Velg merupakan salah satu bagian yang bisa dikatakan penting pada sebuah mobil karena berfungsi sebagai penerus tenaga yang berasal dari mesin dan juga mengendalikan serta memudahkan arah gerak mobil saat disetir. Jadi saat ingin mengganti velg lama dengan velg yang baru, kamu harus memperhatikan banyak faktor selain modelnya saja. Hal ini dikarenakan ketidaksesuaian pada velg tentunya akan mengganggu dan merusak bagian seperti kaki-kaki yang bisa membahayakan kamu ketika mengemudikan mobil di jalan. Maka dari itu, saat memutuskan untuk mengganti velg dengan yang baru, berikut 2 hal yang harus diperhatikan agar mendapat velg yang tepat.

Memilih Velg Mobil

Perhatikan Spesifikasi Velg

Sebuah velg mobil pastinya memiliki ukuran satuan PCD yang kepanjangannya adalah Pitch Centre Diameter yang berbeda-beda. Ukuran ini diambil berdasarkan jarak lubang baut yang satu dengan yang lainnya. Kamu bisa melihat spesifikasi tersebut pada velg. Misalkan tertulis 4 x 100, maksudnya velg itu mempunya 4 lubang dengan ukuran PCD 100 mm. Selain PCD, perhatikan yang namanya offset yang merupakan ukuran jarak bagian dalam dengan permukaan velg pada kaki mobil. Semakin kecil nilai dari offset menunjukkan bagian depan velg yang masuk ke dalam bagian fender.

Selain PCD dan offset, spesifikasi lainnya yang harus diperhatikan adalah ukuran lebar dan juga diameter velg. Hal ini dikarenakan setiap merek mobil memiliki ukuran maksimal yang berbeda. Jadi ketika ganti velg dengan ukuran berbeda, kamu bisa menggantinya namun harus memperhatikan toleransi yang diberikan sebesar +3 yang artinya tidak boleh melebihi 3 tahap ukuran velg.

Perhatikan Material dan Model

Velg yang dijual di pasaran atau sering disebut dengan aftermarket ini biasanya terbuat dari bahan logam ringan seperti forged alloy, magnesium, dan billet steel. Berbeda sekali dengan velg standart karena hanya terbuat dari bahan material baja saja. Untuk material, kamu bisa memilih bahan yang sangat ringan dan berkualitas agar bobot mobil berkurang dan kaki-kaki mobil yang ringan membuat kerja mobil berkurang yang akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

Untuk model velg yang dipilih tergantung keinginan kamu, karena dengan mengganti velg akan merubah  penampilan menjadi lebih menarik. Maka dari itu, sebaiknya kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan, kamu bisa pilih model sporty, off road, dan yang lainnya.

Itulah 2 hal yang harus menjadi perhatian kamu ketika ingin mengganti velg lama pada mobil menjadi velg baru aftermarket. Jika kamu sudah mempelajari 2 cara di atas, kamu bisa datang ke toko velg mobil untuk memilih dan membeli velg favorit kamu.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".