Hei kawan, tau gak kalau sekarang usaha webhosting semakin bejibun banyaknya? Mulai dari yang skala mikro sampai makro, dan mulai dari skala global sampai lokal. Ini semua dikarenakan tingkat pengguna internet yang semakin tinggi dan juga minat untuk buka usaha toko online atau sekedar memiliki blog juga semakin tinggi. Otomatis persaingan pasar webhosting jadi semakin meningkat.

Aku gak muluk-muluk deh sampai ngomongin webhosting skala global, cukup webhosting Indonesia aja ya, yaitu IDwebhost.com. Tapi sebelumnya aku ingin bercerita dulu mengenai awal mula aku ikutan blogging.

Tak Kenal Maka Tak Sayang (Awal Terjun ke Dunia Blogging)

Aku mengenal dunia blogging sejak tahun 2007. Waktu itu belum benar-benar tau yang namanya custom blogging lebih jauh. Pertama blogging awalnya iseng, pengen sekedar mencicipi senikmat apa si sajian dari kegiatan blogging? (ternyata nikmat lho….) Baru mulai tahun 2009 aku mulai sedikit serius punya blog yang selalu aku urus, rawat, jaga, sayang, dan cinta. Pertama kali tentunya mencicipi yang gratisan dulu alias pakai Blogspot (Blogger).

Dari kegiatanku blogwalking dan cari referensi sana sini di internet, akhirnya aku mengenal kegiatan blogging dalam skala luas. Aku jadi tahu apa itu domain, hosting dan juga yang mengelola domain dan hosting, yaitu webhosting. Dari kegiatan blogwalking, aku sedikit iri dengan beberapa narablog yang mempunyai blog yang di host sendiri. Selain itu juga karena ketertarikanku dengan WordPress yang hanya bisa di custom lebih jauh kalau pakai WordPress yang self-hosted (hosting sendiri). Meski aku ini seorang mahasiswa IT, bukan berarti pada waktu itu aku diajari mengenal dunia blogging. Aku tau dunia blogging murni kegiatanku menjelajah dunia internet.

Aku yang mulanya menikmati menjadi blogger ‘gratisan‘ karena memakai Blogspot (Blogger), akhirnya aku nekat menggunakan uang sakuku yang tak seberapa untuk naik level menjadi blogger ‘premium‘ dengan membeli domain dan hosting. Sebelumnya aku minta maaf kalau ada yang kurang berkenan dengan kata-kataku blogger ‘gratisan‘ karena menggunakan Blogspot (Blogger). Just my statement. Aku saat ini juga mengurusi blog di Blogspot (Blogger) kok. Yang bisa jadi penilaian adalah kualitas konten kita dan semangat kita untuk blogging. Setuju?

Workshop IDwebhostSingkat cerita, aku putuskan untuk menyewa domain galuhristyanto.web.id (blog ini). Aku putuskan menyewa di IDwebhost.com daripada di Pandi yang mengelola domain Indonesia.id“. Meski di IDwebhost.com harga domain .web.id Rp 35.000/tahun yang ternyata lebih mahal Rp 10.000 daripada di Pandi (pengelola domain .id), tapi aku gak menyesal. Malah beruntung. Kenapa? Karena aku dapet banyak ilmu dari IDwebhost.com dari bertanya-tanya hal teknis seputar webhosting. Selain itu yang bikin aku sangat beruntung yaitu aku yang sebagai member IDwebhost.com mendapat harga khusus alias diskon untuk mengikuti workshop seputar ngeblog yang bertemakan Ngeblog Cari Duit, Why Not? dari acara ulang tahun IDwebhost.com tahun kemarin (2010). Cuma sayangnya, kenapa ya tahun ini kok gak ada workshop serupa? Teman-temanku yang aku ajak ikut workshop tahun kemarin sangat puas, dan menantikan acara serupa kembali. Ayo donk IDwebhost.com, adain workshop lagi!!!

