Setelah beberapa waktu lalu di langit kota Jogja disuguhkan fenomena Langit Terbelah, kini fenomena langit di kota Jogja muncul kembali. Fenomena langit terbaru di kota Jogja ini terjadi pada 04 Januari 2011, tepatnya siang hari sekitar pukul 12.00 – 13.00. Aku dapet informasi seputar fenomena langit ini dari temenku dengan ngasih link ke thread Kaskus. Hanya beberapa menit setelah thread tentang fenomena langit di kota Jogja di awal tahun 2011 ini dipublish, ternyata langsung jadi Hot Thread (HT) di Kaskus. Seperti apakah fenomena langit di kota Jogja pada 04 Januari 2011 ini?

Berikut beberapa foto fenomena Langit di kota Jogja yang terjadi pada siang hari (sekitar pukul 12.00 – 13.00) tanggal 04 Januari 2011 yang aku comot dari thread di Kaskus. 

[spoiler show=”Lihat foto Fenomena Langit di Jogja pada 04 Januari 2010″]

[/spoiler]

Fenomena Langit ini dinamakan HALO. HALO yang terlihat melingkari Matahari tersebut sebenarnya merupakan hasil pembelokan cahaya Matahari oleh partikel uap air di atmosfer. Fenomena Langit HALO sering terjadi ketika musim hujan. Ketika musim hujan partikel uap air ada yang naik hingga tinggi sekali di atmosfer, sehingga partikel air ini mampu untuk membelokkan atau membiaskan cahaya Matahari.

Karena fenomena langit HALO ini terjadi pada siang hari, saat posisi Matahari sedang tegak lurus terhadap Bumi, maka cahaya yang dibelokkan juga lebih kecil. Inilah yang menyebabkan tampak seperti lingkaran gelap atau pelangi di sekeliling Matahari.

Fenomena ini sebenarnya sama saja dengan proses terbentuknya pelangi pada pagi atau sore hari setelah hujan. Lengkungan pelangi sering terlihat di bagian bawah cakrawala karena partikel uap air yang membelokkan cahaya Matahari berkumpul di bagian bawah atmosfer. Di sisi lain, pada pagi atau sore hari Matahari pun masih berada pada sudut yang rendah.

Melihat fenomena ini, jangan disangkutpautkan dengan pertanda-pertanda ya. Banyak hal yang terjadi yang ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah lho. Seperti waktu fenomena Langit Terbelah, ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Aneh-aneh aja kalau sampai ada yang langsung menyimpulkan bahwa fenomena tersebut adalah pertanda hal buruk akan terjadi. Alangkah baiknya kita berpikir secara logis. Jangan langsung menyimpulkan segala sesuatu itu berhubungan dengan suatu pertanda atau hal mistis.

Adanya fenomena langit HALO ini, itung-itung anggaplah sebagai rejeki dari Tuhan karena kita menyaksikan Maha Karya Tuhan yang tiada duanya yang hanya terjadi ketika musim hujan saja. Bagi yang menyaksikan tentunya. Sayangnya aku gak menyaksikan secara langsung fenomena ini, sebab aku lagi gak berada di Jogja. Belum rejekiku menyaksikan Maha Karya Tuhan yang satu ini.

[spoiler show=”Contekan”]http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6509032[/spoiler]

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • amrikarisma

    kayak pelangi ya gan.. cuma ini kelihatan sekali melingkari matahari..

  • r10

    fenomena yg menarik, sayang saya belum pernah lihat langsung

    (komen saya masuk ga yah?)

  • julicavero

    gimana sob…terjadi ga fenomena ini?khususnya bagi sobat yg di yogjA?

  • saya kemaren juga liat fenomena ni mas. wuihh keren banget,,, untung pas di rumah jadi bs pake sunglassess,,
    mas galuh gak pas di jogja tooh?

  • DikMa

    semoga hanya fenomena biasa saja ya sob..

  • aming

    semoga bukan sesuatu yang buruk lah,
    secara ane juga belum pernah secara live liat halo

    • PB

      liat gambarnya dah serasa live kang aming 😀

  • Nice Post. Well explained. [Ada contekannya ia,,,, 😛 ] Meski agak silau, tapi senang juga bisa melihat fenomena Alam yang seperti ini. Aku ngeliatnya sekitar jam 10.30 -an.
    Setelah mengalami gempa, melihat langit terbelah, dan hujan kerikil beberapa waktu lalu, ini adalah salah satu kebesaran yang Allah SWT tunjukkan untuk masyarakat jogja. Dan yang ini termasuk salah satu fenomena yang indah tentunya,,,Subhanallah. Keren sekali. =D

    • Posisi lagi Kudus, jadi gak mungkin klo gak nyontek soal berita ini.
      Nice commnet Dita. Fenomena-fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa Allah SWT sedang memberikan perhatikan ke kita. Aku jadi pengen liat secara langsung :hmm2:

  • Sandro Yosua

    Pertanda apakah ini?

    • Pertanda Jogja semakin damai, tentram, makmur, dan sejahtera.

      • Sandro Yosua

        AMIN