang berkumpul tersebut memiliki muatan positif dan negatif. Apabila awan-awan tersebut bertemu maka akan terjadi gesekan sehingga terjadilah kilatan cahaya yang kemudian diikuti dengan suara gemuruh sebelum turun hujan atau bisa juga terjadi saat hujan turun.

  • Sendok yang dimasukkan ke dalam gelas berisi air terlihat bengkok.

Kejadian ini bisa dikatakan sebagai pembiasan cahaya. Sinar cahaya yang datang dari medium udara yang memiliki kerapatan renggang kemudian menuju ke medium yang lebih rapat menyebabkan sinar cahaya akan dibiaskan atau dibelokkan mendekati garis normal. Karena inilah sendok terlihat lebih bengkok padahal sebenarnya tidak bengkok. Hal ini karena adanya pembiasan cahaya.

  • Plastik akan meleleh saat terkena cahaya sinar matahari yang melewati kaca pembesar.

Kaca pembesar menggunakan lensa cembung atau lensa positif di mana bagian tengah lensanya lebih besar dibandingkan tepinya. Hal ini menyebabkan sinar yang melewati lensa cembung akan mengumpul pada satu titik sehingga cahaya matahari yang melewati lensa cembung akan berkumpul dan menjadi sangat panas sekali sehingga dapat melelehkan plastik bahkan membakar kertas. 

  • Proses terjadinya pelangi

Pelangi memiliki tampilan yang indah dan umumnya muncul ketika hujan turun rintik-rintik dan terkena cahaya matahari. Sinar matahari merupakan cahaya putih. Jika cahaya putih tersebut melewati air hujan rintik-rintik maka cahaya tersebut akan diuraikan menjadi 7 warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu yang disebut sebagai pelangi. 

  • Proses terjadinya fatamorgana
fenomena fisika fatamorgana
fenomena fisika fatamorgana

Proses fatamorgana berupa genangan air di jalan padahal tidak turun hujan dan suasananya masih panas. Hal ini dapat terjadi karena udara di sekitar mengalami pemuaian karena cuaca yang terlalu panas akibat sinar matahari. Inilah yang membuat kejadian yang mengelabui mata membuat apa yang dilihat terlihat asli padahal tidak.

  • Proses terbentuknya zat padat garam dapur dari pengeringan air laut

Garam dapur berasal dari air laut yang melewati proses penguapan hingga menghasilkan zat padat. Biasanya akan dibuat tempat khusus untuk menjemur air laut. Air laut yang dijemur akan menguap sehingga hanya menyisakan zat padat yaitu garam dapur. Apabila tidak melewati proses penguapan maka garam dapur akan menyatu dengan air laut. 

  • Berat benda yang ditenggelamkan ke dalam air akan terasa lebih ringan.

Apabila kita berenang di kolam renang dan ingin menggendong seseorang maka tubuh yang digendong akan terasa lebih ringan dibandingkan saat di permukaan. Hal ini dikarenakan terdapat tekanan di dalam air yaitu tekanan gaya ke atas pada air.

Inilah fenomena alam fisika yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Dengan adanya ilmu fisika maka akan lebih mudah memberikan penjelasan yang masuk akal mengenai fenomena-fenomena yang terjadi sehingga memudahkan pemahaman.

About the author

Galuh SEO

Penggiat media online yang haus akan ilmu. Menulis dan berbagi adalah bagian dari keseharian.

Add Comment

Galuh SEO

Penggiat media online yang haus akan ilmu. Menulis dan berbagi adalah bagian dari keseharian.