SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu teknik yang biasa digunakan untuk menaikkan ranking website. SEO memiliki ciri-ciri yaitu keyword yang diinginkan bisa muncul di halaman pertama pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, maupun Bing.

Di dalam SEO juga terdapat istilah backlink berkualitas yang merupakan link dari blog lain yang bisa mengarah ke website yang dituju. Ini menjadi salah satu faktor yang digunakan untuk menaikkan sebuah website dari backlink. Di backlink ini juga terdapat beberapa istilah yang jarang diketahui. Berikut ini penjelasan dari istilah tersebut.

Istilah Backlink dalam SEO

Inbound Link

Inbound link sebenarnya sebuah istilah yang memiliki arti sama dengan backlink. Inbound link ini dapat mengarahkan suatu website ke website lain yang dituju. Inbound ini biasa digunakan oleh Google untuk menaikkan rangking suatu website dengan berapa banyak kualitas backlink yang diperoleh.

Outbound Link

Outbound juga merupakan sebuah link yang mengarah ke website lain. Jika suatu website memiliki outbound link yang berlebihan, maka bisa mengurangi tingkat rangking di Google. Apalagi jika outbound tersebut mengarah ke suatu website yang rendah atau website yang bersifat spamming (sampah) maka hal ini jelas akan mengurangi tingkat rangking website di Google.

Contextual Link

Istilah selanjutnya yang ada di backlink yaitu contextual link. Contextual link merupakan salah satu ciri-ciri backlink yang paling berkualitas. Sehingga untuk Anda yang ingin meningkatkan kualitas website, harus tau terlebih dahulu apa itu contextual link. Namun harus diperhatikan juga bahwa tidak semua contextual link memiliki kualitas terbaik.

Ada juga contextual link yang tidak memperhatikan kriteria yang harus ada di artikel, sehingga bisa mengurangi kualitas website tersebut. pengertian dari contextual link ini yaitu link yang menyatu dengan kalimat lain. Hal ini yang menyebabkan contextual link tidak dianggap sampah atau spam dari link yang bersifat negatif.

Navigational Link

Navigational link dapat membantu Anda untuk bergerak di sekitar situs yang sedang Anda telusuri. Navigational link ini membantu Anda untuk menemukan postingan atau artikel yang sedang Anda cari. Link ini membantu pengguna situs Anda meletakkan postingan dimana seseorang dapat menemukannya.

Apa Bedanya Contextual Link dan Anchor?

Saat ini banyak orang yang belum paham bedanya antara contextual link dengan anchore. Sebenarnya ini hanya masalah istilah, anchor text merupakan istilah SEO yang merujuk kepada kata yang membungkus suatu link, sedangkan contextual link merupakan istilah untuk link yang menyatu dengan kalimat.

Sehingga jika Anda membuat sebuah link dengan anchor text maka agar menjadi contextual link Anda harus membuat anchor yang menyatu dengan kalimat yang sedang di bahas. Bagaimana? Sudah paham tentang istilah dalam backlink?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *