Bagi Anda para internet marketer, belajar tentang SEO menjadi hal yang sangat penting meski Anda tidak berminat untuk melakukan sendiri. Banyak orang yang menganggap bahwa mempelajari berbagai macam hal tentang SEO bukan menjadi hal yang mudah. Padahal, SEO bisa dipelajari oleh siapa saja asalkan sudah paham mengenai dasar dari SEO itu sendiri.

Nah, bagi Anda yang yang berminat untuk melakukan SEO website dengan cara mandiri, mempelajari hal tersebut merupakan bagian yang sangat penting. Untuk membantu Anda, di bawah ini ada cara belajar SEO gratis yang bisa dilakukan dengan mudah.

Sudah tak sabar ingin belajar tentang SEO yang satu ini? Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak penjelasan berikut.

Apa yang Dimaksud dengan SEO

Sebelum membahas lebih jauh tentang SEO, pastinya Anda harus mengetahui dengan baik apa yang disebut dengan SEO bukan? Nah, SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah cara yang digunakan untuk bisa mendatangkan pengunjung tertarget lewat mesin pencari seperti Bing, Yahoo ataupun Google.

Anda harus bisa membuat blog, video, ataupun website untuk bisa masuk ke halaman 1 Google. Nah untuk halaman 1 Google hanya terdiri dari peringkat 1 sampai 10 saja. Umumnya, 99% pengguna internet hanya akan melihat halaman pertama dari Google dan 1% sisanya akan membuka halaman kedua, ketiga dan seterusnya.

Pelajari Beberapa Ilmu Tentang SEO

Agar tidak menganggap bahwa SEO itu rumit dan membingungkan, maka langkah awal yang harus Anda lakukan ialah dengan mempelajari dasar dari SEO. Setelah itu, baru Anda bisa melakukan praktek dan evaluasi.

Ada beberapa ilmu penting dan paling mendasar yang harus Anda pelajari tentang SEO, beberapa diantaranya adalah bagaimana cara riset keyword, optimasi on page, optimasi off page (link building), branding building dan tak lupa pengetahuan mengenai update dari Algoritma Google yang paling baru.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara belajar SEO gratis, berikut akan dijelaskan mengenai beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Cara Melakukan Riset Keyword

Langkah awal saat Anda mempelajari dasar dari SEO ini ialah dengan melakukan riset keyword. Terdapat 2 tujuan utama saat Anda melakukan riset keyword. Pertama yakni untuk menemukan keyword yang potensial. Sedangkan, yang kedua ialah agar bisa mengetahui  level persaingan dari keyword itu sendiri.

Untuk keyword yang memiliki potensial, bisa Anda lihat dari volume pencarian serta search intent. Sementara itu, untuk persaingan keyword  dapat dilihat dari metrik SEO.

Nah, untuk bisa mencari sebuah keyword yang ideal Anda harus memilih sebuah keyword yang mempunyai search intent dan sesuai dengan tujuan bisnis yang akan Anda lakukan. Bahkan, keyword tersebut juga harus memiliki volume pencarian yang memadai dan persaingannya tidak begitu sulit.

Jika sudah menemukan dan mengumpulkan daftar keyword, maka langkah selanjutnya ialah dengan melakukan Analisa Kompetitor. Cara untuk melakukan analisa tersebut pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu menuliskan salah satu keyword yang sudah didapatkan di Google.

Nantinya akan muncul 10 daftar website yang ada di halaman 1 Google. Nah, website tersebutlah yang menjadi kompetitor Anda.

Melakukan Optimasi Onpage

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan saat belajar SEO gratis ialah dengan melakukan optimasi onpage. Optimasi on page menjadi hal yang sangat penting dan harus Anda perhatikan dengan baik. Ini karena jika Anda asal-asalan melakukan proses optimasi, maka hal tersebut akan berakhir sia-sia.

