Ada kepuasan tersendiri memiliki banyak blog. Semakin banyak blog semakin banyak kita bisa berbagi lewat tulisan. Kalau beruntung dan jago cari cari duit lewat blog, tentunya dengan banyaknya blog banyak juga duit dari internet yang bisa kita kumpulkan. Yang jadi pertanyaan, sanggup gak punya banyak blog? Sanggup gak mengelola banyak blog?

Total blog yang aku miliki dan aku kelola saat ini ada 8 biji. Dengan banyaknya blog yang aku miliki, apakah benar-benar aku kelola semuanya dengan lancar? Jawabannya, TERABAIKAN. Semuanya jadi gak terkontrol. Dari sekian banyak blog yang aku punya, hanya blog ini yang benar-benar aku perhatikan. Capek mengurusi banyak blog, terkadang benar-benar menyita waktu dan pikiran. Untuk urusan duit mengalir, ada lah sedikit dari sekian banyak blog yang aku miliki. Tapi ternyata duit yang mengalir belum cukup membayar waktu dan pikiran yang aku keluarkan untuk mengurusi blog-blog itu. Terkadang waktuku banyak aku habiskan hanya untuk bercengkrama dengan blog. Ada kemungkinan aku ini kecanduan Blogsphere akut. Untung atau Rugi?

Niat awal punya banyak blog aku ingin membangun investasi jangka panjang dari blog, selain itu juga ingin punya banyak fans dari para subscriber. Menjaring banyak fans dari para subscriber tentunya harus diiming-imingi tulisan yang bermanfaat buat mereka dan tentunya blog kita harus satu topik, bukan blog gado-gado kayak gini. Ada dua blog yang aku ingin membangun link dengan menjaring para subscriber. Tapi nyatanya gak berjalan sesuai rencana gara-gara jarang posting. Banyak blog yang akhirnya terbengkalai. HIATUS berat untuk sebagian besar blog yang aku punya.

Ada kalanya peribahasa sambil berenang minum air tidak bisa kita terapkan. Alangkah baiknya jika melakukan satu pekerjaan saja dan dilakukan dengan semaksimal mungkin, daripada melakukan banyak pekerjaan tapi semuanya gak maksimal? BETUL?

Ada alasan tersendiri mengapa punya banyak blog menjadi kendala bagiku. Koneksi internet yang tidak memadai (lemot) sering aku jadiin alasan untuk tidak memperhatikan blog-blogku. Gimana mau baca-baca referensi di internet atau blogwalking kalau koneksinya lemot betul. Apakah aku mengeluh? Yah bisa jadi. Tapi aku gak sampai benar-benar mempermasalahkan alasan koneksi lemot ini, toh aku masih bisa browsing lewat HP. Alasan lainnya karena ada beberapa blog yang baru aku bangun. Membangun blog baru bener-bener sedikit menyita waktu, karena perlu usaha ekstra untuk memperkenalkan blog baru kita ke pengguna internet yang membutuhkan informasi yang kita berikan.

Bisa dikatakan aku ini termasuk blogger pendiam, yang gak terlalu sering mampir ke narablog-narablog yang aku subscribe atau narablog yang berkomentar di blog-blogku. Padahal membangun friendship di antara para blogger perlu itu, sekaligus bisa menjadi media promosi blog kita bukan? Yah… sebelumnya aku mohon maaf kalau aku jarang mampir ke blog teman-teman.

Ada kerugian besar bagiku dengan banyaknya blog yang aku miliki. Yang paling besar adalah skripsiku sering terbengkalai karena saking asyiknya bercengkrama dengan blog-blogku. Bahkan target wisuda bulan April 2011 harus pupus. Target selanjutnya wisuda bulan Juli 2011, kali ini pasti bisa.

Selain itu waktu untuk belajarku banyak tersita. Kalau belajar cari duit di internet dan blogging tentunya banyak waktu yang aku dapatkan. Tapi untuk belajar yang lain yang lebih penting, waktunya banyak yang tersita.

Yah… sepertinya beberapa blogku bakal aku cerai. Mungkin cukup dua atau tiga blog saja yang aku kelola. Harus mengucapkan selamat tinggal neh buat GaluhRistyanto.com, BelajarIT.com, egaexcel.blogspot.com, dan blog-blog lainnya.

Apakah kamu punya banyak blog?
Seberapa banyak blog yang kamu kelola?
Sanggup gak punya banyak blog?
Sanggup gak mengelola banyak blog?
Bagaimana kamu mengatur waktumu untuk mengelola blog-blogmu?

Wah banyak nanya neh. Jika berkenan, mohon dijawab donk! Maaf gak bisa ngasih hadiah apa-apa buat yang mau jawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".