Hosting Gratis

Hosting Gratis masih akan selalu menjadi pemikat bagi kalangan blogger yang ingin merasakan hosting tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Di Indonesia masih jarang kehadiran hosting gratis. Meski jarang, bukan berarti gak ada. Salah satu hosting gratis Indonesia adalah idHostinger.com. Meski gratis, layanan yang diberikan cukup setara dengan hosting berbayar. Space 2 GB dan bandwidth 100 GB bisa dibilang menjadi daya tarik sendiri. Ditambah lagi tidak adanya benalu iklan atau banner dan menjanjikan server uptime 99.9% bakal menjadikan idHostinger banyak direkomendasikan. Saya kurang tau apakah ada kekurangan secara teknis dibalik hosting gratis yang diberikan idHostinger. Saya sendiri sudah pakai tapi hanya sekedar testing.

Ada alasan tersendiri mengapa idHostinger memberikan layanan hosting gratis. Di situsnya, idHostinger mengungkapkan alasannya seperti berikut :

Mengapa semuanya GRATIS? Bagaimana Anda mendapatkan uang?

Alasan utama kami menyediakan layanan GRATIS adalah untuk meningkatkan popularitas brand kami (Hostinger®) dan mendapatkan pengakuan. Tentu, setiap jenis promosi dan strategi marketing akan membutuhkan biaya. Namun, kami dapat menutup semua biaya-biaya tersebut dengan menawarkan upgrade hosting berbayar bagi para user yang membutuhkan fitur yang lebih. Selain itu, kami juga mendapatkan donasi dari para user kami setiap harinya.

Saya suka dengan alasan idHostinger.com dalam menyediakan layanan hosting gratis. Semoga idHostinger selalu survive, gratis selamanya seperti yang dijanjikan, gak seperti hosting gratis Indonesia yang sebelumnya pernah ada yang pada akhirnya ditutup.

Fitur Hosting Gratis idHostinger

Control Panel idHostinger

Control Panel idHostinger berbeda dengan hosting berbayar pada umunya yang menggunakan cPanel. idHostinger menggunakan Control Panel yang dicustom dengan tampilan sendiri. Berikut control panel dari idHostinger :

Saya sudah mendaftar di idHostinger. Nantinya akan saya gunakan untuk menjajal membuat autoblog di galuhristyanto.tk, tapi saat ini belum saya buat. Meski gratis, idHostinger udah support IonCube loaders yang biasanya digunakan untuk autoblog, terutama penggunaan plugin WP Tweet Bomb yang fitur autoblognya sangat bagus. Hosting berbayar yang saya pakai aja belum support IonCube loader.

Silakan mencoba hosting gratis dari idHostinger.com.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • saya saat ini masih menggunakan hosting gratis idHostinger, pengen suatu saat nanti yang versi bayar. tapi setelah menghasilkan. pertanyaan saya, apakah hosting gratis di web kita bisa ditambahkan iklan ya?

    • Hosting gratis bisa kok dipasangi iklan.
      Cuma yg namanya hosting gratis pasti ada minusnya.
      Hosting gratis idhostinger menurutku salah satu hosting gratis yang terbaik. Untuk yg versi berbayar, aku belum tau, belum pernah pake soalnya.