Blogilicious Trah YogyakartaAdakah yang gak mengerti dengan judul “Blogilicious Trah Yogyakarta“? Kata mbak Ajeng dari idblognetwork.com, kata “Trah” diambil dari bahasa Jawa keraton Jogja yang artinya keturunan (kalau gak salah inget ya, kalau salah mohon dikoreksi). Gak tau kenapa tema Blogilicious di Jogja ini diberi nama Blogilicious Trah Yogyakarta. Kurang begitu sreg buat saya. Tapi… ngikut aja lah.

Sabtu dan Minggu tanggal 11-12 Juni 2011 saya berkesempatan mengikuti suatu event kumpul bareng blogger atau calon blogger di Jogja. Event itu adalah Roadblog 2011 Blogilicious yang diprakarsai oleh idblognetwork.com, acaranya diadakan di UPN Veteran Jogja Fakultas Petanian Lantai 3. Mau tau serunya acara Roadblog 2011 Blogilicious di Jogja? C’mon cekidot >>>

Belakangan ini idblognetwork mengadakan hajatan besar yang ditujukan khusus untuk blogger. Intinya idblognetwork ingin semakin dekat dengan blogger. Jogja adalah kota kelima dari rangkaian Roadblog 2011 Blogilicious di 7 kota di Indonesia.

Meski diadakan di Jogja, ternyata gak hanya diikuti oleh blogger dari Jogja doank. Ada yang rela datang dari Surabaya, Lampung, Solo, dll. Kalau saya sendiri khusus datang dari Kudus, mungkin bisa dibilang mewakili Komunitas Blogger Kudus yang masih samar-samar keberadaaanya.

Untuk mengikuti Blogilicious di Jogja ini saya mendapatkan tarif spesial yaitu GRATIS, sebab saya termasuk member IBN. Sedangkan yang non member dikenakan fee Rp 25.000 untuk dua hari kegiatan Blogilicious. Cukup murah dengan fasilitas dan pengalaman yang wah.

Saya ini mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Jogja (di STMIK AMIKOM Yogyakarta), tapi saat ini saya lebih banyak berada di Kudus karena saya memutuskan untuk mengerjakan skripsi di rumah. Itung-itung hemat biaya kost dan biaya hidup. Maklum, saya musti perhitungan dengan yang namanya uang, bukan pabrik uang soalnya.

Berhubung saya sudah lama gak bimbingan dengan dosen mengenai skripsi saya, akhirnya saya putuskan untuk ke Jogja bertepatan dengan diadakannya Blogilicious Jogja. Sebenernya niat saya ke Jogja bukan karena ingin bimbingan, karena ada dua evenet yang saya gak ingin ketinggalan. Event pertama pameran komputer “Festival Komputer Indonesia 2011” di JEC yang diselenggarakan mulai 8-12 Juni 2011, dan yang kedua tentu saja adalah Blogilicious Jogja pada tanggal 11-12 Juni 2011 di UPN Veteran Jogja Fakultas Pertanian Lantai 3.

Saya berangkat dari Kudus ke Jogja hari Jum’at pagi (10 Juni 2011) sekitar pukul 06.30 WIB. Malam hari sebelum berangkat ke Jogja saya sempat alami pusing kepala. Kalau pusingnya gak ilang, bakal gak jadi pergi. Syukur alhamdulillah setelah mimum obat, paginya saya udah gak pusing kepala lagi. Jadi donk pergi ke Jogja.

Ke Jogja saya mengendarai sepeda motor. Biar hemat ongkos transportasi. Nyampe di Jogja sekitar pukul 10.30 WIB. Kurang lebih 4 jam perjalanan dari Kudus – Jogja yang jaraknya sekitar 200-an KM. Kecepatan sepeda motor yang saya pacu sekitar 60 – 80 KM/jam. Di Jogja saya langsung ke kost lama saya, numpang tidur di tempatnya Nument (teman saya anak UTY). Yap… saya numpang. Kan saya udah gak ngekost lagi. Jadinya setiap kali saya ke Jogja ya numpang tidur di kost temen.

Malamnya saya ajak Rian (teman saya dari Lombok dan kuliah di Amikom) jalan-jalan ke pameran komputer. Cerita jalan-jalan ke pameran komputer “Festival Komputer Indonesia 2011”-nya bisa dibaca di Jalan-Jalan ke Festival Komputer Indonesia 2011 @JEC.

Blogilicious Trah Yogyakarta #Day 1 (11 Juni 2011)

Saya datang ke lokasi Blogilicious Trah Yogyakarta di UPN Veteran Jogja Fakultas Pertanian Lantai 3, sekitar pukul 09.45 WIB. Registrasi ulang langsung dapet ID card, snack & minuman. Masuk ke ruangan berlangsungnya acara Blogilicious langsung disambut dengan Angklungan. Gak tau dah grup Angklungan darimana.

Saya cari tempat duduk di tengah. Ngaso dulu bentar, langsung dah icip-icip snack-nya, hehehehe…….. Maklum dari pagi saya belum makan. Pikir saya kan pasti dapet snack di Blogilicious. Makanya sengaja saya gak sarapan. Hemat. [kebangetan hematnya kali ya]

Blogilicious Trah Yogyakarta

Suasana berlangsungnya Blogilicious Trah Yogyakarta

Day #1 Sesi #1 BlontankPoer (Tips Blogging)

Akhirnya saya tau juga rupa aslinya dari om BlontankPoer. Saya tau om Poer itu sebagai blogger senior dari Solo. Belum lama ini saya juga pernah liat om poer di Tipi.

Om Poer disini bercerita tentang pengalamannya selama menjadi blogger dan bergelut dengan tulis menulis di blog. Beliau bercerita mengenai perbedaan menjadi penulis di koran (jurnalistik) dan menulis di blog. Yang pasti banyak nilai plusnya nulis di blog. Gak banyak aturan, gak perlu mikirin rumus jurnalistik “5W+1H“, nulis terserah kita tapi tetap ada batasan-batasannya. Dan setiap apa yang kita tulis, pikirin sebab akibat yang timbul dari apa yang kita tulis. #Think Before Posting

Di sesi tanya jawab, ada yang bertanya ke om Poer terkait masalah susah memulai menulis. Sebenarnya masalah yang satu ini masalah umum bagi kebanyakan blogger “bukan senior”. Saya pun pernah mengalaminya. Satu-satunya jalan biar kita bisa cas ces cos lancar nulis tentunya kita mengerti betul apa yang akan kita tulis. Pokoknya tulis saja apa yang ingin kita tulis. Gak perlu takut tulisan kita jelek. Kalaupun emang jelek, anggap aja itu sebagai latihan. Ntar lama-lama jadi bagus tulisan kita. Setuju?

Masalah susah menulis ini bisa dianggap sebagai phobia menulis. Saya sampai sekarang masih phobia menulis. Setiap kali ingin menulis, bingung mau nulis apa. Kalau sudah mulai menulis, bisa selesai sampai 4 jam hanya untuk satu tulisan. Sampai pedes di mata pokoknya memandang layar monitor.

Saya coba cari tau apa penyebabnya. Yang saya temukan dari diri saya adalah saya minim wawasan dan referensi, menulis dalam keadaan tertekan (karena ada masalah yang mengganggu di pikiran), dan belum terbiasa untuk menuliskan apa yang ingin saya tulis (belum jadi blogger senior). Obatnya tentu saja saya perlu banyak cari informasi sebagai referensi (baca…baca…dan baca…), lebih banyak menuliskan hal-hal yang pernah saya alami (pengalaman), menulis tidak dalam keadaan tertekan dan sharing apa yang saya ketahui yang layak untuk dibagikan. Dan hasilnya…. alhamdulillah, sekarang saya lumayan lancar menuliskan apa yang ada dalam pikiran saya.

Apakah pengalaman saya di atas cukup memberikan sedikit suplemen bagi yang phobia menulis di blog? Ada ungkapan dari film korea A Moment To Remember, “Seorang arsitek phobia terhadap kertas kosong. Coba hadapilah itu”. Kurang lebih sama lah dengan phobia menulis di blog.

Day #1 Sesi #2 Iman Brotoseno (Etika Ngeblog)

Om Iman berbicara mengenai etika ngeblog dari aspek hukum. Rada berat materinya tapi sangat penting lho. Ini terkait masalah hak cipta dari tulisan atau apa yang kita posting. Beliau bercerita tentang pengalamannya dalam blogging yang akhirnya berurusan dengan hukum. Terkait masalah tulisan beliau yang di copas orang lain dan dijadiin buku yang dijual bebas. Karena sang copaser mengcopas tulisan om Iman untuk kemudian dituliskan ke buku sang copaser yang dijual bebas, om Iman lumayan dibikin geram. Yang dilakukan om Iman adalah meminta penjelasan dari sang copasser via email. Karena gak ada tanggapan, akhirnya om Iman ambil jalur hukum untuk menyelesaikan masalah copas ini. Pada akhirnya om Iman menang, dan menuntut sang copasser untuk menarik semua buku yang sudah beredar.

