Sembilan dari 10 pintu rejeki ada di perdagangan, jadi jika ada kesempatan berdagang, yuk berdagang! Walaupun dimulai dari usaha kecil, jika kita selalu berusaha dan berdoa Insya Allah suatu saat akan jadi besar. Aamiin…

Aku mau sedikit cerita mengenai usaha toko online. Beberapa temenku bisa dibilang sedang mengarah ke “kesuksesan” dalam berdagang di dunia maya alias punya toko online. Ada yang jualan tas souvernir, baju couple, sepatu lukis, elektronik, dan ada juga yang jual pakaian wanita beserta aksesorisnya.

Jual Baju Wanita

Disini aku bukan ingin bercerita mengenai sepak terjang mereka dalam membangun toko online mereka masing-masing, namun hanya sedikit curcolanku yang sedang merancang membangun toko online. Dua jenis toko online ingin aku garap. Yang satu jualan tas souvenir (semacam tas undangan), yang satu jualan baju wanita. Untuk tas souvenir, barangnya aku suplai dari tetanggaku sendiri yang punya usaha bikin tas souvenir. Sedangkan untuk jual baju wanita, adekku yang paling ngerti dia suplai darimana, aku mah cuma marketing aja 😀 . Yang pasti dia gak manut sistem dropship dari toko online lain. Biasanya dia beli secara grosir (pas lagi ada modal cukup, kalau modalnya pas-pasan ya beli eceran wkwkwkwk) dari toko online atau butik, lalu dia kirim ke pembeli.

Setahuku saat ini dia memang gak manut sistem dropship, yang dimana kita cuma sebagai marketing, pihak kedua, gak sampai mengurusi pengiriman, dan kita gak pernah berurusan secara langsung dengan barang dagangan kita, bahkan pegang barangnya pun enggak. Setahuku dia beli dulu barangnya ke suplier. Lalu dijual kembali. Ini reseller yah namanya? Hahaha… gak begitu paham banget aku.

Macam-macam suplier pernah dijajaki. Dia selektif banget. Nyari suplier yang jual barangnya yang mutu kainnya gak jelek amat. Biar pembeli gak kecewa. Pengalaman pribadi, adekku beli pakaian wanita suka kecewa dengan bahannya. Ada harga ada rupa pokoknya.

Toko online buat adekku ini sebenernya upayaku untuk membantu mengembangkan usaha adekku yang saat ini baru sebatas jualan di Facebook dan BBM. Biar makin berkembang (Insya Allah), aku sebagai kakak yang biasanya bikinin toko online orang, tentunya gak etis to ya kalau gak bikinin adekku toko online. Tentunya toko ini aku jadikan ladang bisnis bersama dengan adekku.

Peluang usaha jual pakaian wanita dan aksesoris wanita paling banyak dilakoni orang yang ingin memulai usaha toko online karena pasarnya sangat luas. Mengingat wanita doyan yang namanya shopping, makanya peluang usaha pakaian wanita dan segala sesuatu mengenai wanita sangat laris manis.

Maaf cuma curcol ye, belum bisa ngasih tips sukses berbisnis pakaian wanita melalui media internet. Maklum, masih sebatas merancang. Lagi bingung pilih nama domain yang cukup unik dijadikan branding je. Pilih nama domain buat branding kayak pilih nama buat anak bayi.

Mohon doanya usaha toko online yang aku rintis bersama adekku kedepannya lancar, diberikan kemudahan mencari rejeki, dan sukses. Aamiin.

Buat kamu yang juga sedang merintis toko online, moga sukses. Yang udah punya toko online, moga makin sukses. Aamiin.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".