Smartfren

Beberapa hari ini internet Smartfren bermasalah, gak bisa konek, mati. Hal ini ternyata gak hanya aku dan beberapa temanku sesama pengguna layanan Smartfren yang mengalami. Gangguan layanan internet Smartfren ternyata dirasakan oleh semua pengguna Smartfren. Keluhan-keluhan, hujatan banyak diterima Smartfren melalui Facebook Fanspage dan official Twitter-nya. Banyak keluhan yang terlontar, bahkan mencapai ribuan keluhan dari pengguna Smartfren, tanpa ada tanggapan yang jelas dari pihak Smartfren. Berita mengenai gangguan layanan internet Smartfren ini bahkan sampai muncul di  situs teknologi Asia, techinasia.com.

Apa yang jadi penyebab internet Smartfren mati?

Penyebab internet Smartfren mati adalah putusnya kabel bawah laut yang terletak diantara pulau Bangka dan Batam, pada Jumat, 15 Maret 2013 lalu. Kabel optik ini putus akibat terkena jangkar kapal.

Informasi ini diungkapkan oleh Menkominfo Tifatul Sembiring melalui akun Twitter @tifsembiring. Tifatul meneruskan informasi yang didapatnya langsung dari pihak Smartfren. Banyaknya komplain dari pelanggan Smartfren yang tidak ditanggapi, sehingga membuat Menkominfo harus turun tangan langsung bertanya ke pihak Smartfren.

Berikut tweet Tifatul Sembiring yang mengawali penjelasan mengenai penyebab gangguan layanan internet Smartfren,

“Ini jwbn orang smartfren soal ‘gak connetct’, saya coba bantu tanya pada mrk. Selanjutnya adlh hak konsumen, terus atau pindah operator.”

Berikut jawaban dari pihak Smartfren seperti yang dituliskan Tifatul:

– 15 Maret: Jar. utama internet Smartfren submarine putus antara Bangka – Batam, kena jangkar kpl. Internet dpt hnya 60%.

– 16 Maret: Jaringan backup inland Sumatra putus di Palembang, krn tanah longsor. Internet dapat dilayani dg jalur proteksi kapasitas 30%

– 17 Maret: jalur proteksi juga mengalami cut di area Sumatera Selatan, layanan internet hanya bisa dilayani 10% kapasitas.

– 18 Maret: jaringan tambahan dari pihak-3 (Matrix submarine) beroperasi, kapasitas jaringan internet menjadi 50%.

– 23 Maretjaringan Matrix Submarine mengalami cut. Layanan internet kembali hanya 10%.

– 26 Maret: hari ini diharapkan restorasi jaringan selesai, dan tambahan kapasitasi. Diharapkan layanan internet bisa mencapai 80% kapasitas

– Demikian tweeps budiman, selanjutnya anda bebas memilih operator dari pengalaman2 pelayanan yg anda dapatkan. Tksh.

Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2013/03/26/12591786/Ini.Dia.Penyebab.Internet.Smartfren.Mati

Selengkapnya mengenai penyebab gangguan internet Smartfren beberapa hari ini, berikut aku kutip dari berita yang dikeluarkan oleh Kompas.com :

Operator telekomunikasi Smartfren belakangan ini sedang kebanjiran komplain karena layanan internet yang tak optimal. Hal ini dikarenakan putusnya kabel bawah laut di sekitar Pulau Bangka dan Batam.

Chief Technology Officer Smartfren Merza Fachys menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggan internet yang komplain melalui pusat layanan telepon ataupun jejaring sosial internet. “Kita harap pelanggan bisa memaafkan karena ini semua adalah malapetaka, kecelakaan,” ujarnya saat dihubungi KompasTekno, Selasa (26/3/2013).

Merza menjelaskan, kabel bawah laut yang dipakai Smartfren itu putus pada Jumat, 15 Maret lalu, karena terkena jangkar kapal. Saat itu, Smartfren masih dapat melayani internet karena perusahaan memiliki cadangan jaringan dari jalur darat trans Sumatera, di bagian barat dan timur.

Namun, sekitar tiga jam setelah kabel bawah laut putus, jalur barat Trans Sumatera juga terputus akibat tanah longsor di sekitar Palembang. Berarti, Smartfren hanya mengandalkan cadangan dari jalur timur.

