Beberapa waktu lalu disela-sela kunjunganku ke Jogja buat menjalani ‘ritual’ bimbingan skripsi, aku sempatkan buat ‘wisata‘ ke pameran komputer NYE 2011 di Jogja Expo Center (JEC). Tujuan utama pasti dan tidak lain kalau bukan ‘mencaribrosur. Ke pameran komputer bagiku dan sebagian teman-temanku gak lepas dari yang namanya ritual ‘cari brosur‘. Menurutku ‘cari brosur‘ cukup penting. Dengan brosur yang kita peroleh setidaknya kita seakan-akan mendapatkan katalog harga produk-produk IT di beberapa toko komputer. Selain itu nambah wawasan akan perkembangan produk IT. SETUJU? :ok:

Pameran komputer kali ini cukup beda jauh dengan pameran komputer sebelumnya dari segi harga untuk jenis-jenis produk IT tertentu, terutama untuk notebook, netbook, aksesoris komputer, kamera digital, dan modem. Salah satu notebook yang menurutku cukup gak menguras dompet (bagi yang cukup punya duit) dengan spek tinggi adalah notebook dari AXIOO. AXIOO menawarkan notebook dengan processor core i7 (kecepatannya kalau gak salah di atas 2 GHz) dengan spek-spek lainnya yang mumpuni dengan harga sekitar Rp 6 jutaan. Modelnya cukup keren, cuma sayangnya bukan model limited edition ‘CAPRI‘ yang keluar waktu memperingati 17 Agustus tahun kemarin. Meski merk lokal, AXIOO gak kalah hebatnya dengan produsen lainnya seperti ACER, DELL, Toshiba, HP, ASUS, Lenovo, dll. Merk lainnya dengan spek yang seimbang dengan AXIOO rata-rata mendekati harga di atas Rp 7,5 jutaan ke atas. Gak perlu gengsi untuk beli produk lokal (cintai produk dalam negeri), toh AXIOO beberapa waktu yang lalu unjuk gigi di ajang pameran produk IT tingkat dunia. Udah mulai gak dianggap sekedar ‘produk lokal‘. Apalagi praktisi IT Onno W Purbo pakai AXIOO. Aku juga cukup tertarik dengan AXIOO. Ini bukan promosi lho!!!

Modem cukup menjadi incaran para pengunjung. Hal ini didukung dengan harga modem yang cukup murah. Temenku beli modem CDMA Venus dengan harga Rp 180.000. Di stand Online Shop menjual berbagai macam modem SMART dengan harga promo. HP modem Haier D1200P yang pernah aku pakai dijual dengan harga Rp 199.000, harga normalnya Rp 333.000. HP modem ZTE C 261 dijual dengan harga Rp 245.000, harga normalnya Rp 319.000. Sedangkan untuk modem EVDO All Operator CDMA (Huawei EC 1260) dibandrol dengan harga Rp 539.000 + gratis 30 hari internet unlimited non quota.

Aksesoris komputer yang cukup ramai dipajang di beberapa stand toko komputer adalah headset keren yang dibandrol dengan harga Rp 45.000. Kalau beruntung dapet stand yang tepat malah kamu bisa dapet dengan harga Rp 25.000 doank.

Tahun 2011 merupakan tahun perang tablet. Sayangnya di pameran komputer NYE 2011 ini belum terlihat maraknya tablet. Hanya beberapa produk tablet yang terlihat, diantaranya iPad, ePad, dan Smart Q. Dari beberapa tablet yang terlihat, hanya ePad yang berani unjuk gigi buat dicoba-coba pengunjung. Untuk iPad sepertinya pihak toko sayang kalau sampai dipegang-pegang pengunjung. Padahal aku pengen banget coba-coba iPad. Tak apa, masih ada EMAX di Amplas buat coba-coba iPad.

Untuk kesekian kalinya, aku hanya bisa gigit jari dengan produk-produk IT yang ingin aku miliki :hmm: . Maklum, kena penyakit kanker (kantong kering) akut :miskin: . Pasrah aja hanya melihat-lihat, pegang-pegang, dan coba-coba beberapa notebook/netbook dan kamera digital. Dan yang gak bakalan lupa ya ngumpulin brosur.

Sedikit tips buat yang mau belanja di pameran komputer

Tips yang mau aku kasih ini aku khususkan bagi yang cukup mempermasalahkan dengan yang namanya uang yang menyangkut dengan harga. Hari pertama ke pameran komputer kalau bisa cukup melihat-lihat dan mengumpulkan brosur produk (misal notebook) yang ingin kita beli. Dengan brosur di tangan, kita jadi bisa membandingkan harga dari beberapa toko daripada kita harus muter-muter stand ke stand dan cerewet bertanya ini itu. Hari kedua ke pameran komputer baru kita kunjungi stand toko target kita untuk bertanya-tanya mengenai produk yang ingin kita beli. Lalu terserah kita mau beli apa tidak. Pada intinya, dengan melihat brosur terlebih dahulu, tentunya kita punya pandangan stand mana yang produk yang kita ingin beli menawarkan harga yang sedikit lebih murah daripada stand lainnya.

Tak lupa aku berikan sedikit oleh-oleh berupa foto-foto yang aku ambil saat berada di pameran komputer NYE 2011 di JEC.

[spoiler show=”Lihat oleh-oleh”]

[/spoiler]
Untuk pameran komputer mendatang, jadwalnya bisa kamu lihat di http://galuhristyanto.web.id/jadwal-pameran-komputer-indonesia-2011/.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • markoyop

    ke JEC cma liat2 mas, hehe. liat aja dah seneng hehe

    • Sama donk mas. Sekalian nyoba-nyoba barang2 yg dipamerkan.

  • MaRLiF

    maret jadwalnya kira2 tanggal berapa ya mas; aku mau ikutan kalau lihat2 kalau ada waktu;

  • saya kemarin ke pameren cuma untuk beli mouse.. hehe..
    yang epad tu buatan china ya mas,, harganya cuma sekitar 2jt an..
    osnya android
    btw, mas mau pesen kaos blogger indonesia ndak? cek blogku mas..

    • Mouse Rp 15rban ya mas?
      ePad harganya Rp 1,2jt.
      Kapan2 aja deh kaos bloggernya. Makasih udah ditawarin.

  • Saya waktu itu dikasih tahu teman, tapi gak bisa datang ke Jogja karena keluarga di Pemalang gak bisa ditinggal begitu saja, dan tidak mungkin pula diajak. Apa boleh buat, akhirnya cuma bisa memendam keinginan membeli modem CDMA di pameran kompi. ๐Ÿ™

    • Awal bulan Maret ntar ada pameran komputer lagi kok bung. Moga ntar bisa ke Jogja.

  • hmm..kira-kira kolo komputer butut ikut pameran boleh ga yaa ๐Ÿ˜€

  • aku juga suka cari brosur…hehe

  • Dengan mengunjungi pameran IT kita memang bisa mendapatkan informasi dan gambaran yang jelas tentang produk-produk komputer dan aksesoris komputer yang beredar di pasaran. Tulisan yang menarik dan bermanfaat.

  • wahhhhhhh udah lama g ke pameran mas ๐Ÿ˜€

    • Pameran komputer kemarin gak dateng mas? Tenang aja, bulan maret ntar juga ada kok.