Pada waktu aku menyewa galuhristyanto.web.id di IDwebhost.com, aku tidak serta merta juga menyewa hostingnya. Karena dana yang ada terbatas, makanya aku cari yang lebih murah dari IDwebhost.com. Emang ada? Tentu ada donk, tapi aku sangat menyesal menyewa hosting di tempat itu. Karena pelayanannya sangat kurang, CS-nya susah dihubungi, dan server sering down (bahkan pernah seminggu blog ini gak bisa diakses). Hosting tersebut emang murah, tapi ternyata ‘maaf’ murahan. Setelah bertahan sampai masa sewa hampir habis, akhirnya aku pindah hosting. Di hosting yang baru sangat memuaskan, cuma sayang, setelah aku hitung-hitung ternyata mahal, gak sesuai dengan dana yang aku punya. Maklum, aku bukan orang yang banyak duit :miskin: , jadi mesti perhitungan. Di hosting yang baru tersebut aku cuma sewa 6 bulan, setelah masa sewa habis, pindah lagi. Sampai saat ini aku udah pakai layanan dari 3 webhosting yang berbeda. Aku gak tau apakah nantinya aku akan pindah hosting lagi. Kecuali kalau ada yang lebih baik ya perlu dipertimbangkan. Webhosting sama aja dengan jenis produk yang lainnya, tentunya ada yang bagus dan ada yang kurang, pintar-pintar kita aja mempertimbangkannya.

Benarkah IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia?

Beberapa hari ini aku menemui topik mengenai IDwebhost.com Tren Hosting Indonesia dari teman-teman narablog. Berhubung aku ini belum menjadi pelanggan IDwebhost.com untuk produk hosting (aku baru jadi pelanggan IDwebhost.com untuk produk domain), aku jadi sedikit menyangsikannya. Enaknya percaya gak ya kalau IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia? Perlu dicari tau neh, apakah pantas IDwebhost.com menjadi tren hosting di Indonesia.

Menilai IDwebhost dari 5 Aspek Versi Galuh Ristyanto

Biasanya, aku menilai dan menetukan pilihan web hosting berdasarkan 5 aspek, yaitu kualitas, harga, pelayanan, testimonial konsumen, dan masa berkiprah. Yuk bahas satu persatu biar pada tau.

Cara memilih webhosting yang baik dan benar. Apakah IDwebhost pantas untuk dipertimbangkan?

1. Kualitas

[spoiler show=”Selengkapnya”]Kualitas adalah hal yang paling mutlak dan nomor satu. Kalau kualitas buruk tentunya pelanggan akan pindah ke lain hati (DIJAMIN, aku udah membuktikan pernah memakai yang kualitasnya jelek). Apakah IDwebhost.com berkualitas?

Biasanya aku menilai kualitas suatu webhosting berdasarkan data statistik dari webhosting.info. Meski gak terlalu bisa dipertanggungjawabkan penilaiannya, tapi tetap saja kita perlu pedoman untuk menentukan pilihan mana saja webhosting terbaik.

Berikut 15 besar webhosting terbaik di Indonesia berdasarkan data dari webhosting.info:

Selengkapnya : http://www.webhosting.info/webhosts/tophosts/Country/ID

Urutan pertama dan kedua sebenarnya diisi oleh perusahaan yang sama, cuma memiliki dua domain yang berbeda. Jadi, IDwebhost.com berada di posisi kedua webhosting terbaik di Indonesia. Melihat data di atas, apakah IDwebhost termasuk yang berkualitas? Gak mungkin kan webhosting.info menampilkan perusahaan webhosting yang gak berkualitas di posisi 15 besar terbaik.

Bolehlah kualitas IDwebhost jadi pertimbangan.

Selain menilai kualitas webhosting berdasarkan data statistik dari webhsoting.info, aku juga menilai kualitas webhosting berdasarkan testimonial dari pelanggan (konsumen).

[/spoiler]

2. Harga

[spoiler show=”Selengkapnya”]

Harga akan menjadi pertimbangan bagi yang memiliki dana terbatas. Seperti aku tentunya. Dari data statistik webhosting.info, aku bandingkan harga beserta fasilitas dan fitur yang ditawarkan. Sesuaikan dengan dana yang kita sediakan tentunya. Karena di artikel ini aku fokus membahas tentang IDwebhost.com, mari kita lihat apa saja yang ditawarkan oleh IDwebhost.com yang patut menjadi pertimbangan.

Harga Domain

Harga domain termurah adalah Rp 35.000/tahun untuk domain .web.id. Harga ini belum berubah semenjak aku beli domain galuhristyanto.web.id dipertengahan tahun 2009 di IDwebhost.com. Domain TLD .com (yang paling laris) cuma Rp 89.000/tahun. Aku rasa ini lebih murah dari webhosting lainnya (gak tau kalau ada yg lebih murah yang bukan harga promo). Aku merekomendasikan untuk menggunakan domain murah .web.id untuk blog personal (pribadi). Selain yang paling murah, mari kita tingkatkan per-domain-an Indonesia.

Harga Hosting

Selengkapnya : http://idwebhost.com/Hosting_Web_Hosting

Paket hosting murah di IDwebhost.com bisa kita dapatkan mulai dari Rp 1000/bulan atau Rp 12.000/tahun, paket tersebut adalah paket Hosting idPersonal dengan space 10 MB plus dengan fitur yang terbatas lainnya tentunya. Aku rasa cukup untuk yang sekedar ingin coba-coba mengenal dunia blogging dengan hosting sendiri. Cuma sayangnya, minimum kontraknya 12 bulan. 3 bulan ngeblog pasti kita akan butuh space yang lebih besar. 10 MB pasti gak akan cukup, apalagi kalau kita install WordPress yang butuh space sekitar 7 MB untuk instalasi awal. Tinggal sekitar 2 MB pasti gak akan cukup untuk sebulan jika rutin ngeblog. Mau gak mau upgrade pastinya. Kalau kita upgrade sebelum masa sewa 12 bulan habis tentunya kita akan rugi beberapa ribu Rupiah. Hadeeh….hadeehh.. :heh?: cuma beberapa ribu Rupiah diperhitungkan. Eit.. tetap aja uang kan? :sempoa:

Bolehlah memakai paket Hosting idPersonal yang paling murah ini untuk sekedar coba-coba mengenal hosting lebih jauh dan mencicipi menjadi blogger ‘premium‘ dengan biaya terjangkau. Tapi untuk yang bener-bener ingin serius untuk berblogging ria, aku sarankan untuk memilih paket Hosting idMedium dengan biaya Rp 20.000/bulan dulu. Dengan space 200 MB dan bandwidth 10 GB/bulan, pasti cukup untuk satu tahun. Aku aja dulu satu blog dalam setahun belum sampai pakai space lebih dari 150 MB. Kecuali jika banyak file yang akan kamu upload, jelas akan kurang. Kalau dirasa kurang ya bisa upgrade. Lagian minimum kontrak untuk paket Hosting idMedium cuma 6 bulan.

Buat yang bertaraf corporate tentunya ingin yang serba unlimited. Di IDwebhost.com menawarkan paket Unlimited Hosting dengan biaya Rp 49.000/bulan. Cukup murah bagiku dibandingkan webhosting lainnya yang ada sampai Rp 1 jtan per tahun.

Aku pilih yang paket hosting mana ya? Ntar deh aku pikir-pikir lagi kalau aku ada dana lebih, hehehehe….. :swt2:

Itung-itungan soal harga, bolehlah IDwebhost.com jadi pertimbangan.

[/spoiler]

3. Pelayanan

[spoiler show=”Selengkapnya”]Kita akan sangat terbantu saat mengalami masalah terkait hosting dengan adanya pelayanan CS (Customer Service) yang selalu online. Masalah yang terjadi di hosting siapa lagi kalau bukan pihak hosting yang membantu menyelesaikan masalah. Kalau CS-nya jarang online, tentunya kita akan sulit untuk meminta bantuan. Di hosting yang saat ini aku pakai CS-nya hanya online di jam kerja, di luar jam kerja kita harus submit tiket. Repot pokoknya kalau masalah pada hosting kita benar-benar gawat dan kita membutuhkan bantuan pihak hosting sesegera mungkin.

Pertama kali aku memutuskan pilihan sewa domain galuhristyanto.web.id di IDwebhost.com adalah karena CS-nya (pelayanannya). Belum jadi pelanggan aja aku dah tanya ini itu dan semuanya direspon dengan baik. Meski lebih mahal Rp 10.000 dari pengelola domain id (Pandi), menurutku gak masalah, karena aku udah dapet pelayanan yang memuaskan dari IDwebhost.com.

Soal pelayanan IDwebhost.com gak perlu dipertimbangkan lagi. CS-nya selalu online dan selalu di respon dengan baik.

[/spoiler]

4. Testimonial Pelanggan

[spoiler show=”Selengkapnya”]Testimonial pelanggan bagiku adalah pendukung untuk menilai suatu kualitas. Apakah ada yang komplain atau banyak yang puas? Aku rasa setiap webhosting memiliki pelanggan yang komplain. Tergantung bagaimana pihak webhosting sesegera mungkin berbenah diri.

Biasanya aku mencari testimonial dari webhosting yang bersangkutan melalui situs resminya, forum, dan searching di Google. Aku ingin mencari tau bagaimana Suara Pelanggan terhadap webhosting yang dipakai.

Untuk IDwehost.com, banyak yang ngasih testimonial ‘kepuasan’.

Wow, lihat tuh testimonial pelanggan yang udah 6 tahun menggunakan IDwebhost.com.

Testimonial lainnya bisa dilihat di http://idwebhost.com/Hosting_Testimonial.

Berdasarkan testimonial-testimonial yang ada, bolehlah IDwebhost.com kita pertimbangkan.

[/spoiler]

5. Masa Berkiprah

[spoiler show=”Selengkapnya”]Webhosting yang sangat berkualitas pastinya sudah berpengalaman di bidangnya. Biasanya orang yang udah paham dengan dunia hosting pasti akan lebih memilih webhosting yang berpengalaman ketimbang webhosting yang baru berkiprah. Aku biasanya mencari webhosting yang sudah berumur minimal 3 tahun. IDwebhost.com sendiri sudah berkiprah sejak tahun 2003. Sudah sangat berpengalaman dalam dunia webhosting pastinya.

IDwebhost.com gak perlu diragukan lagi donk, sudah sangat berpengalaman gitu.

[/spoiler]

Wow… panjang banget ya artikel ini. Masih sanggup bacanya? Yuk lanjut lagi, tinggal dikit kok. Gak nyesel pokoknya kalau dilanjutin bacanya.

5 aspek dalam memilih webhosting yang baik dan benar versi Galuh Ristyanto di atas ternyata dipenuhi oleh IDwebhost.com. Lantas apakah IDwebhost.com layak disebut Trend Hosting Indonesia? Meski aku ini hanya sekedar pelanggan domain di IDwebhost.com, dan belum merasakan nikmatnya berhosting ria di IDwebhost.com, aku rasa IDwebhost.com memang layak menjadi Trend Hosting Indonesia. Ini bukan promosi lho!!! Cuma merekomendasikan saja.

Alasan Galuh Ristyanto menyatakan bahwa IDwebhost.com layak menjadi Trend Hosting Indonesia

Alasan IDwebhost.com layak menjadi Trend Hosting Indonesia menurutku selain dari 5 aspek di atas yang dipenuhi oleh IDwebhost.com, juga karena promo-promonya. IDwebhost.com aku lihat gak pernah absen ikut merayakan hari-hari perayaan. Ulang tahun ngasih promo, tahun baru ngasih promo, IMLEK ngasih promo. Promo mulu jelas memanjakan pelanggan. Enak je pokoknya ada promo mulu. Siapa yang gak mau promo yang jelas-jelas ngasih plus-plus? Promo IDwebhost.com biasanya ngasih harga murah, bahkan undian berhadiah.

