Sudahkah data akun Facebook kamu berisi data yang valid atau ‘yang sebenarnya‘? Jika belum saya sarankan isi dengan data yang valid, karena suatu saat pasti akan berguna jika kamu mendapati masalah tidak bisa login ke akun Facebook kamu. Data valid tersebut nantinya akan berguna ketika meminta bantuan ke pihak Facebook terkait tidak bisa masuk ke akun Facebook kamu. Setelah meminta bantuan dari pihak Facebook, besar kemungkinan nantinya pihak Facebook akan meminta ID kamu yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti SIM atau passport, untuk verifikasi data. Di Facebook Help, tidak disebutkan KTP masuk dalam daftar yang diminta.

Saya menulis postingan ini karena saya mengalami hal yang mau gak mau saya harus meminta bantuan pihak Facebook agar saya bisa masuk ke akun Facebook saya. Bukan karena kena hack kok.

Ceritanya Begini

Facebook saya menggunakan kode konfirmasi ketika saya akan login biar Facebook saya semakin lebih aman. Bagi yang gak tau, silakan baca postingan saya berikut : Buat Facebook Kamu Jadi Lebih Aman. Login Facebook dengan Kode Konfirmasi. Postingan ini sekaligus menjawab pertanyaan saya sendiri, bagaimana kalau hp beserta nomor hp yang saya daftarkan untuk meminta kode konfirmasi ternyata hilang?

Sebelumnya saya ingin sedikit curhat dulu. Beberapa waktu yang lalu saya menghapus semua Device yang terdaftar di Facebook di menu setting. Saya juga menghapus semua data history login. Efek dari yang saya lakukan tentunya saya musti login ke akun Facebook saya dengan memasukkan kode konfirmasi ke Device yang sebelumnya sudah terdaftar. Masalah muncul, karena saya gak gak kunjung dapet kode konfirmasi yang dikirimkan via SMS ke nomor hp saya yang sudah saya daftarkan. Seharian penuh saya menunggu, ternyata gak ada SMS masuk dari Facebook. Akhirnya saya coba minta kode konfirmasi via telepon. Masalah lagi muncul karena saya gak peka dengan bahasa Inggris yang diucapkan pihak Facebook via telepon yang memberitahukan kode konfirmasi. Saya coba minta telepon lagi. Biar gak kecolongan ‘gagal dengar‘ bahasa Inggris, saya siapkan perekam, biar bisa diputar ulang gitu. Masalah muncul karena saya tidak bisa meminta kode konfirmasi via telelpon, dikarenakan saya memintanya terlalu cepet, di jarak waktu yang dekat. Menunggu lagi menunggu lagi.

Kemudian saya mencoba mem-forgot password. Password berhasil saya ubah, tapi tetap kalau masuk musti pakai kode konfirmasi. Kembali lagi ke permasalahan awal. Solusi akhir, akhirnya saya minta bantuan pihak Facebook. Saya ceritakan permasalahan saya di form yang tersedia (saya lupa di menu yang mana). Gak berapa lama dapet balasan dari Facebook via email. Emailnya seperti berikut :

Thanks for your report. It looks like you signed up for login approvals and are having trouble receiving a security code to log in to Facebook. If you were already able to get back in, feel free to ignore this email.

If you are still having trouble accessing your account, these are the easiest ways to get back in:

– Request another code by clicking the Resend Code link
– Log in from one of your recognized devices (ex: a computer or mobile phone you’ve named and added to your Facebook account)
If you still can’t get into your account, please reply to this email so we can investigate. When you respond:
– Briefly describe the issue you’re experiencing.
– Attach a copy of your government-issued photo ID so we can confirm that you own this account. Review the types of documents we accept and learn how to send your ID over a secure connection: https://www.facebook.com/help/?page=148993491850191.

Note that we we won’t be able to investigate this report without a copy of an ID that meets our requirements. After you send your ID, you should hear back from us within 48 hours.

Thanks,

The Facebook Team

Pada intinya Facebook memberikan beberapa pilihan agar saya bisa masuk ke akun Facebook saya. Saya memilih mengirimkan copy-an (scan-an) ID saya. Jenis ID yang disarankan adalah ID berfoto yang dikeluarkan pemerintah seperti paspor atau SIM. ID KTP gak disebutkan. Dalam ID tersebut harus ada nama, foto berwarna, dan tanggal lahir dengan jelas.

Saya balas email tersebut dengan mengirimkan ID SIM saya. Beberapa jam kemudian saya dapat email balasan lagi. Seperti berikut :

Hi Galuh,

Thanks for verifying your identity. We removed the block on your account so you should now be able to log in.

We also turned off login approvals. If you’d like to turn login approvals back on, we recommend making sure you turn private browsing off for your browser (ex: Internet Explorer). This way, you won’t get stuck entering a code every time you log in.

For more information, visit:

http://www.facebook.com/help/?faq=148233965247823

Thanks,

H****
User Operations
Facebook

Pada intinya, ID SIM saya untuk proses verifikasi diterima pihak Facebook. Dan kemudian hal yang mengganjal (kode konfirmasi) dalam akun Facebook saya ketika akan login sudah dihapus. Dan saya berhasil masuk ke akun Facebook saya tanpa memasukkan kode konfirmasi, karena sebelelumnya sudah di hapus kebijakan saya terkait login dengan kode konfirmsi oleh pihak Facebook.

Yang bisa saya simpulkan, mengisi data yang valid di akun Facebook tenyata sangat berguna suatu saat nanti. Ya meskipun pihak Facebook gak menyebutkan harus mengisi data yang valid jika meminta bantuannya.

Data valid yang paling utama diisi, adalah :

  • mengisi nama yang sebenarnya
  • upload foto diri yang sebenarnya
  • mengisi tanggal lahir yang sebenarnya (kalau gak pengen diketahui, kan bisa tuh diset “only me” yang bisa melihat)

Manfaat dari mengisi data yang valid tentunya juga berguna buat akun-akun lainnya seperti Twitter, jika mendapati masalah seperti yang saya alami.

Sudahkah kamu mengisi data yang valid?

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • ricci

    kalau akun fb setiap log selalu ad kata “Kami akan melihat dokumen Anda dan segera memberi tahu Anda setelah permintaan Anda berhasil diproses., bagaimna bisa loging kembali