Illfill saya dengan salah satu iklan bergambar (flash) dari Google. Gara-gara tuh iklan, kemarin dikira saya pasang gambar “saru” di blog saya ini sama ibu saya. Sontak saya bilang kalau tuh iklan dari si mbah Google. Kalau di klik, saya akan dapet duit dollar. Biar mendramasir, saya buat ilustrasi obrolan saya dari ibu saya ya. Maaf kalau sedikit direkayasa, soalnya lupa ucapan apa saja yang keluar dari saya dan ibu saya. Obrolan saya dengan ibu saya dalam bahasa Jawa, tapi disini saya Indonesia kan.

Ibu : “Itu gambar apaan si? Kok saru gitu?”, sambil liat iklan bergambar ‘temukan Bella Anda‘. [Tau kan iklan yang saya maksud?]

Saya : “Ha?…….. Itu iklan…… iklan dari Google. Kalau di klik dapet duit dollar. Iklannya gonta-ganti kok)” (sambil nunjukin halaman lainnya)

Ibu : “Ow…. Lha di klik sendiri aja, kan dapet duit”

Saya : “Wah, kalau di klik sendiri bisa-bisa kena semprit si mbah Google”

Yah kurang lebih kayak gitulah obrolan saya dengan ibu saya mengenai iklan saru dari si mbah. Garing banget kan?

Gak berapa lama saya cari bacaan tentang iklan yang dianggap saru ini, dan saya menemukan pengalaman dari kaskuser terkait masalah iklan ini di “Gara2 iklan google, ane dikira buka bo**p ma nyokap“.

Sebenarnya saya gak menganggap itu iklan saru karena masih dalam batas “bukan saru”. Toh lebih aman dari iklan memperbesar “?” yang lebih vulgar. Yah…. persepsi orang pasti beda-beda. Tapi saya rasa kalau melihat iklan yang saya maksud ini banyak yang beranggapan kalau iklan ini bisa dibilang saru, terutama bagi perempuan dan siapa saja yang punya pikiran s├ędeng kalau liat tuh iklan, hehehehehe…….. :sorry:

Yah…….. dengan berat hati, akhirnya saya ganti iklan bergambar yang saya maksud dengan iklan text. Menghindari persepsi yang buruk. (Tapi kalau suatu saat nanti saya pasang banner ads lagi trus muncul iklan saru yang saya singgung disini ya mohon maaf). Mungkin gara-gara tuh iklan (bisa dikatakan) saya semakin setia menjadi penghuni tetap lubang “semprit” hitam tempat blog yang kena semprit IBN terkait masalah melanggar TOS, selain pelanggaran lainnya di daftar TOS yang menjlimet (menurut saya yang seorang newbie dan kagak pintar-pintar amat lho!). Tapi saya gak berharap lebih kok keluar dari lubang semprit IBN yang katanya kalau melanggar TOS bakal dideportase ke lubang semprit selama 3 bulan. Biarlah gak apa-apa gak dapet iklan dan job review dari IBN. Toh rejeki bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Setuju? Lagian saya juga gak gak terlalu antusias untuk meminta jatah rejeki, kalau kebagian rejeki ya syukur alhamdulillah saya terima, kalau enggak ya sabar menanti. Masih banyak sumber rejeki lainnya dari berbagai tempat yang tak terduga.

Maaf, iklan yang saya maksud gak saya tampilkan disini. Kalau penasaran dengan iklan yang saya maksud, silakan buka thread di kaskus yang saya sertakan di atas. Iklan yang disebutkan di thread kaskus sebenernya lebih bisa dianggap saru daripada yang saya singgung di blog saya. Melihat dari segi materi iklannya yang lebih vulgar. Di blog saya ukuran Square (250 x 250), sedangkan yang ditunjukkan di thread kaskus ukuran Leaderboard (728 x 90).

Menurut kamu? “Saru” kah iklan yang saya maksudkan disini?

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".