Beberapa waktu yang lalu nemu artikel menarik (bagi saya) di Makeuseof.com perihal tentang mengubah Windows 7 layaknya seperti Windows 8. Segala sesuatu yang berhubungan dengan mempercantik Windows kadang suka menggelitik saya untuk mencoba mengimplementasikan di Windows 7 saya.  

Windows 8 jelas-jelas akan release tahun ini (2012). Entah kapan itu, yang jelas tahun ini (2012). Bagi pengguna setia Windows 7 seperti saya, pengen rasanya menjadi pengguna Windows 8 yang pertama kalinya diantara teman-teman saya yang laptop/netbook/komputernya pakai OS Windows. Biar bisa pamer gitu. Dulu udah pernah mencoba Windows 8 Developer Preview. Yang namanya belum final release apalagi beta, jadinya banyak banget kekurangannya, gak disarankan buat dipakai dulu secara dominan.

Sebelumnya, saya pamer dulu ya, Windows 7 saya yang saya custom layaknya Windows 8.

Dari dua penampakan di atas, ada dua style Metro UI yang siap digunakan. Kalau mau lebih berbeda, bisa dicustom sendiri.

Untuk mendapatkan tampilan layaknya Metro UI di Windows 7 seperti di atas, saya gak pakai pakai tema yang sampai menginstal ke dalam sistemnya. Saya gak terlalu suka tema yang sampai mengubah/memodifikasi sistem dari Windows 7 itu sendiri, seperti tema MacOS buat Windows. Tampilan Metro UI seperti di atas hanya berjalan di desktop.

Bereksperimen dengan Windows 8 Metro UI di Windows 7 dengan Omnimo

Saya menggunakan skin Omnimo yang berjalan dengan aplikasi Rainmeter.

Cara membuat Windows 7 seperti Windows 8 Metro UI :

  1. Install dulu Rainmeter.
    Rainmeter bisa di download di rainmeter.net. Rainmeter 2.2 (versi terakhir ketika artikel ini ditulis) ukuran file-nya hanya 1.32 MB.
  2. Download file Omnimo UI di omnimo.info.
    Ukuran file Omnimo UI cukup besar, yaitu 22 MB.
  3. Jalankan file SETUP (new users) di file Omnimo UI yang sudah didownload.
  4. Install Omnimo Setup
  5. Lalu ikutin aja alur install-nya yak.
  6. Selanjutnya, silakan bereksperimen sendiri.
    Biar terasa ala tablet Windows 8, taskbar Windows-nya buat aja autohide.

Tampilan Windows 8 Metro UI terlihat ciamik, tapi saya kurang begitu suka. Malah terasa sulit dan menganggu, meski tema doank. Metro UI di Windows 8 emang lebih cocok buat tablet, bukan komputer desktop. Katanya Windows 8 bakal menjembatani antara komputer desktop dan tablet. Gak tau ntar jadinya seperti gimana.

Kalau Windows 8 final release udah keluar, saya pengen punya ultrabook Lenovo IdeaPad Yoga, yang bakal jadi ultrabook hybrid, dimana bisa difungsikan sebagai komputer desktop ataupun tablet. Penampakan Lenovo IdeaPad Yoga seperti ini (isunya akan keluar kalau Windows 8 udah direlease).

Tapi kalau ada rejeki lebih, pengennya mah saya beli Macbook Pro. Amin.

Monggo mencoba Bereksperimen dengan Windows 8 Metro UI di Windows 7. Kalau udah, boleh pamer screenshot-nya ke saya. Ditunggu lho ya!

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".