Windows 8.1 Preview

Windows 8.1 merupakan pembaruan atau update dari Windows 8 yang membawa berbagai fitur baru sebagai penyempurnaan dari Windows 8. Salah satu fitur baru di Windows 8.1 yaitu kembalinya start menu yang sebelumnya dihilangkan di Windows 8.

Windows 8.1 saat ini sebenernya belum mencapai versi final. Baru versi preview yang dirilis. Windows 8.1 Preview ini bisa dicoba secara gratis, tentunya kita gak bisa berharap Windows 8.1 Preview ini berjalan tanpa ada masalah. Kemungkinan masih terdapat bug yang perlu diperbaiki sebelum versi final dirilis.

Karena selalu penasaran dengan hal yang baru dari sistem operasi Windows, saya pun mencoba Windows 8.1 Preview di netbook ASUS Eee PC 1215P yang menggunakan Windows 8 bajakan.

Spesifikasi laptop yang saya gunakan dalam mencoba Windows 8.1 Preview

ASUS Eee PC 1215P

  • Display : 12.1″ LED Backlight WXGA (1366×768) Screen
  • CPU : Intel® Atom™ N570 Processor @ 1.66 GHz
  • Memori : 2GB DDR3
  • Storage : 2.5″ SATA 320GB HDD

Update Windows 8.1 Preview melalui Windows Store

Awalnya saya mencoba update Windows 8 saya ke Windows 8.1 Preview melalui file update Windows8-RT-KB2849636-x86.msu yang saya download di situs Microsoft. File update ini besarnya sekitar 9.83 MB, dan bisa didownload di http://windows.microsoft.com/en-id/windows-8/preview-download.

Proses update yang saya lakukan dengan menggunakan file update ternyata tidak berhasil. Ciri-ciri tidak berhasil yaitu ketika file update selesai dijalankan, Windows otomatis akan restart sendiri dan kemudian ketika masuk ke Windows lagi, akan muncul notifikasi update di Windows Store. Tapi ternyata di Windows saya gak muncul notifikasi tersebut.

Saya cari secara manual di Windows Store, update Windows 8.1 Preview tidak ada. Jadi saya anggap proses update melalui Windows Store ini gagal. Saya gak tau bagaimana dengan Windows 8 asli yang mencoba update melalui Windows Store apakah berhasil atau tidak.

Tapi sepertinya jika berhasil update Windows 8.1 Preview melalui Windows Store akan memakan waktu yang lama. Karena dari proses update ini akan melakukan download file update Windows 8.1 Preview yang besar. Untuk file iso-nya sendiri saja 2.8 GB untuk yang 32 bit. Bagi yang koneksinya lambat, tidak disarankan menggunakan cara update Windows 8.1 Preview melalui Windows Store.

Update Windows 8.1 Preview Melalui File ISO

Karena tidak berhasil update Windows 8.1 Preview melalui Windows Store, saya soba update melalui file ISO Windows 8.1 Preview yang dibagikan secara gratis oleh Microsoft melalui situsnya.

Berikut Link Download Windows 8.1 Preview

Product Key : NTTX3-RV7VB-T7X7F-WQYYY-9Y92F

  • English 32-bit (x86)
    Ukuran file : 2.8 GB
    [button href=”http://view.atdmt.com/action/BluePreview_DLISO_Clk?href=http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=302162″ rounded=”” size=”nonestyle” style=”nonestyle” target=”_blank”]Download Windows 8.1 Preview 32 bit[/button]
  • English 64-bit (x64)
    Ukuran file : 3.8 GB
    [button href=”http://view.atdmt.com/action/BluePreview_DLISO_Clk?href=http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=302161″ rounded=”” size=”nonestyle” style=”nonestyle” target=”_blank”]Download Windows 8.1 Preview 64 bit[/button]

Proses update-nya cukup lama tapi pada akhirnya berhasil juga terinstal.

Selama Mencoba Windows 8.1 Preview

Saya hanya melihat beberapa perubahan di Windows 8.1 Preview disisi tampilannya saja. Untuk sistem dan fitur lainnya saya gak mengeksplorasinya.

Selama mencoba menggunakan Windows 8.1 Preview, banyak masalah yang terjadi. Diantaranya:

  • Antivirus tidak berjalan
    Sebelum update ke Windows 8.1 Preview, saya sudah menggunakan antivirus AVG. Setelah update, antivirus AVG malah tidak berjalan.
    Saya mencoba install antivirus lainnya seperti Eset Smart Security juga tidak berjalan di Windows 8.1 Preview. 
  • Program tidak kompatibel
    Ketika saya mencoba install antivirus Avast, muncul jendela notifikasi berisikan pesan “This program has compability issues“, yang artinya aplikasi yang sedang saya coba install tidak kompatibel dengan Windows 8.1 Preview. Beberapa aplikasi lain yang saya coba install juga tidak kompatibel. Bahkan juga terjadi ketika install dengan mode kompabiliti Windows 7 dan XP, bahkan melalui “Run as administrator“.
  • Meminta ijin menjalankan aplikasi yang tidak kompatibel namun sudah terinstall
    Ini terjadi pada beberapa aplikasi, salah satuya pada aplikasi TuneUp Utilities yang berjalan secara background. Secara berkala muncul pesan meminta ijin menjalan aplikasi yang tidak kompatibel. Namun setelah mengijinkan, aplikasi tersebut ternyata tidak berjalan.

Mengingat Windows 8.1 ini masih versi preview, kemungkinan adanya bug bisa saja terjadi. Bagaimana dengan kamu yang sudah mencoba Windows 8.1 Preview? Apakah permasalahan yang saya alami juga kamu alami?

Lebih lanjut saya sertakan beberapa screenshot dari Windows 8.1 Preview.

This slideshow requires JavaScript.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".