BBM for Android_aBBM (BlackBerry Messenger) for Android memang dijanjikan akan dirilis secara resmi dan sudah mulai bisa didunlut melalui Google Play Store pada 21 September 2013 pada pukul 07.00 EDT (Eastern Day Time). Ini artinya jika BBM sudah dirilis pada pagi harinya waktu setempat, di Indonesia diperkirakan akan mulai tersedia pada hari yang sama yaitu Sabtu tanggal 21 September 2013 pada pukul 18.00 WIB.

Namun kenyataannya sebelum BBM for Android dirilis secara resmi, aku sudah bisa menikmatinya meski cuma sebentar sampai pada akhirnya servernya ditutup. Bisa dibilang file apk BBM for Android yang final release bocor duluan sebelum dirilis secara resmi di Google Play Store.

Dini hari (21/9) sekitar pukul 02:05 dapet PM dari temenku Rio Mukti, ngasih screenshot kalau udah ada yg bisa pakai BBM for Android melalui perangkat Smartfren Andromax C. Dikasihlah aku link dunlut BBM for Android-nya. Install, lalu jajal, mumpung lagi online dengan koneksi WiFi di UGD Cafe Jogja yg lumayan gak lemot. Eh ternyata BBM for Android-nya bener-bener jalan.

Pertama kali disuruh bikin akun. Sebelumnya aku pernah pakai BB. Waktu daftar dengan email yg ternyata sudah pernah aku pakai di BB ku yg dulu, gak bisa, diminta menggunakan email lain yg belum terdaftar di database BlackBerry, atau jika masih ingin menggunakan email yg sama, dianjurkan untuk mereset akun. Aku pilih mereset akun BlackBerry lamaku.

Setelah berhasil install dengan mengkuti langkah-langkah yang ada, dikasih PIN yg digenerate otomatis. PIN yg aku dapetin berawalan dengan angka 7. Sepertinya PIN BBM for Android semuanya berawalan dengan angka 7.

Kalau PIN BBM dengan perangkat BB GSM, diberikan PIN dengan awalan angka 2. Sedangkan perangkat BB CDMA, diberikan PIN dengan awalan angka 3. Aku yakin hal ini pasti sudah banyak yang tau.

Daftar udah, PIN BBM juga udah didapet, saatnya testing apakah BBM for Android ini jalan apa kagak. Aku coba invite temen yg menggunakan BB CDMA, berhasil. Aku coba chat juga berhasil. Lalu aku juga coba invite mas Rio Mukti yg pakai perangkat Android yg juga baru install BBM for Android, dan berhasil. Aku chat juga berhasil. Oke deh… BBM for Android sementara ini dinyatakan WORK. Udah final release ya harus WORK to ya.

Tapi…. sekitar setengah 4 pagi (03:30), BBM for Android-nya matek, gak jalan, aku coba PING dan chat temen hasilnya pending. Temen-temen forum yg aku bagiin file apk-nya juga banyak yg bilang gak bisa masuk. Yang udah install, chat mengalami pending, sedangkan yang baru install gak bisa masuk. Sepertinya servernya dimatiin oleh pihak BlackBerry dan akan diaktifkan kembali nanti waktu BBM for Android dirilis secara resmi.

Selanjutnya, monggo lihat-lihat screenshot BBM for Android yang aku install di Sony Xperia P-ku dengan OS Android Jelly Bean 4.1.2. Klik pada gambar untuk memperbesar.

Download BBM for Android > [button href=”http://goo.gl/8CfSDq” rounded=”” size=”nonestyle” style=”nonestyle” target=”_blank”]Download[/button]

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".