Promo-promo yang sering diberikan IDwebhost.com inilah yang menurutku layak menjadikan IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia. Dengan adanya promo, jadi gak kaku dalam menawarkan produk-produknya. Apalagi promo berhadiah, wuih… banyak yang nyari tuh. Kayak tahun kemarin yang bagi-bagi motor segala. Joss gandoss pokoknya.

Beberapa Promo yang pernah IDwebhost.com keluarkan:

Gak ada salahnya neh melirik IDwebhost.com dan mempertimbangkannya matang-matang. Pilih dan coblos IDwebhost agar menjadi yang terbaik dan selalu menjadi Trend Hosting terbaik Indonesia. Kayak Pemilu aja, hehehehe…… 😆 Kalau ada dana lebih, sesegera mungkin aku juga akan menjadi bagian dari pelanggan yang menikmati hosting di IDwebhost.com. Saat ini jadi pelanggan domain dulu yee… Aku udah hampir dua tahun lho menjadi pelanggan domain di IDwebhost.com. Domain-domainku lainnya rencana juga mau aku borong ke IDwebhost.com semua. Biar gampang manajemennya.

Ssstt… ini rahasia, menu untuk user IDwebhost.com berbeda dari webhosting lainnya yang pernah aku jumpai. Tampilannya lebih user friendly. Mau lihat?

[spoiler show=”Ngintip dikit donk!”][/spoiler]

Maaf neh artikel kali ini puanjang buanget. Biar detail gitu, gak setengah-tengah jelasinnya, apalagi sampai dibuat Part 1, Part 2, dan seterusnya. Kebiasaanku kalau lagi mereview sesuatu pasti ingin yang mendetail.

Makasih buat teman-teman yang bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini dari kata pertama di paragraf pertama sampai kata terakhir di paragraf terakhir. Kesimpulan dari artikel ini, aku percaya kalau IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia.

Update 12 Maret 2011

Sepak terjang IDwebhost dalam menangani para pelanggannya bisa kamu lihat di Facebook Page IDwebhost.com. Di sana terkadang menginformasikan beberapa hal seputar IDwebhost, seperti : pemberitahuan promo, pemberitahuan maintenance server, permintaan maaf ketika server sedang bermasalah dan sedang di maintenance, tanya jawab dengan pelanggan, mendengar keluh kesah pelanggan, dll. Facebook Page IDwebhost.com ini tentunya akan sangat berguna jika pelanggan tidak sedang online chat-nya. Kalau memerlukan bantuan atau tanya-tanya dengan IDwebhost, tinggal akses Facebook dan buka Facebook Page IDwebhost. Buka Facebook di 0.facebook.com kan gratis (operator tertentu).

Rekomendasi…. rekomendasi….rekomendasi….. :megaphone:

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • Jos Ariez

    artikelnya Mantab… memang klu hanya sewa domain di IDwebhost jarang ada masalah… tapi kalau hosting sering banyak masalah.. Maaf.. pengalaman website klien saya sering silih berganti terjadi server down, tidak dapat diakses, akses lama, membuat kerugian bagi saya + klien. Karena saya pemain SEO. setelah kita kerja keras memaintenance web sampai halaman pertama. Akhirnya jatuh dan turun lagi. itu yang merugikan waktu. Akhir nya pelan-pelan saya pindahkan ke hosting tetangga…heee dan hampir tdk pernah terjadi server down atau tidak sama sekali. Website lancar dan posisi di google semakin naik…”Bayangkan saja.. saat konsumen mencari di Google dan akhirnya menemukan website kita, kemungkinan konsumen pasti akan telp dan order ke website tsbt. Tapi kalau web tdk dapat dibuka / lama banget bukanya, itu brarti kita kehilangan konsumen dan kehilangan omset kita” jadi saya sarankan untuk pemain SEO, marketing online harap menggukanan jasa hosting yg stabil. Mudah”an IDwebhost semakin baik dlm teknisnya..memperbaiki sbagi hosting Trend. kepuasan konsumen / pelanggan yang paling berharga.

