Cloud Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah server virtual yang memiliki Dedicated Resource, dimana pelanggan dapat memakai semua resource Virtual Private Server itu sendiri (tidak berbagi dengan pelanggan lainnya). Apakah anda tau fungsi Virtual Private Server ? jika anda ingin membuat website anda harus tau fungsi VPS karna itu sangat penting bagi web yang akan anda bangun. Jika anda ingin tau tentang fungsi VPS dan 4 Alasan mengapa anda membutuhkan VPS, baca terus artikel ini ya!

Pengertian dan Pentingnya VPS

Jadi, ketika Anda telah memutuskan untuk membangun sebuah website atau blog untuk kepentingan komersial, kami sangat disarankan untuk menyewa Virtual Private Server. Karena dengan Virtual Private Server akan sangat membantu kinerja Anda dalam mengelola website yang Anda miliki, bahkan bisa lebih dari satu website. Khusunya bagi para web developer (pengembang) yang memiliki domain dalam jumlah banyak, tentu Anda akan sangat membutuhkan kustomisasi untuk berbagai macam aplikasi yang Anda pakai. Pengertian Virtual Private Server inilah bisa menjadi referensi tepat bagi Anda yang hendak mau membangun domain-domain tersebut.

Artikel menarik lainnya:

Virtual Private Server juga sangat cocok bagi Anda yang lebih mengutamakan privasi dalam mengelola sebuah website. Selain itu dari Pengertian Virtual Private Server diatas, Anda dapat menarik kesimpulan bahwa server ini memberikan fasilitas yang lebih baik dan mungkin tidak terdapat pada paket shared hosting. Jadi, apakah Anda sudah mengambil keputusan untuk memakai Virtual Private Server demi membantu website yang Anda kelola supaya lebih efisien?

Idwebhost

Fungsi VPS

Berikut ini beberapa fungsi yang bisa digunakan dengan menggunakan Virtual Private Server :

Web Hosting
Salah satu penggunaan yang paling populer adalah untuk menyediakan web hosting. Virtual Private Server sangat cocok untuk level menengah dan situs web perusahaan, dimana aplikasi membutuhkan untuk konfigurasi yang spesifik serta hanya bisa dilakukan dan diakses oleh Superuser. Penggunaan ini juga cocok untuk memulai bisnis web hosting dengan anggaran modal yang terbatas namun memiliki layanan yang berkualitas.

Backup Server
Kebutuhan backup server untuk menjamin layanan agar selalu berjalan normal merupakan yang prioritas utama. Backup server ini bisa meliputi seperti situs web, surel (email), berkas, dan basis data. Semua layanan ini berada dalam kondisi fisik dan logical yang terpisah sehingga akan meminimalisasi kerusakaan atau kehilangan data jika terjadi masalah.

File Server
VPS (Virtual Private Server) sebagai file server atau storage server, dimana kita bisa menyimpan file dan data, baik melalui ftp (File Transfer Ptokol), maupun http.

Server Remote Desktop
Dimana kita bisa mendownload dan mengupload file jarak jauh atau secara remote, contohnya seperti menjalankan aplikasi forex, bot atau robot automation, dan spinner. Server remote desktop akan berjalan lancar jika kedua perangkat memiliki akses internet yang lancar tanpa kendala.

Idwebhost

Host Server
Sebagai host server untuk VPN (Virtual Private Network) dan Tunneling.

Application Hosting
Aplikasi hosting Dengan Virtual Private Server, memungkinkan anda untuk membangun custom mission critical software, tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Melakukan outsource development aplikasi juga sudah menjadi trend untuk menghemat biaya sehingga investasi jauh lebih efisien.

Development atau Test Environments
Virtual Private Server juga dapat membantu untuk melakukan berbagai development testing secara efisien, beberapa sistem operasi (OS) dan alamat IP publik dapat dengan mudah untuk dilakukan, koneksi secara remote untuk reboot serta penggantian interface bisa dilakukan dengan cepat, sama seperti halnya memiliki 1 rak yang penuh dengan server testing.

Educational Outpost
Virtual Private Server menjadikan ajang atau tempat untuk bereksperimen UNIX Operating System dengan berbagai macam distribusi sekaligus. Membuat proses ekperimen lebih beragam dan lebih mudah membandingkannya.
Itulah beberapa fungsi penting dari Virtual Private Serverdan Masih banyak berbagai fungsi lainnya yang dapat anda terapkan di Virtual Private Server, misalnya seperti Rapidleech, Torrentleech, DNS Name Server, Proxy Server, dan lain sebagainya.

4 Alasan Kenapa Anda Membutuhkan VPS

1. Ketika Anda Perlu Menginstal Custom Software
Anda ingin melakukan custom configuration pada server, atau ingin menggunakan bahasa pemrograman yang lebih advance, maka anda perlu opsi hosting yang memberi anda kontrol lebih besar.

2. Ketika Anda Ingin Penyimpanan Data Anda yang Lebih Privat
Virtual Private Server dapat menyimpan data anda dengan aman serta tingkat keamanan yang lebih tinggi, Virtual Private Server menawarkan akses root server untuk user. Virtual Private Server pada dasarnya adalah hosting dengan environment mandiri, konfigurasi pada server serta penggunaan resource tidak dipengaruhi atau mempengaruhi user lain diluar server tersebut.

IDwebhost

3. Ketika Traffic pada Website Anda Meningkat
Awalnya, Anda memilih memakai web hosting karena pengunjung situs anda masih relatif sedikit. Tetapi lama kelamaan pengunjung situs Anda akan semakin meningkat Jika terus dipaksa memakai shared Hosting, maka performa situs anda akan menurun sehingga situs menjadi lebih berat. Solusinya jika traffic situs anda meningkat adalah dengan Upgrade ke Virtual Private Server, dengan begitu akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan konfigurasi serta resource yang dibutuhkan situs, supaya situs anda selalu dapat diakses dengan performa terbaik walaupun traffic naik sekalipun.

5. Saat Anda Membutuhkan Resource dengan Spesifikasi yang Lebih Tinggi
Untuk menjalankan sebuah layanan atau sistem dalam sebuah server. Mana yang lebih anda pilih, antara 1 Apartemen dipakai bersama 5 orang asing atau 1 Apartemen khusus dipakai untuk ada sendiri ? Nah, VPS merupakan perumpamaan yang kedua tersebut. Anda tidak perlu lagi untuk berbagi resource dengan orang lain, sehingga performa server Anda tetap terjaga lebih baik dan situs anda lebih responsif.

Kesimpulan

Nah, apakah Anda mengalami ciri-ciri seperti pada pembahasan di atas? Itu tandanya Anda harus segera upgrade hosting atau server pada situs website Anda ke Cloud VPS. Dengan resource lebih besar dan harga yang lebih terjangkau. Terima kasih anda telah membaca artikel di blog ini, semoga bermanfaat serta bisa mempermudah pekerjaan Anda. Jika Anda memiliki alasan lain kenapa harus menggunakan VPS, Anda bisa memberikan alasannya di kolom komentar di bawah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *