Dari dulu pengeeennn banget belajar animasi 3D. Menjadi animator merupakan salah satu cita-cita saya ketika saya masuk perguruan tinggi jurusan TI. Tapi begitu saya kuliah, cita-cita saya menjadi seorang animator malah terombang-ambing. Bisa dibilang pilihan hidup masih labil. Yahhh begitulahh… Banyak pilihan banyak rasa wkwkwkk….

Bisa dibilang ternyata saya masih sangat labil, belum benar-benar fokus ingin menggapai cita-cita saya menjadi animator. Terlalu banyak keluhan yang terucap pada diri. Waahhh lama-lama malah curhat neh. Balik ke topik artikel yuuuhhh…

Ceritanya gini, saya mendapat kesempatan belajar animasi 3D secara gratis yang diprakarsai oleh Ikitas (Inkubator Kreasi dan Inovasi Telematika) Semarang dan disponsori oleh Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Jawa Tengah. Alhamdulillah yah… mumpung gratis jadi gak boleh disia-siakan kesempatan yang datang, apalagi pelatihannya berhubungan dengan hal yang saya minati.

Awal mula saya mengikuti pelatihan 3D Modelling dan Animasi berawal dari teman Kudus Blogger Community yang menginformasikan mengenai adanya pelatihan ini. Dari sekian teman di Kudus Blogger Community yang sangat tertarik dan antusias untuk ikut serta mungkin hanya saya doank. Alasan saya sangat tertarik ya karena dari dulu saya pengen banget belajar animasi 3D dan pengen mendapat tentor yang bisa membimbing saya. Selain itu juga pengen memunculkan lagi minat saya terhadap cita-cita saya menjadi animator yang sempet tak ada kabar hahahay….

Proses pendaftarannya gak ribet. Toh melalui online di situs ikitas.com, gak perlu langsung ke Semarang. Setelah saya mengisi form pendaftaran, ada perasaan ragu saya akan terdaftar sebagai peserta, karena saya mengisi form kemampuan dalam menggunakan software tertentu dengan isian yang 95% saya isi tidak bisa. Nggobloki banget pokoknya, tapi emang goblok kok, lohhh lha kok????

Pelatihan 3D Modelling dan Animasi ini diselenggarakan dalam 3 angkatan. Pengumuman angkatan pertama saya gak masuk. Di angkatan kedua alhamdulillah saya masuk. Ternyata isian kemampuan bisa enggaknya menggunakan software tertentu bukan dianggap sebagai penilaian diterima atau enggaknya.

ikitasSelama 8 hari berturut-turut yang dimulai pada tanggal 02 Oktober 2012 dan berakhir pada 09 Oktober 2012 saya ikut serta dalam pelatihan 3D Modelling dan Animasi angkatan 2. Dalam pelatihan ini, kita belajar modelling dan animasi menggunakan software 3D Blender. Blender merupakan salah satu dari sekian banyak software yang digunakan dalam pembuatan animasi 3D. Bedanya, Blender merupakan software open source yang bisa didapatkan secara gratis. Sedangkan software animasi 3D lainnya seperti 3D Max dan Maya adalah software berbayar yang harganya bisa dibilang mahal, yah kalau yang pakai benar-benar pakai yang asli, bukan bajakan wkwkwkwk….

Pelatihan yang diberikan meliputi modelling, compositing, texturing, rigging yang keseluruhannya menggunakan software Blender. Diakhir pelatihan ada ujian yang nantinya peserta yang dinilai baik perkembangannya selama masa pelatihan akan masuk ke pelatihan tingkat lanjut (advance) yang diadakan pada bulan November 2012 mendatang. Saya gak tau kira-kira saya masuk apa enggak. Hasil ujian saya kurang memuaskan je :'( .

ikitasSelama 8 hari masa pelatihan ini saya memutuskan untuk menginap atau diasrama di balai PSDM dan IKM Disperindag Jateng. Tapi gak sepenuhnya saya menginap. 2 hari sekali saya pulang. Toh lokasinya (Semarang) – Kudus bisa ditempuh 1.5 jam perjalanan dengan sepeda motor. Jam belajarnya dimulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Siangnya ada jam istirahatnya juga selama 1 jam, dari jam 12 siang sampai jam 1 siang. Hari minggu tanggal 07 Oktober 2012, pelatihan di liburkan.

Selama pelatihan ini peserta diberikan fasilitas yang cukup memadai, diantaranya :

  • Pelatihan 3D Modelling dan Animasi gratis
  • Komputer yang terkoneksi internet
  • WiFi
  • Penginapan, bagi yang ingin menginap
    –  kamar bersih berAC, berkasur busa, berdipan
    – TV cable buat hiburan
    – makan 3x sehari, bisa nambah kalau masih tersedia (soal makan, karena persediaan makanan yang lebih, terkadang beberapa teman saya termasuk saya bisa makan 6x sehari wkwkwkwk…)
  • Makan siang
  • Snack
  • Sertifikat
  • Uang saku, nominalnya gak perlu saya sebut yee, gak etis je, yang pasti lumayan lah
  • dan tentunya temen baru

Pesertanya sendiri terdiri dari berbagai umur dan tingkat pendidikan. Mengingat pelatihan ini terbuka secara umum, bagi siapa saja yang berminat boleh ikut. Di angkatan 2 ini ada peserta yang seorang guru SMP, dosen, mahasiswa, karyawan.

 

Tertarik pengen ikut pelatihan 3D Modelling dan Animasi juga? Ada kabar baik, pelatihan 3D Modelling dan Animasi untuk angkatan 4 dibuka. Kalau berminat musti cepet-cepet. Soalnya pendaftarannya cuma sampai 15 Oktober 2012 dan terbatas cuma untuk 20 peserta. Pelatihannya sendiri akan berlangsung mulai hari Selasa, 30 Oktober 2012 sampai dengan Selasa, 06 November 2012, dimulai pukul 09.00-16.00 WIB setiap harinya, di Balai PSDM dan IKM Jateng. Informasi pendaftarannya silakan ke http://www.ikitas.com/berita/wirausaha/pelatihan-animasi-3d-tingkat-dasar-terbatas-20-peserta.

Mohon maaf kalau infonya telat. Anggap saja, yang tau info ini dia yang beruntung.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".