Lihat sekilas foto di bawah ini. Menurut kamu, Acer Iconia W510 merupakan tablet atau netbook? Wajarlah kalau saya bertanya seperti ini. Awal saya melihat gambar wujud dari Acer Iconia W510 saya mengira tablet sebagai sebuah netbook, yang ternyata adanya keyboard docking-lah yang membuat tablet berbasis Windows 8 ini terlihat layaknya netbook.

Acer Iconia W510 - Productivity mode

Kata acerid.com,

“Iconia W510 adalah sebuah tablet. Tentu saja, bukan Acer namanya kalau tidak bisa menghadirkan keunikan ekstra. Tablet dengan OS Windows 8 ini dapat menawarkan fungsionalitas sebuah laptop sesungguhnya, hanya dengan menambahkan aksesoris keyboard docking.”

Jelas, Acer Iconia W510 adalah sebuah tablet Windows 8. Ok deal?

Berkenalan dengan Tablet Windows 8 Acer Iconia W510 Yuuuhhh…

Acer Iconia W510 adalah tablet Windows 8 yang menyuguhkan keunikan sistem operasi Windows 8, kemampuan ekstra, dan penampilan sebuah tablet PC yang eksklusif. Dengan Iconia W510, Acer menawarkan fungsionalitas sebuah laptop yang sesungguhnya dalam bentuk tablet yang portable alias praktis. Adanya aksesoris keyboard docking-lah Iconia W510 akan berubah menjadi layaknya sebuah notebook. Bisa dibilang Acer Iconia W510 merupakan tablet hybrid.

Tampilan dan feature touch (sentuh) Windows 8 User Interface yang berbentuk tiles atau kotak-kotak yang merupakan ciri khas dari Windows 8 membuat Acer Iconia W510 benar-benar berfungsi sebagai tablet. Akan tetapi, pengguna tablet ini juga tetap bisa menikmati User Interface lama yang menyerupai tampilan Windows 7.

Karena menggunakan OS Windows 8 untuk PC, tablet PC Acer Iconia W510 mampu menjalankan software yang umumnya kita kenal dan pakai di Windows 7. Nilai tambah neh jika dibandingkan dengan tablet PC yang menggunakan OS Android. Windows 8 memang belum memiliki dukungan aplikasi sebanyak seperti iOS atau Android. Tapi dengan adanya kemampuan bisa menggunakan software yang umumnya dipakai di Windows 7, tablet ini jadi memiliki dukungan aplikasi alternatif yang banyak dan familiar bagi user Microsoft.

Jika Acer Iconia W510 dipadukan dengan keyboard docking, tablet ini menjelma menjadi sebuah netbook PC pada umumnya yang menawarkan produktivitas yang lebih tinggi.

3 mode Penggunaan di Acer Iconia W510

Tablet ini memang benar-benar multifungsi. Selain multifungsi dalam sisi sistem operasi yang digunakan, Acer Iconia W510 juga multifungsi dalam mode penggunaan secara fisik.

1. Tablet mode
Acer Iconia W510 - Tablet mode

Tanpa menggunakan keyboard docking, kita bisa menggunakannya sebagai tablet. Ukuran layar 10.1” yang digunakannya membuat Iconia W510 tampil tidak terlampau besar dan serupa dengan ukuran tablet terbesar yang umum beredar di pasaran. Hal ini membuatnya mudah untuk dioperasikan.

Layarnya menggunakan teknologi IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi 1366×768 pixel. Dengan spesifikasi layar tersebut, Iconia W510 memiliki sudut tampilan yang sangat lebar. Bahkan dengan sudut kemiringan lebih dari 45 derajat, kita akan akan tetap merasakan kenyamanan.

2. Presentation mode
Acer Iconia W510 - Presentation modeSaat menggunakan keyboard docking, kamu bisa mendorong layar hingga posisinya membalik 295 derajat dan meletakkannya di atas meja dengan tuts keyboard menghadap ke meja. Ini adalah posisi ideal saat browsing berlama-lama di atas meja.

 

 

3. Productivity mode
Acer Iconia W510 - Productivity modePosisi normal saat menggunakan keyboard docking membuat Iconia W510 berpenampilan sebagaimana layaknya sebuah laptop. Kamu bisa mengetik tulisan panjang dengan tuts keyboard-nya yang cukup besar dan nyaman. Bagi kamu yang terbiasa dengan penggunaan keyboard fisik, adanya tuts keyboard ini akan terasa menyenangkan.