Sebenernya kalau tuntutan om Iman berupa uang, pasti bisa didapat. Tapi ternyata ini bukan masalah uang. Hm…. Kalau tulisan saya di copas di blog lain hanya sekedar untuk share, pasti akan saya maklumi. Saya tidak akan menuntut apa-apa. Malah saya seneng tulisan saya berguna buat orang lain sampai di share kembali. Toh ada beberapa tulisan saya yang di copas blog lain tanpa memberikan backlink atau sumber. Cuma kalau ada hal yang bikin saya marah terkait masalah copas, oo… lain lagi ceritanya. Wani Piro beli lisensi copyright tulisan saya?

Etika ngeblog dari aspek hukum ini bisa jadi WARNING bagi kita buat gak copas mentah-mentah.

Day #1 Sesi #3 Yulian (Berkenalan dengan Berniaga.com)

Awalnya saya gak begitu tau apa itu berniaga.com. Saya tau keberadaan berniaga.com di iklan Google. Presentasi om Yulian pada akhirnya membuat saya banyak tau tentang berniaga.com.

Day #1 Sesi #4 Perkenalan Komunitas Blogger ASEAN

Lupa saya siapa pembicaranya. Yang jelas pembicaranya adalah salah satu dari yang mendeklarasikan pembentukan komunitas Blogger ASEAN. Di sesi ini saya gak terlalu fokus menyimak. Jadi blank dah pikiran saya buat bahas sesi #4 ini.

Day #1 Sesi #5 Mobile Blogging (Flexi)

Saya juga lupa siapa pembicara sesi ini. Mungkin gara-gara pikiran saya masih blank di sesi sebelumnya.

Sesi ini berbicara mengenai mobile blogging dan dukungan dari Flexi dengan memberikan akses internet murah, biar aktivitas mobile blogging jadi semakin mudah dan murah. Katanya Flexi memberikan tarif akses internet murah khusus untuk pelajar dan mahasiswa dengan biaya Rp 35 ribu/bulan dengan kecepatan akses data up to 153 Kbps di jaringan 1x. Biaya normalnya Rp 50 ribu/bulan. Penawaran yang cukup menarik. Sayangnya saya saat ini pakai provider lain. Kalau saya mau pakai Flexi musti ganti modem dulu.

ISTIRAHAT…………………………….

Teng Tong…. Sekitar pukul 12.00 WIB waktunya istirahat. Dus makan siang juga udah mulai dibagiin. Dan saatnya makan. Laper, dari pagi cuma makan snack yang dibagiin sebelumnya. Mau tau apa menu makan siangnya? Ini dia…. (maaf kalau kurang sopan buka-bukaan soal makanan)

Blogilicious Trah Yogyakarta

Ada ayam goreng, bakso, cingur, oseng-oseng, udang goreng, kerupuk, dan pisang. Lumayanlah bikin perut kenyang. Hmm...

Selesai makan, saya langsung balik ke kost. Sebenernya mau langsung meluncur ke kampus depan UPN (Amikom) buat bimbingan skripsi. Tapi berhubung skripsi saya di BAB yag sedang saya kerjakan belum selesai ya gak jadi.

Day #1 Sesi #6 Dhimaz Maulana – uniqpost.com (Social Media)

Pukul 13.00 WIB balik lagi ke acara Blogilicious Trah Yogyakarta. Sesi berikutnya bicara tentang Social Media. Sebelumnya direncanakan materi Social Media akan diisi oleh Tika Banget. Entah kenapa kok diganti dhimaz Maulana. Padahal sepertinya asyik lho kalau diisi Tika Banget.

Maaf mas Dhimaz saya harus jujur tentang sesi ini, saya baca-baca tentang topik artikel ini yang sama dari blogger lain juga sepertinya sama dengan yang saya rasakan. Mohon maaf, sesi ini membuat saya dan sebagian besar peserta lainnya merasa BORING. Mungkin mas’e belum begitu terbiasa kali ya berbagi ilmu didepan podium disaksikan banyak orang. Tenang saja mas, saya juga pernah mengalami hal yang sama kok. Ntar lama-lama juga jadi terbiasa gak grogi. Maaf sotoy (sok tau).