  • lebih enak lagi dan tamah percaya..

    ane dikasih free 1 thn domain :D~

    just kiding

  • Jadi penasaran pengen merasakan pelayanan kerennya nih 😀

  • Saymarki

    ijin nyimak gan, ikut gelar tikar 😀

  • Age Tok

    Iya mas, setahuku Idwebhost emang udah terkenal banget. Pelayanannya katanya memuaskan. Tahu deh, aku juga blum pernah nyoba.. hehehe

  • BangngangaN.com

    Wah saya juga blogger kalong,Mas. hanya sempat melakukan blogwalking diatas jam 12 malam.hehee. Semoga menang,Mas. Artikel sampean memang udah super lengkap banget soalnya.

    • Aku udah jarang blogwalking mas. Koneksi sering cenat cenut soalnya, jadi mendingan buka detik.com aja.
      Amiinn…. Makasih dukungannya mas.

    • Java Nature

      yaahhh,,, harap maklum aja mas… pengennya blogwalking, tapi koneksi internet kita kan nggk ada yg wues2… paling sekarang yg cepet itu produk2 CDMA… tapi sinyalnya yg nggk ada di daerah ku hehehehe

      • Kendala dalam ber-blogwalking ria emang koneksi mas. Kalau koneksi lemot, jadinya ya jarang blogwalking, alhasil dikit punya temen blogger.
        Aku ini pke CDMA mas. Tapi ya tetep aja lemot meski sinyal full, maklum juga c pke yang 153 Kbps.

  • Firaun NgebLoG

    moga sukse yach gan…. 😀

  • Baru nyadar kalau ternyata ada beberapa kewajiban peserta kontes yang belum aku jalankan. Moga masih sempat untuk memperbaiki dan belum dinilai ketika perbaikan belum aku lakukan.

  • Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World

    percaya ga percaya dech :p hehehe…..
    gutlak yach…

    • Firaun NgebLoG

      ya harus percaya donk…
      idwebhost kan webhosting indonesia yang terbaik,
      ane juga pake tuch :p hehehe

  • mantab, reviewnya detail sekali mas..
    mudah-mudahan bisa menang,, saya juga ikutan loh.. hehe 😀

  • aziz

    saya juga mengikuti cerita sejarahnya mas galuh. bedanya sekarang saya masih kekurangan informasi untuk mengoptimalkan blog. tanya-tanya ke teman juga belum mudeng. ya sudah lah, keep trying, pengennya banyak pengunjung kaya gini. sampe ikut kontes segala. Amin…!!!

    • Aku dari dulu sampai sekarang lebih banyak bertanya dan cari informasi dari google atau beberapa blog yang aku subscribe. Ke Forum jarang.
      Yap, keep trying. Ntar lama2 juga dapet banyak informasi. Sukses ya.

  • wah., ane belum punya uang untuk merubah blog..
    tapi belajar dulu gak pa pa dah hehe…

  • kontess truss…

    mantaap

  • Abdul Hakim

    semoga sukses kontesnya mas…. saya akui supportnya idwebhost cepat dan tanggap, karena domain saya ini ada di sana

  • MaRLiF

    artikelnya sangat jelas bang galuh; terima kasih ini bisa buat pertimbangan karena saya belum pernah beli hosting; maklumlah masih pakai blogspot.hehe

  • MAntap artikelnya.. 😀
    Semoga suses…

    Cuma hosting berkualitas rata – rata masih mahal biayana… : :swt2:

    • Amin. Sukses juga mas.

