Pernah lihat kan video perubahan langit dari pagi, siang, sore, malam, dengan sangat cepat? Keren banget ya. Waktu yang lama dan berjam-jam, bahkan berhari-hari dipersingkat jadi beberapa menit, bahkan beberapa detik. Aku penasaran banget, bikinnya gimana. Kayak videonya National Geographic ini nih.

Video time-lapse ini tentunya dibikin secara profesional dengan kamera video yang serius. Tapi jangan sedih, sekarang kamu bisa lho bikin video time-lapse pake smartphone. Seperti di smartphone Huawei Y6 yang ada fitur time-lapse-nya.

Tapiii…., tetep biar hasilnya bagus dan berkonsep, musti melakukan persiapan lah. Nah, aku nemu beberapa tips penting untuk membuat video time-lapse.

  • Bikin konsep

Mau membuat video tentang apa? Pilih sesuatu tema yang menarik. Misalnya, aktivitas sehari-hari di kantin sekolah, atau berkaitan sama alam seperti metamorfosa ulat jadi kupu-kupu, atau proses mekarnya bunga, atau aktivitas di sebuah tempat umum yang ada keramaian, seperti di stasiun kereta api.

  • Gunakan tripod

Jadi, kamera smartphone ini akan merekam sebuah objek dalam waktu yang lama. Nggak mungkin dong kamu pegangin terus selama berjam-jam. Fungsinya tripod ini juga supaya kamera bisa merekam dengan stabil, tanpa goyangan, karena pasti akan mempengaruhi hasil akhirnya.

  • Cari angle yang tepat dan posisi yang sama

Angle dan posisi yang sama akan membantu pemirsa merasakan perubahan dan perbedaan yang terjadi dalam video tersebut.

  • Pastikan baterai dalam keadaan full

Smartphone akan dipakai selama berjam-jam, jadi pastikan baterainya dalam keadaan full, dan siapkan powerbank untuk berjaga-jaga jika low-batt.

Menurut gue bakalan asyik banget lho bikin video time-lapse dengan smartphone. Gue jadi penasaran dan pingin nyoba. Banyak banget deh idenya! Bisa ngerekam kegiatan pas lagi nongkrong bareng temen-temen gue, ngerekam proses bangun pagi adik gue yang susah banget bangun pagi! Ngerekam matahari terbenam dari balkon kamar juga bisa. Seru! Hahaha jadi excited gini gue!

Huawei Y6 - Video time-lapse

Mungkin ini saatnya ceki-ceki smartphone keluaran Huawei ini. Konon harga Huawei Y6 cukup reasonable, cuma sejutaan! Penasaran kaaaan!

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".