 

 

Desain Acer Iconia W510, Keren dan Eksklusif

Acer Iconia W510 - Back View

Dibalut dengan dominasi warna silver dan putih, tablet ini tampil sangat eksklusif, keren dah kalau dibawa kemana-mana buat dipamerin :D. Terdapat Bezel yang mengitari layar yang menggunakan warna hitam. Penggunaan warna gelap dimaksudkan membantu kamu menikmati keindahan tampilan (terutama saat menonton video) dengan lebih sempurna.

Acer Iconia W510 Menggunakan Processor Terbaru Intel

Acer Iconia W510 menggunakan prosesor Intel terbaru, Atom Z2760 dengan kecepatan 1,5 GHz dual core (4 thread). Penggunaan processor ini agar tablet ini bisa menjalankan OS Windows 8 untuk PC. Processor ini memiliki kelebihan dibandingkan Atom terdahulu. Selain performanya yang lebih baik, prosesor ini tampak dirancang khusus untuk bisa digunakan pada tablet. Prosesor ini memiliki konsumsi daya yang sangat rendah agar tablet yang menggunakannya bisa bekerja hingga kisaran 18 jam.

RAM yang digunakan berukuran 2 GB. Kapasitas RAM ini cukup besar dan memang cocok untuk penggunaan Windows 8 pada tablet. Sementara itu, untuk penyimpanan, Acer menyediakan pilihan internal storage SSD sebesar 32 GB dan 64GB.

Kamera Acer Iconia W510

Tablet ini mengusung perpaduan kamera dengan spesifikasi tinggi, dengan menyediakan kamera utama 8 MP (autofocus) dan kamera kedua (menghadap ke pengguna) 2,1 MP. Kedua kamera ini bisa merekam video hingga resolusi FullHD (1080p).

Berikut foto hasil jepretan kamera Acer Iconia W510 hasil review dari CHIP Online. Harap maklum yah, berhubung saya belum memiliki atau pegang langsung tablet Windows 8 Acer Iconia W510 ini, saya mencoba mencari-cari foto hasil jepretan kamera Acer Iconia W510 di internet dan menemukan sample-nya di situs chip.co.id.

Diambil dengan kamera utama (8 MP)

Hasil foto Acer Iconia W510_kamera belakang_1

Hasil foto Acer Iconia W510_kamera belakang_2

Diambil dengan kamera kedua (2,1 MP)

Hasil foto Acer Iconia W510_kamera depan

Pengguna yang Cocok untuk Acer Iconia W510

  • Wartawan dan blogger yang membutuhkan perpaduan antara tablet dan keyboard yang sempurna akan menikmati kenyamanan form factor tabletnya saat melakukan browsing dan keyboard-nya saat mengetik artikel panjang.
  • Traveler akan sangat menyukai daya tahan baterai Iconia W510 yang membuatnya tidak perlu mencari-cari outlet listrik saat sedang dalam perjalanan panjang.
  • Kalangan profesional yang menginginkan hanya satu perangkat mungil untuk menggantikan fungsi notebook/netbook dan tablet untuk kebutuhan komputasi sehari-hari.
  • Fashionista yang canggih dan tetap ingin terlihat modis, bahkan saat mengeluarkan perangkat komputasinya.

Spesifikasi Lengkap Acer Iconia W510

Spesifikasi Lengkap Acer Iconia W510_Desain

Spesifikasi Lengkap Acer Iconia W510_Layar

Spesifikasi Lengkap Acer Iconia W510_Hardware

Spesifikasi Lengkap Acer Iconia W510_Kamera

Spesifikasi Lengkap Acer Iconia W510_Fitur Lainnya

Video Perkenalan Tablet Windows 8 Acer Iconia W5

Tertarik dengan tablet Windows 8 Acer Iconia W510 ini? Siapkan dana sekitar Rp 5 jutaan jika ingin membawa pulang Acer Iconia W510 yang tanpa keyboard docking atau Rp 7 jutaan rupiah yang dengan keyboard docking. Harga yang terjangkau bila dibandingkan dengan beragam features yang ditawarkannya. Tapi, ada harga, ada rupa, ada kualitas.

[spoiler show=”Referensi”]Referensi artikel, gambar, spesifikasi : acerid.com, chip.co.id, phonearena.com[/spoiler]

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".