AccentBox – Entah ini yang keberapa kalinya blog saya ini ganti template. Terakhir kali ganti template pada 3 Februari 2012. Cukup lama bertahan saya pakai template sebelumnya, Smartblog dari Theme Junkie yang saya dapatkan secara gratis dari Easy WP SEO. Template Smartblog bagi saya sudah sangat mewakili apa yang saya mau untuk sebuah template yang simple, elegant, manis, 2 kolom, berwarna biru. Sepertinya Smartblog lah template yang saat ini pernah bertahan lama dipakai di blog ini.

Bukan karena bosan dengan template Smartblog, lantas saya ganti template lagi. Ada beberapa hal yang akhirnya saya putuskan mengganti template untuk kesekian kalinya menggantikan Smartblog yang udah sreg di hati saya.

  • Smartblog banyak yang pakai
    Pada akhirnya template Smartblog banyak yang pakai. Gak jarang pada kepincut dengan Smartblog ketika mengunjungi blog ini (betul?).
    Beberapa teman saya di Kudus Blogger Community pun pernah dan sedang pakai template Smartblog. Ternyata selera saya disukai oleh orang lain hahahay 😀
  • Smartblog gak responsive
    Sekarang gadget seperti tablet dan smartphone sudah banyak dimiliki oleh masyarakat, bisa dibilang udah jadi barang umum berbagai kalangan. Menjamurnya smartphone dan tablet pada akhirnya netter lebih banyak mengakses internet menggunakan gadgetnya. Udah gak gitu jamannya berinternet ria musti pakai komputer/laptop.
    Lantas, bagi blogger seperti saya pada khususnya mulai berpikir udah saatnya menggunakan template yang responsive, dimana halaman blog/situs akan menyesuaikan tampilannya ketika diakses menggunakan tablet atau smartphone. Sepertinya udah gak jamannya pakai plugin semacam mobile theme buat mengkonversi tampilan desktop suatu blog/situs jadi tampilan mobile. Kekurangannya terletak pada tampilannya yang gak gitu WOW. Ini pendapat saya loohh…
    Jadi, kesimpulannya, template responsive sekarang jadi template WOW kereeennn…..

Begitulah ceritanya sodara-sodara, dua alasan utama diatas mewakili saya untuk memutuskan ganti template sajalah.

Gak butuh waktu lama saya menentukan pilihan tempate responsive yang memikat hati saya, yang bikin saya sreg, yang tetap elegant dan simple. Pada intinya saya mencari tempate elegant, 2 kolom dan menghindari template magazine buat blog saya ini. Singkat cerita saya menentukan pilihan pada template responsive dari MyThemeShop, AccentBox.

AccentBox Free Premium WordPress Theme

AccentBox MyThemeShop

AccentBox merupakan premium WordPress theme yang diberikan secara gratis. Atau mungkin, template WordPress gratis yang fitur-fitur dan desainnya masuk dalam kategori template WordPress premium. Desain dan fiturnya emang gak menunjukkan kalau AccentBox adalah tempate WordPress gratis.

Selain desainnya yang elegant, AccentBox udah responsive dan dibuat dengan HTML5. Jooosss pokoknya.

Kata MyThemeShop,

We believe in serving nothing but the best. So even though Accentbox is a free theme, its features and design can put any premium theme to shame. With its elegant design and powerful features, Accentbox will top the downloading charts. This HTML5 theme is made fully responsive to make sure your blog look awesome in any case.

Fitur AccentBox Free Premium WordPress Theme

  • Responsive
    Tampilan AccentBox akan menyesuaikan dengan perangkat yang berbeda. Gak perlu lagi menggunakan plugin tambahan semacam mobile theme. Diakses di desktop tampilannya oke, di feature phone dan smartphone juga oke, di tablet pc pun juga oke.
  • Unlimited Color Scheme
    Setelah saya coba-coba, ternyata fitur warna skema ini hanya berpangaruh pada kotak yang membungkus kata “Read More…” pada homepage dan juga link.
  • Flexible Layouts
    Ada dua layout homepage yang bisa gunakan. Artikel berada di sisi kanan atau kiri.
  • Option Panel
    Menu tersendiri dalam melakukan pengaturan template. Biasanya menu pengaturan tempate seperti ini hadir di template premium.
  • Custom Widget
    4 widget khusus yang dibuat khusus sebagai fitur dari AccentBox. Custom widget ini terdiri dari : 125×125 Ads, 300×250 Ad, FB Like Box and Subscribe Widget.
    Saat ini yang saya pakai cuma Subscribe Widget.
  • Related Posts
    Menampilkan posting terkait untuk setiap artikel dengan thumbnail.
    Berhubung saya udah pakai related post dari plugin SEO ALRP, fitur related post dari AccentBox ini gak saya pakai.
  • SEO Optimized
    Beberapa point yang ada di Ciri-ciri Template WordPress yang SEO Friendly sudah dipenuhi AccentBox. Diantaranya : mengenai heading, footer, dan kecepatan loading.
    Ketika dalam pembuatan artikel ini, saya cek kecepatan loading blog ini di Google PageSpeed menunjukkan score 90 untuk desktop, dan 86 untuk mobile. Dalam score, ringan kan?

Kasih komentar dunk mengenai template AccentBox yang saat ini dipakai galuhristyanto.web.id. Terima kasih.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".