Nah, jalur timur itu kemudian putus keesokan harinya. “Rute utama mati, lalu kita pakai rute cadangan. Tapi sialnya, rute cadangan juga putus. Jadi jaringan internet berjalan dengan kapasitas 10 sampai 20 persen,” ujar Merza.

Akibatnya, pelanggan tidak mendapatkan bandwidth internet. Meski demikian, lanjut Merza, layanan seluler telepon, SMS, dan BlackBerry Messenger dari Smartfren masih berjalan baik.

“Internet lokal tidak ada masalah. Yang sulit adalah mengakses website luar,” tuturnya.

Menyewa jaringan pihak ketiga, tapi putus juga

Pada Senin, 18 Maret 2013, Smartfren mengambil langkah untuk menyewa jaringan kabel bawah laut dari pihak ketiga, yakni Matrix Submarine. Aksi sewa jaringan ke pihak ketiga ini bisa menolong kapasitas yang hilang sehingga bisa melayani pelanggan internet.

Akan tetapi, pada Jumat, 22 Maret 2013, kabel bawah laut pihak ketiga itu terputus juga. Mau tak mau, Smartfren harus menyewa lagi jaringan bawah laut pihak ketiga lainnya.

“Hari ini kita harapkan dapat jaringan dari pihak ketiga yang lain,” Merza berharap, meskipun sewa jaringan pihak ketiga yang sekarang mungkin tak bisa mengembalikan kapasitas seperti kondisi normal.

Operator seluler yang mengusung teknologi CDMA ini berharap kabel bawah laut serta jalur darat trans Sumatera bisa segera diperbaiki dan beroperasi lagi. Smartfren memiliki jumlah pelanggan mencapai 11,5 juta per Januari 2013, dengan 6,5 juta pelanggan seluler dan 5 juta pelanggan layanan data (internet).

Sumber : http://tekno.kompas.com/index.php/read/2013/03/26/1317204/Smartfren.Maaf..Ini.Malapetaka

Layanan internet dari operator CDMA Smartfren yang mengalami gangguan sejak beberapa hari lalu ini gak sepenuhnya mati. Pengguna hanya bisa melakukan akses ke situs yang servernya berada di Indonesia. Saya coba akses situs detik.com, lancar-lancar saja. Tapi untuk mengakses situs luar semisal Facebook, Google, Twitter, Email, sama sekali gak bisa.

Yah pada akhirnya, mau gak mau, sementara aku selingkuh ke operator lain. Saat ini, sampai artikel ini aku post, aku menggunakan layanan internet dari operator Flexi.

Semoga layanan internet Smartfren segera mungkin kembali normal. Aku termasuk salah satu pengguna internet Smartfren yang setia, konsumen loyal lohhh!! Mengandalkan layanan internet Smartfren sejak tahun 2010. Pernah gonta-ganti modem, tapi tetep aja pakai layanan internet dari Smartfren.

Bodohkah aku setia dengan Smartfren yang kata orang suka bikin galau, gak stabil, lelet? Hahahaha…. Gak tau mau jawab apa. Yang pasti selama pakai Smartfren ada duka dan suka. Dukanya ya gini kalau jaringan internetnya bermasalah, lelet. Kerjaan jadi banyak tersendat. Kasus kali ini menurutku yang terparah dari sejarah layanan internet Smartfren yang bermasalah.

Sedangkan sukanya, layanan internet Smartfren murah, unlimited lagi, selama ini selalu aku andalkan buat cari duit di internet. Tapi akhir-akhir ini lama-lama mengarah ke kuota. Saat ini paket unlimited-nya dibatasi ama FUP. Siapa tau kedepannya gak ada lagi unlimited :'(.

Yang pasti gak ada layanan internet di Indonesia yang selalu memuaskan konsumen. Ada kalanya pasti mengalami gangguan, entah itu maintenance peningkatan jaringan atau musibah seperti yang dialami Smartfren kali ini.

Pindah ke operator lain? Bisa jadi. Lihat-lihat sikon Smartfren-nya dulu. Dan tergantung bagaimana SPG operator lain menggodaku, eh??? 😛

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".