      Ya daripada murah tapi murahan. Aku udah pernah terjerumus hosting murahan mas. Kapok. Mendingan pilih yg terbaik meski lebih mahal dikit.

  • Idwebhost emang lengkap banget..

  • mantaf reviewnya, kayaknya calon pemenang nih? hehe

  • Online Information Blog

    percaya nggk ya??? hehehe… tapi aku jg salah satu customer mereka kok… pelayanannya enak sih… sukses trus buat IDwebhost

  • Newport Beach Houses

    Saya juga ikut lomba ini,dapet email dari idwebhost jadi aja ikut ngeramein.semoga menang mas :senyum:

  • kamaropini

    wah2, dimana2 ikut kompetisi ini, mantab… semoga menang.

  • Wawan Herdianto

    Terimakasih atas informasinya, bahan belajar buat saya yang masih baru

  • Mr.Coffee

    hmm.. jd tertarik untuk mencoba..
    semoga yg disampaikan di post ini adalah kebenaran..

    • Kalau ragu, silakan coba riset kembali dan cari tau apa kata pelanggan dari forum dan searching di Google. Berpegang pada 5 aspek seperti di atas ya.
      Semua webhosting pasti punya permasalahan dan komplain kok (paling sering mengenai up time server yang terkadang down). Tergantung bagaimana pihak webhosting mengatasinya.

  • 16 September

    review yang detail dan teliti, terima kasih reviewnya (bukan IDwebhost)

    • Hahahaha…. Nyonto komentar di bawah………….. 😆 😆 😆

  • Weleh, weleh, weleh, panjang amir, Bung?
    Hmmm, meski capek matanya, tapi puas banget saya baca review ini. Komplit!
    Panjangnya, komplitnya, sudah jadi juara, Bung! 😀

    • Bakso komplit bung? Baca dari kata pertama paragraf pertama sampai kata terakhir paragraf terakhir gak bung?
      Amin amin amin bung. Sama2 jadi juara bung.

  • krisna

    percaya ga percaya, tapi ane lebih percaya sama hosting luar negeri bro ! hehe

    • Ini kan aku ngomongin hosting di Indonesia.
      Klo hosting di luar negeri kendalanya dalam bahasa. Klo kita bisa bahasa Inggris c gpp. Klo kita gagu bahasa Inggris-nya terus mau bantuan menyelesaikan permasalahan di hosting terus gimana? Repot kan. Aku puas kok dengan webhosting dalam negeri.

  • ekaraharja

    Wah…ini kayaknya yang menjadi pemenang pertama lho…
    Artikelnya kuereeeeeennnn…
    saya juga ikutan sob, tapi artikelnya gak sehebat ini….
    :tepuktangan: :tepuktangan: :tepuktangan:
    walopun belum diumumin ane ucapin selamat…
    Moga menjadi pemenang, dan yang terpenting, bermanfaat bagi para naraweb/narablog pemula yang berusaha untuk sedikit lebih serius dalam dunia blogging…
    :salaman: :salaman: :salaman:

    • Masa si mas?
      Jangan pesimis mas. Kan masih dalam tahap penjurian. Harus tetap optimis.
      Saya aminin aja deh doa sampeyan. Semoga sampeyan juga menang.
      Makasih ya……

  • saya doakan menang mas.. sukses terus.. go go go

  • moga menang ya bozz 😀

  • Mr B

    nice artikel…

  • review yang detail dan teliti, terima kasih reviewnya (IDwebhost)

    • Terima kasih kembali sudah berkunjung dan memberikan komentar.

    • @hanafi ente bukannya csnya IDwebhost yak .. hehehe, wahh udah ada sidak langsung … calon nominasi kayaknya @galuh …. gue juga pake IDwebhost karena salah satunya bisa ngerecokin si @hanafi tengah malem kalo ada kendala … langsung di beresin

      • Amin………
        Berarti si @hanafi dedemit donk 😆 kerjanya malem-malem. Tapi mantab, daripada tempat lain yg biasanya malem dah pada tutup.