Bogor jika dibandingkan Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya atau Jakarta, masih kalah populer sebagai kota yang layak untuk dijadikan destinasi liburan. Padahal Bogor termasuk kota yang memiliki banyak tujuan wisata, memiliki kuliner yang tidak kalah lezatnya dibandingkan kuliner di kota lain. Penginapan di Bogor juga sudah berkembang pesat. Jika ingin booking hotel di Bogor, bisa Anda browsing di online travel agent.

Setelah browsing, Anda akan banyak menemukan hotel di Kota Bogor. Pilih hotel yang dekat dengan lokasi wisata yang Anda tuju. Jika Anda ingin wisata ke Kebun Raya Bogor, Wahana Air The Jungle Park, bisa pesan di Amaroossa Royal Hotel melalui aplikasi Traveloka. Selain kedua tempat wisata tersebut, di sekitar wilayah hotel berbintang empat ini, masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya.

Tidak percaya? Sebaiknya Anda telusuri bersama ulasan berikut ini. Dijamin setelah membacanya, Anda akan memutuskan Bogor sebagai salah satu destinasi liburan berikutnya. Sebab, selain wisatanya menarik, Bogor terkenal dengan kota yang ramah di kantong. Sehingga Kota Bogor juga cocok buat liburan ala backpaker.

Kebun Raya Bogor

kebun-raya-bogor

Sumber gambar: audyna16.wordpress.com

Tempat wisata yang menjadi icon Kota Bogor ini terletak di tengah kota. Selain sebagai tempat wisata, Kebun Raya Bogor juga dijadikan tempat penelitian, konservasi aneka jenis tumbuhan. Terdapat sekitar 15 ribu tumbuhan di tanah yang memiliki luas kurang lebih 87 hektar. Luas banget ya? Karena luasnya di dalam Kebun Raya Bogor terdapat tempat wisata lain, salah satunya museum Zoologi.

Museum Zoologi berisi aneka satwa yang diawetkan, diberi deskripsi tentang hewan tersebut. Sehingga menjadi tempat wisata yang edukatif buat anak-anak maupun orang dewasa. Terdapat  satwa dari yang kecil hingga yang besar, seperti badak bercula satu, gajah, ikan paus biru. Meski diawetkan, beberapa hewan dibuat diorama seperti hidup dalam habitatnya.

Selain Zoologi terdapat lokasi-lokasi menarik lainnya, seperti: Danau Gunting, Pemakaman Belanda Kuno, Monumen Lady Raffles, Taman Meksiko, Taman Astrid & Kafe Dedaunan, Griya Anggrek, Taman Teijsman. Untuk mengelilingi Kebun Raya Bogor yang luas bisa menggunakan kereta, sepeda, yang tentu harus membayar tiket lagi. Namun harganya tetap terjangkau.

Istana Bogor

istana-bogor

Sumber gambar: .kompas.com

Istana Bogor dibuka untuk umum, menjadi lokasi wisata yang menarik. Bangunan megah dominan warna putih ini memiliki halaman yang luas dan dihuni hewan rusa. Rusa-rusa di halaman Istana Bogor menjadi daya tarik pengunjung. Selain rusa, kemegahan gedung istana, taman yang indah, di sini Anda bisa  menikmati museum. Museum tersebut berisi koleksi barang-barang peninggalan Presiden RI pertama hingga sekarang.

Wisata Kuliner Suryakencana

Suryakencana di Bogor sebenarnya adalah Kota Pecinan, dan merupakan jalan tertua di Kota Bogor yang terkenal dengan kelezatan kulinernya. Karena itu Jalan Suryakencan disebut sebagai wisata kuliner Suryakencana. Di sini Anda bisa berkeliling untuk mencicipi aneka rupa kuliner khas Bogor yang terkenal enak: asinan, laksa, somay, rujak, combro, toge goreng, gemblong, dan banyak lagi.

wisata-kuliner-suryakencana

Sumber gambar: merdeka.com

Kuliner di Jalan Surya Kencana banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima, dan beberapa masih menggunakan peralatan masak tradisional. Seperti Toge Goreng, masih dimasak dengan perapian kayu sehingga bau asapnya membuat citra rasa sendiri. Selain wisata kuliner, di sini terdapat bangunan sejarah Klenteng Hok Tek Bio yang masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga sekarang.

Wahana Air The Jungle Park

Wisata Air The Jungle Park sangat cocok buat Anda yang  menyukai wisata undernalin. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 4.8 hektar, yang berisi wahana: Kiddle Pool Kids, Slide Pool, Leisure Pool, Area Fountain Futsal, Sinema 4D, Lazy Liver, Rumah Hantu, Snow World.

Diantara wahana tersebut yang menjadi wahana unggulan dan disukai banyak pengunjung adalah Slide Pool, karena sangat memicu undernalin. Di wahana ini terdapat Racer Slide yang meluncur dari ketinggian kurang lebih delapan meter, dan Spriral Slide. Benar-benar menguji nyali Anda, namun sangat mengasyikan sekali. Harga tiket untuk semua permainan jika hari biasa Rp80.000  dan pada hari libur Rp100.000.

Kota Bogor cukup asyik, kan? Anda bisa berwisata alam, sejarah, aneka kuliner, hingga wisata modern yang menguji undernalin, tanpa harus mengeluarkan budget yang besar. Apalagi jika Anda menyusuri Kota Bogor lebih dalam lagi, akan banyak menemui wisata lainnya.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".