Mengenal Cara Kerja Water Heater Gas

M

Untuk saat ini, bagi sebagian besar orang memiliki sebuah water heater di dalam rumah adalah menjadi sebuah hal yang wajib. Water heater tentunya lebih praktis dibandingkan Anda memanaskan air dengan menggunakan kompor yang memerlukan waktu cukup lama agar air menjadi panas. Dengan menggunakan water heater Anda hanya perlu memutar kran dan air hangat dapat keluar sesuai suhu yang diinginkan.

Salah satu jenis water heater yang populer di pasaran dan cukup banyak digunakan oleh keluarga Indonesia adalah water heater tenaga gas. Selain waktu pemanasan air yang cepat, water heater gas memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis water heater lainnya. Sebelum memilihnya, lebih baik Anda memahami terlebih dahulu cara kerja water heater gas agar tidak salah memilih.

Cara Kerja Water Heater Gas

Sebelum memahami cara kerja water heater gas, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis dari water heater gas. Terdapat 3 jenis water heater tenaga gas yang banyak ditemukan di pasaran, yaitu.

Cara kerja storage water heater
Cara kerja storage water heater
  • Storage-gas water heater

Jenis ini adalah water heater gas yang menggunakan tangki penyimpan yang biasanya digunakan untuk memanaskan air dalam jumlah yang banyak. Kelebihan dari tipe ini tentunya dalam menyediakan air panas setiap saat. Namun kekurangannya adalah penggunaan bahan bakarnya yang lebih boros karena berkapasitas cukup besar.

  • Tankless-indoor-gas water heater

Berbeda dengan jenis sebelumnya, untuk water heater tipe ini tidak memiliki tangki penyimpanan air. Water heater ini baru akan bekerja untuk memanaskan air jika kran telah dibuka, jadi Anda perlu menunggu beberapa saat. Kelebihan dari tipe ini adalah konsumsi bahan bakar gasnya yang cukup hemat.

  • Tankless-outdoor-gas water heater

Jika pada tipe sebelumnya pemasangan water heater terletak di dalam ruangan, untuk tipe ini sedikit berbeda karena dapat dipasang di luar ruangan. Kelebihan dan kekurangan dari tipe ini pun memiliki kemiripan dengan Tankless-indoor-gas water heater.

Cara kerja dari masing-masing tipe water heater tenaga gas tidak jauh berbeda yaitu hampir sama dengan Anda memasak dengan kompor gas. Namun perbedaannya adalah dengan menggunakan water heater, air akan panas secara otomatis karena komponen pemanas yang dinamakan heat exchanger. Ketika air kran dibuka, air dingin akan mengalir dan melewati flow sensor yang akan memanaskan burner.

Burner adalah komponen dengan kerja seperti kompor yang berfungsi agar heat exchanger menjadi memanas. Air dingin yang melalui heat exchanger akan dipanaskan sesuai suhu yang diinginkan lalu akan dialirkan keluar. Jika air keran ditutup dan flow sensor tidak mendeteksi adanya air yang mengalir, secara otomatis burner akan berhenti beroperasi.

Dengan memahami cara kerja water heater gas, Anda dapat memilih jenis water heater sesuai kebutuhan Anda. Selain memahami cara kerjanya, Anda juga perlu memperhatikan peletakan cerobong asap untuk water heater tenaga gas. Anda perlu memberikan saluran khusus agar hasil pembakaran dapat langsung terbuang keluar.

About the author

Galuh SEO

Penggiat media online yang haus akan ilmu. Menulis dan berbagi adalah bagian dari keseharian.

Add Comment

By Galuh SEO

Galuh SEO

Penggiat media online yang haus akan ilmu. Menulis dan berbagi adalah bagian dari keseharian.