Tiled Galleries

Tiled Galleries adalah salah satu fitur yang ada di plugin Jetpack yang fungsinya menampilkan galeri gambar pada postingan dalam beberapa gaya, diantaranya: Thumbnail Grid, Tiled Mosaic, Square Tiles, Circles, dan Slideshow. Menggunakan fitur Tiled Galleries akan membuat tampilan galeri gambar pada postingan akan jadi lebih menarik.

Ceritanya saya kepincut dengan tampilan galeri gambar yang ada di salah satu postingan di TMCblog.com. Keren sih. Saya penasaran bagaimana cara membuat galeri gambar seperti itu. Saya buka page source-nya. Eh ladalah ternyata pakai fitur Tiled Galleries di plugin Jetpack. Udah lama blog ini pakai plugin Jetpack tapi gak semua fitur dipakai termasuk Tiled Galleries ini.

Banyak fitur-fitur menarik dari Jetpack, seperti: WordPress Stats, Publicize, Carousel, Tiled Galleries, Contact Form, dll. Saya gak akan bahas soal Jetpack lebih lanjut, karena postingan ini lebih memfokuskan pada fitur Tiled Galleries-nya.

Cara pakainya, singkat aja ya, aktifkan fitur Tiled Galleries. Sekalian aktifkan fitur Carousel juga. Bikin galeri gambarnya yaitu waktu posting, Add Media > Create Gallery (ada di sebelah kanan atas dibawah Insert Media) > Upload > Create Gallery > selanjutnya improvisasi ya 🙂 .

Berikut hasil coba-coba menggunakan fitur Tiled Galleries dari plugin Jetpack dengan berbagai style yang ada. Jika diklik pada gambar, gambar akan terbuka dengan cantik (apa ya namanya, pokoknya mirip seperti di blogspot). Lah fitur ini juga merupakan salah satu fitur dari plugin Jetpack, namanya Carousel.

Thumbnail Grid

 

Tiled Mosaic

 

Hasil untuk Tiled Mosaic diatas gak sekeren seperti di TMCBlog.com > http://tmcblog.com/2013/07/24/honda-forza-pun-punya-versi-sporty-ala-mugen/ :'(

Masih perlu eksperimen lebih lanjut neh.

Square Tiles

 

Circles

 

Slideshow

This slideshow requires JavaScript.

 

Monggo ikutan nyoba pakai Tiled Gallery-nya plugin Jetpack.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • Ismail Shalih

    Mas mau tanya, kenapa fotonya ketika diklik muncul semacam slider gitu ya. saya coba di blog sendiri ketika diklik kelempar ke alamat gambar.