Ekspresi boring peserta Blogilicious Trah Yogyakarta macem-macem. Teman saya yang duduk di sebelah saya ngantuk sampai akhirnya tepar juga. Yang lainnya saya liat ada yang asyik main game. Kalau saya sendiri asyik facebookan dan browsing di HP.

Blogilicious Trah Yogyakarta

Seperti inilah ekspresi boring saya saat sesi Social Media (plus ngantuk)

Day #1 Sesi #7 Mubarika Darmayanti – idblognetwork.com (Blog Monetizing)

Ini pertama kalinya saya denger suara mbak Rika, salah satu dibalik idblognework (IBN). Saya dengerin suara mbak Rika kok seperti orang yang mau nangis ya? Grogi kah?

Sesi ini mbak Rika menjelaskan lebih jauh sekaligus memperkenalkan kembali IBN secara langsung, bukan hanya sekedar profil yang kita baca di Facebook atau info di idblognetwork.com. Dari apa yang disampaikan oleh mbak Rika, saya semakin mengenal baik tentang IBN. Banyak yang kontra dengan IBN terkait dengan sistemnya. Ada satu teman saya yang dia saya anggap “ANTI IBN”. Sebelumnya saya ajak dia buat ikutan Blogilicious Trah Yogyakarta ini. Tapi dia menolak. Apakah dia masih kontra dengan IBN? Sebenernya ada hal yang kurang begitu dipahami oleh kaum “ANTI IBN” mengenai IBN. Biar paham, memang cara yang terbaik adalah biarkan orang dibalik IBN menjelaskan secara langsung. Kalau sekedar baca info di situs IBN atau debat di forum/FB Fan Page IBN gak akan selesai dan gak akan benar-benar mengerti. Biar plong unek-unek kita akan IBN memang lebih enak jika duduk bareng dan mari kita bicarakan bersama-sama. Dengan adanya Roadblog Blogilicious, mungkin IBN ingin blogger semakin mengenal baik IBN dan kalau ada yang ingin ditanyakan jadi lebih enak dibahas secara langsung.

Blogilicious Trah Yogyakarta #Day 1 SELESAI………………

Blogilicious Trah Yogyakarta #Day 2 (12 Juni 2011)

Sama seperti hari pertama, saya datang sekitar pukul 09.45 WIB tanpa sarapan terlebih dahulu, dengan harapan nantinya juga bakal dapet snack dan makan siang. Hemat bebh…. Tapi toh benar dapet snack dan makan siang lagi wkwkwkwk….

Day #2 Sesi #1 EKO SHP (Blogpreneur)

Sesi ini om Eko seperti psikolog aja, ngasih beberapa test tipe kepribadian segala. Di samping itu om Eko juga berbicara mengenai “Content is King”. Kurang lebih mutu tulisan gitulah. Tapi bahasan utama dari om Eko adalah blogpreneur.

Day #2 Sesi #2 Aldy Terren (Blog Security)

Materinya berattttt….. Hacking soalnya, tapi lebih ke teori. Meskipun materi hacking tuh berat, orang yang mengenal baik dunia IT banyak yang ingin belajar ilmu hacking. Kata om Tifatul, mahasiswa IT sekitar 70-an% (kurang lebih ya) ingin mempelajari ilmu hacking. Sesi ini saya sepaneng nyimak materinya lho!! Dulu blog saya ini pernah kena hack.

ISTIRAHAT……….

Sektar pukul 12.00 WIB saatnya makan siang euy. Oya, maaf kalau disini kok saya seperti selalu menantikan makanan. Maklum saja, saya belum sarapan, hehehehe….

Blogilicious Trah Yogyakarta

Ada sate ayam, telur puyuh,cingur, udang goreng, mie+bakso, semangka

Habis makan, langsung pulang ke kost. Pukul 13.00 balik lagi.

Day #2 Sesi #3 Suryaden (SEO)

Kemarin ada sesi yang bikin boring. Di sesi ini cukup membuat saya boring. Soalnya om Suryaden kurang menggigit bicarain SEO-nya. Memang sih gak perlu dijelasin panjang lebar soal SEO, toh dibagiin selebaran berisi 100+ tips SEO. Harapan saya di sesi ini tu sebenernya ada bahasan panjang lebar mengenai Algoritma Google Panda. Langsung bahas ke tingkat tinggi soal SEO juga gak apa-apa, biar yang lain yang gak ngerti SEO biar melongo aja. [:egois: sok pinter SEO]

Day #2 Sesi #4 Jauhari (Themes Design)

Ini kedua kalinya saya hadir dalam suatu acara dimana ada om Jauhari sebagai pembicaranya. Pertama kali waktu ngisi acara blogging di JEC tahun 2010. Pertemuan kedua ini, om Jauhari bawain materi yang berbeda dari pertemuan pertama saya dengan om Jauhari. Dulu bawain materi segala sesuatu tentang WordPress, kali ini tentang WordPress Theme Design. Sesi ini bisa dibilang pengguna selain WordPress hanya sekedar mengikuti saja, dan semoga saja tertarik untuk pindah ke WordPress. WordPress is the best blog platform euy!!!!

