Jangan dikira saya baru saja beli mobil ya, hehehe…. Salah satu impian saya yang saya tempel di ‘Papan Keinginan‘ saya adalah memiliki mobil pribadi. Seandainya saya diberikan rejeki untuk beli mobil, mobil yang saya inginkan adalah mobil ‘Mini Cooper‘, mobil punya Mr. Bean itu lho. Mungkin bisa dibilang mobil impian saya ini bukan tipe mobil Indonesia yang sangat mewah. Tiap orang memiliki ketertarikan sendiri-sendiri kan?

Saya ini termasuk orang yang bener-bener belum ngerti soal otomotif, apalagi soal pertimbangan membeli mobil, boro-boro dah. Hahaha…. Melihat background saya yang blank tentang pengetahuan otomotif, tentunya ketika saya akan membeli mobil impian saya, banyak hal yang perlu diperhatikan. Tapi bagi saya yang paling penting adalah berapa dana yang saya miliki untuk membeli sebuah mobil impian. Kalau dana terbatas ya mau gak mau beli mobil bekas. Punya mobil bekas, mengapa tidak? Toh kalau sudah jadi kebutuhan gak bakal jadi ajang gengsi-gengsian.

Misalnya neh, saat ini saya memposisikan diri saya memiliki dana terbatas untuk membeli sebuah mobil. Pastinya dengan dana terbatas yang saya miliki, mobil bekas jadi prioritas pilihan saya. Yang jadi masalah bagi saya yang gak ngerti otomotif, tentunya adalah cara bijak dalam mempertimbangkan membeli mobil bekas. Gampangnya tips membeli mobil bekas tu seperti bagaimana.

Searching-searching dah……………..

Saya menemukan artikel yang bisa jadi memberikan saya tips dalam membeli mobil bekas. Kurang lebih seperti ini yang bisa saya ambil dari blognya Mbah Sangkil (Membeli Mobil Bekas Tidaklah Gampang) :

1. Mengajak seseorang (teman, saudara) yang mengerti mobil

Penting neh pastinya buat yang gak ngerti soal otomotif seperti saya. Kalau gak ada teman atau saudara yang bisa bantu memeriksa mesin atau memberi saran ketika membeli mobil bekas, bisa juga minta bantuan jasa seorang mekanik.

2. Test drive

Test drive sangat perlu dilakukan untuk mengetahui performa mobil bekas yang akan kita beli. Mungkin yang akan saya lakukan adalah menyuruh seseorang yang kita ajak yang lebih mengerti kondisi mobil untuk melakukan test drive dengan berbagai kondisi jalan, kecepatan, dan manuver. Tentunya saya juga akan mencoba melakukan test drive kenyamanan bagi saya.

3. Mengetahui informasi seputar mobil bekas tersebut

Biasanya c yang ditanyakan adalah sejarah mobil bekas tersebut (pernah kecelakaan, tenggelam, turun mesin, perawatan berkala), kelengkapan surat-surat.

Kalau kita membeli mobil bekas dari seseorang (bukan di bursa mobil bekas), boleh saja iseng menanyakan alasan mobil dijual.

4. Kondisi mobil

Kondisi mobil juga mempengaruhi harga mobil. Periksa odometernya (jarak tempuh yang sudah dilalui mobil tersebut). Odometer gak bisa jadi patokan pasti, sebab angka yang tertera di odometer bisa saja dimanipulasi.

Selain itu periksa semua indikator mobil. Dari indikator lampu, sensor-sensor, sistem keamanan misal safety belt, bahkan peralatan yang terpasang di mobil itu misal ac dan tape. Eksterior maupun interior wajib jadi pertimbangan.

5. Membandingkan harga dengan bursa mobil bekas lainnya

Cek harga mobil bekas yang ingin kita beli di bursa mobil bekas lainnya. Biar kita ada pandangan ditempat mana mobil bekas dengan harga yang cocok buat kita. Bisa dilakukan survei ke beberapa bursa mobil bekas atau bisa juga cek di internet. Cari bursa mobil bekas yang dekat dengan lokasi tempat tinggal kamu. Kalau di Jakarta ya lebih baik cek harga mobil bekas Jakarta. Kalau mobil yang kita inginkan adanya yang jual jauh dari lokasi kita ya gak masalah, kalau bener-bener menginginkannya.

6. Bagi yang gak ngerti otomotif (mobil), wajib membawa teman yang mengerti mobil atau seorang mekanik

Sekedar mengingatkan kembali di point nomor satu untuk mengajak seseorang yang ngerti betul mobil atau lebih baik lagi mengajak seorang mekanik. Biar bisa kita mintai pendapat layak tidaknya mobil bekas tersebut kita beli.

7. Jangan malu-malu untuk menawar

Spesial tips dari saya. Jangan malu untuk melakukan penawaran harga. Siapa tau dapet harga spesial. Tawaran harga sesuaikan dengan kondisi mobil tersebut yang sudah kita periksa.

Dari tidak tau menjadi sedikit tau. Beli mobil bekas gak semudah beli mobil baru. Banyak hal yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih mobil bekas. Thanks buat Mbah Sangkil yang udah bagi-bagi sedikit tipsnya.

Semoga kamu-kamu yang mempunyai keinginan memiliki mobil impian dapat terwujud. Aaammmiiinnn…. Seneng kan kalau kita bisa jalan-jalan dengan mobil impian, membawa serta orang-orang yang kita cintai lagi. Tak apa hanya sekedar mobil bekas. Punya mobil bekas, mengapa tidak? Mungkin sebatas itu rejeki kita. Perlu disyukuri.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".