Ini Cara Mudah Belanja di Alibaba Indonesia

I

Alibaba menjadi salah satu marketplace yang terkenal di China. Anda bisa menemukan berbagai barang yang diproduksi dari negeri tirai bambu tersebut. Marketplace ini jadi para favorit importir karena lengkap dan harga terjangkau. Jika Anda mau mencoba berbelanja di Alibaba, ikuti cara sederhana berikut ini.

1.Membuat akun

Sama seperti marketplace lainnya, Anda perlu membuat akun. Nantinya, akun tersebut akan mempermudah Anda ketika mencari produk. Untuk membuatnya Anda tinggal klik tombol sign up. Ikuti instruksi yang diberikan seperti memasukkan email dan melakukan verifikasi data supaya akun bisa dipakai.

Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk memakai akun Alibaba. Anda tidak membutuhkan lisensi wholesaler jika ingin membuat akun saja. Tapi, jangan coba-coba untuk menjual kembali produk dari Alibaba. Anda bisa berhadapan dengan pengadilan bisnis dan juga pajak lokal di negara asal.

Namun jangan khawatir bila Anda tidak memiliki lisensi wholesaler. Anda bisa meminta bantuan pihak ketiga. Nantinya pihak ini akan menangani pengadaan dari produk yang akan dibeli. Cara ini perlu Anda lakukan bila memang ingin menjual kembali produk yang dibeli di Alibaba.

Lihat pula Cara Import Barang dari China

2. Mencari produk

Tahap berikutnya adalah mencari produk yang sesuai dengan keinginan. Caranya cukup memasukkan kata kunci dari produk yang diinginkan. Kolom pencarian tersebut ada di bagian atas halaman utama website. Anda juga bisa memakai fitur kategori yang ada di bagian pojok kiri pada halaman utama.

Alibaba group
Alibaba group

3. Lakukan filter untuk mencari

Anda bisa memilah produk yang sesuai dengan fitur filter yang disediakan oleh Alibaba. Anda cukup klik tombol ‘option’ yang ada di bagian kiri. Cara ini akan mengecilkan produk yang Anda cari. Misalnya ketika sedang mencari celana panjang. Kamu tinggal mengecek box misalnya celana panjang pria.

Kamu juga bisa menambahkan warna yang diinginkan supaya langsung mendapatkan barang yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga bisa mencari barang berdasarkan asal negaranya. Dengan begitu, Anda jadi bisa menghitung biaya pengiriman. Siapa tahu Anda membutuhkan biaya pengiriman yang murah.

Tidak hanya mencari berdasarkan produk, Anda juga bisa mencari berdasarkan supplier. Biasanya ini bisa dilakukan bila Anda sudah mengetahui supplier yang memang sudah Anda ketahui. Halaman pencarian juga bisa memfilter supplier berdasarkan negara asalnya.

4. Kirim penawaran

Anda bisa langsung meminta penawaran kepada supplier yang dituju. Anda tinggal menambahkan spesifikasi barang yang dibutuhkan. Jangan lupa tambahkan detail mengenai metode pengiriman. Setelah itu, supplier akan mengirimkan jumlah uang yang harus dibayar. Anda bisa langsung melakukan negosiasi harga dengan supplier.

Ternyata untuk berbelanja di Alibaba tak perlu cara yang sulit. Anda tinggal membuat akun dan mencari berbagai produk yang Anda cari. Fitur yang disiapkan akan membantu Anda dalam pencarian produk dan supplier yang Anda butuhkan. 

About the author

Galuh SEO

Penggiat media online yang haus akan ilmu. Menulis dan berbagi adalah bagian dari keseharian.

Add Comment

Galuh SEO

Penggiat media online yang haus akan ilmu. Menulis dan berbagi adalah bagian dari keseharian.