Saya cukup suka dengan sesi ini, soalnya saya sudah lama mulai tertarik untuk belajar desain template WordPress sendiri. Ada pencerahan buat saya lah dari apa yang disampaikan om Jauhari.

Blogilicious Trah Yogyakarta #Day 2 SELESAI………………

Blogilicious Trah Yogyakarta ditutup dengan kesan dan pesan dari panitia lokal, perkenalan panitia lokal, dan pemberian wayang ke IBN. Dan kemudian foto-foto. Biarkan foto di bawah ini yang bercerita.

Blogilicious Trah Yogyakarta

Perkenalan panitia lokal - http://www.facebook.com/profile.php?id=1205505146&sk=photos

 

Blogilicious Trah Yogyakarta

Pemberian cinderamata wayang dari panitia lokal (diwakili oleh ketua - Azhie) ke IBN (diwakili oleh Mubarika Darmayanti) - http://www.facebook.com/profile.php?id=1205505146&sk=photos

 

Blogilicious Trah Yogyakarta

Foto bareng (saya berada di atas mas Kukuh) - http://www.facebook.com/profile.php?id=1205505146&sk=photos

 

Oleh-Oleh dari Blogilicious Trah Yogyakarta

Blogilicious Trah Yogyakarta

Blogilicious Trah Yogyakarta

Blogilicious Trah Yogyakarta

Blogilicious Trah Yogyakarta

Saya mencoba ikutan bergaya ala mas Kukuh yang beberapa kali terlihat menutupi mulut dan sedikit menyentuh hidung. Mungkin posisi lagi berpikir.

Blogilicious Trah Yogyakarta

Disamping acara Blogilicious Trah Yogyakarta dengan sesi-sesi yang saya ceritakan di atas, ada juga sesi kuis dengan hadiah job review senilai Rp 4 juta untuk 4 orang (2 untuk member IBN, 2 untuk non member IBN). Siapa yang gak mau? Meski saya selalu mengajukan diri buat jawab pertanyaan yang diberikan, toh ternyata memang belum rejeki saya. Blogger yang saya kenal, Mas Tomi (tomipurba.net), yang dapet. Selamat mas Tom.

Saya belum berharap dulu dapet job review. Yang saya harapkan, saya keluar dulu dari lubang “semprit” IBN gara-gara saya pernah melanggar TOS karena iseng-iseng coba mengetest filter IBN dengan menambahkan blog saya yang lain yang artikelnya banyak copas. Lalu apakah blog saya yang ini melanggar TOS IBN?

Pesan dan Kesan dari Blogilicious Trah Yogyakarta

Saya sangat senang turut meramaikan event Blogilicious Trah Yogyakarta ini. Gak menyesal saya datang jauh-jauh dari Kudus khusus untuk event ini. Seneng bisa berkumpul dengan blogger, yang lebih seringnya kita hanya kenal di dunia maya. Terima kasih IBN, memberikan saya pengalaman di event Blogilicious Trah Yogyakarta ini dan mempertemukan saya dengan banyak blogger.

Harapan dari Roadblog Blogilicious

Semoga event Blogilicious ini diagendakan setiap tahun. Dari event ini memberikan blogger kesempatan untuk kumpul dengan blogger lain. Menjalin pertemanan secara offline. IBN bagi saya gak sekedar komunitas, tapi sebuah keluarga, dan Blogilicious adalah acara kopdarnya.

Ini adalah sebuah event besar bagi saya selama saya terjun di dunia blogging. Terima kasih untuk event Blogilicious Trah Yogyakarta ini, sampai jumpa kembali di Blogilicious mendatang.

Note : Ini bukan postingan berbayar dari IBN. Ini hanya sekedar catatan saya dalam mengikuti event Blogilicious Jogja. Tapi postingan ini saya ikutkan dalam kontes semi SEO IBN untuk Blogilicious Jogja dengan keyword Blogilicious Trah Yogyakarta.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".