Belanja Online

Situs belanja online yang semakin marak di Indonesia makin mempermudah konsumen dalam berbelanja. Baik untuk membeli kebutuhan primer seperti rumah, mobil hingga kebutuhan sekunder seperti makanan, pakaian dan keperluan rumah tangga. Belanja online juga makin digandrungi karena prosesnya mudah, dan sangat praktis. Konsumen hanya membuka situs belanja online melalui ponsel atau laptop dan langsung klik barang yang dikehendaki. Tinggal duduk manis, barang akan dikirim segera.

Layaknya pusat perbelanjaan dan supermarket sering menggelar promo, situs belanja online pun demikian. Apabila promo digelar, hampir semua barang diskon habis-habisan. Tentu saja, pemandangan bertabur diskon ini akan menggugah niat konsumen yang awalnya hanya berkunjung ke situs belanja online untuk sekadar cuci mata. Promo seperti ini memang baik untuk dimanfaatkan, apalagi jika Anda memang sedang mencari suatu barang yang diperlukan.

Meski demikian, ketagihan belanja online itu bisa menguras tabungan Anda. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dan bersikap bijaksana saat hendak berbelanja online terlebih jika setiap situs belanja online itu saling oerang diskon demi memberikan penawaran fantastis. Ada beberapa kita-kiat yang bisa Anda terapkan untuk menjaga tabungan tetap aman saat belanja online.

  1. Buat daftar belanjaan

Mau belanja di mal, supermarket atau belanja online sekalipun, Anda tetap harus membuat daftar belanjaan terlebih dahulu. Catat semua barang-barang yang hendak Anda beli. Dahulu kan barang yang prioritas terlebih dahulu. Adanya daftar belanjaan ini membuat Anda lebih disiplin saat berbelanja. Bila Anda sedang membutuhkan sepatu maka masukkan barang tersebut dalam daftar paling atas.

  1. Siapkan anggaran

Setelah membuat daftar belanjaan, hendaknya Anda menganggarkan dana. Katakan Anda ingin membeli sepatu yang harganya berkisar Rp 300.000 – Rp 500.000. Maka, segera ambil dari tabungan Anda sesuai nominal tersebut untuk berburu sepatu melalui situs belanja oline. Sebisa mungkin, sepatu yang hendak dibeli jangan melebihi anggaran yang sudah ditetapkan. Tujuannya agar tabungan tetap aman dan terjaga.

  1. Bandingkan harga terbaik

Maraknya situs belanja online memang membuat pusing menentukan pilihan. Lakukan survey ke beberapa toko online sampai Anda menemukan harga terbaik. Namun, perhatikan juga kualitas barangnya. Jangan sampai Anda menemukan harga termurah namun kualitas barangnya sangat buruk.

  1. Manfaatkan promo kartu kredit

Nah, memanfaatkan promo kartu kredit saat berburu barang boleh-boleh saja. Apalagi sudah banyak toko online yang menjalin bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit. Bahkan Anda bisa memanfaatkan program cicilan 12 bulan atau cicilan 0 persen di toko online. Tentu makin menggiurkan untuk berbelanja di toko online, bukan?  Aplikasi kartu kredit ini bisa menguntungkan Anda untuk memperoleh harga lebih murah hingga proses pembayaran transaksi yang mudah dan praktis.

  1. Ajak teman atau keluarga

Mengajak teman atau keluarga ini sebenarnya bertujuan untuk membeli barang yang sifatnya buy 1 get 1. Sering kali di toko online terdapat  penawaran promo beli 1 gratis 1 atau diskon 50 persen pada pembelian kedua. Nah, dengan mengajak teman atau keluarga, Anda bisa sharing cost. Sehingga, tak perlu menguras tabungan dalam-dalam.

Demikian strategi yang bisa Anda terapkan ketika hendak belanja online. Ingat, selalu dahulukan prioritas ketimbang keinginan pribadi saat belanja, ya! Semoga Anda bisa menemukan barang idaman dengan harga termurah melalui belanja online.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".