Untuk optimasi on page ini sendiri bisa dimulai dari desain website, internet link, konten hingga kecepatan website itu sendiri. Melakukan optimasi on page dengan baik akan membantu Anda agar terhindar dari hukuman Google.

Jika Anda mampu melakukannya dengan baik, hal tersebut membuat pengalaman Anda menjadi semakin meningkat sekaligus sebagai sinyal positif dari Google supaya bisa memberikan peringkat yang lebih lagi.

Ada beberapa kriteria apakah on page dari sebuah website tersebut memiliki kualitas yang baik ataupun buruk, berikut kriteria yang harus dipenuhi:

  1. Kegunaan (usability)
  2. Nilai
  3. Sebuah konten yang relevan
  4. Terdapat internal link (link flow)
  5. Distribusi keyword (penempatan kata kunci) yang tepat
  6. Pastikan bahwa konten yang ada di dalamnya bukan Duplicate Content
  7. Kepadatan kata kunci (keyword density) hanya 1% sampai 3% saja
  8. Pastikan memiliki halaman yang berkualitas
  9. Pastikan bahwa tidak ada duplicate meta tags pada konten Anda
  10. Perbaiki broken link
  11. Periksa dengan baik seberapa banyak 302 Redirect yang ada
  12. Pastikan tidak ada kesalahan pada internal link (Link Flow)
  13. Fokus kepada kecepatan website terlebih dahulu ketimbang desain website
  14. Sertakan Alt Tag pada gambar yang ada di website
  15. Jangan gunakan H1 secara berlebihan.

Lakukan Link Building

Tahap ketiga yang harus dilakukan ialah dengan Link Building. Apa itu Link Building? Cara yang satu ini merupakan sebuah proses untuk bisa mendapatkan backlink (tautan) dari website lain agar bisa menuju ke website yang Anda buat. Hal tersebut bertujuan supaya website yang Anda buat semakin terkenal serta berharga bagi Algoritma Google.

Dibutuhkan anchor text agar tautan yang berasal dari website lain bisa menuju ke website yang Anda buat. Nah, ada 5 kriteria dari backlink yang bagus dan berkualitas. Apa sajakah itu?

Relevan

Yang dimaksud dengan relevan ialah jika domain serta halaman dari tempat backlink dipasang tersebut mempunyai topik sama dengan website Anda. Apabila website yang Anda buat membahas segala sesuatu tentang bisnis, maka pastikan bahwa Anda memperoleh backlink dari website yang juga membahas mengenai bisnis.

Tak hanya itu, apabila website yang Anda buat menggunakan bahasa Indonesia, maka pastikan pula bahwa backlink berasal dari halaman website yang berbahasa Indonesia.

Backlink yang Berasal Dari Website Authority

Anda bisa menggunakan backlink yang berasal dari beberapa website authority seperti detik, Wikipedia, okezon dan masih banyak yang lainnya. Beberapa backlink dari website authority tersebut sangat baik untuk meningkatkan peringkat yang ada di SERPs.

Backlink yang Berasal Dari Real Website

Backlink dari real website yang dimaksud ialah berasal dari website yang mempunyai pengunjung, baik dari halaman tempat memasang backlink ataupun halaman lainnya. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya yakni memperoleh limpahan trafik yang dimiliki oleh website tersebut.

Variasi Anchor Text

Penggunaan anchor text yang sembarangan justru akan mendapatkan hukuman dari Google. Oleh karena itu, gunakan lebih banyak anchor text branded ketimbang anchor text utama. Satu hal yang penting dan harus Anda perhatikan dengan baik adalah jangan mengambilnya dari website yang dilarang.

Untuk belajar SEO gratis, terutama bagi para pemula memang awalnya tidak mudah. Namun, jika Anda mau terus belajar mempelajari berbagai macam hal yang tentang SEO, bukan tidak mungkin Anda bisa menguasainya. Kunci yang paling penting agar Anda bisa dapat belajar tentang SEO dengan mudah dan cepat ialah dengan mempelajari dasarnya terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *