compositioCompositio merupakan WordPress Theme gratis keluaran dari Design Diseas. Theme yang didominasi warna biru dengan background bercorak random bentuk persegi ini terdiri dari dua kolom. Desainnya benar-benar menarik, unik, fresh, cool, apa lagi ya? 

compositio

Fitur khusus yang ada adalah penggantian logo. Kamu bisa menggunakan logo atau text untuk judul blog. Default logonya adalah logo bawaan dengan tulisan Compositio (seperti gambar di atas). Untuk mengganti logo dengan logo buatan kamu sendiri, sebelumnya kamu harus mengupload logo kamu yang berekstensi .png di folder Compositio theme, dan beri nama logo kamu dengan nama logo.png. Ukuran yang pas untuk logo adalah max 590px/85px. Setelah mengupload logo kamu, aktifkan logo kamu di Administration Panel > Appearance > Logo Options, pada Select Logo Type pilih Image Logo.

Ada widget Recent Posts, Recent Comments, Tags dalam satu tab yang siap pakai. Widget lainnya ada Categories dan Archives yang posisinya berada dalam satu kolom yang dibagi menjadi dua.

Compositio theme sudah menggunakan beberapa plugin yang sudah terintegrasi ke dalam function.php. Plugin yang disarankan untuk ditambahkan adalah plugin FlickrRSS yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan foto-foto di Flickr kamu di sidebar (Photostream). Jika tidak ingin menampilkan FlickrRSS, kamu bisa tidak menggunakannya, dan sebaiknya edit sedikit script di sidebar.php untuk menghilangkan fungsi dari sidebar untuk FlickrRSS ini.

About yang terdapat di sidebar tidak tersedia menu khusus untuk mengubahnya. Kamu hanya bisa mengubahnya melalui source code-nya di sidebar.php.

Kekurangan Compositio Theme

Kekurangan yang ada terletak pada sistem komentarnya. Meski sistem komentarnya sudah bagus dalam segi tampilan, tapi tidak bisa menampilkan komentar secara threaded, atau saling balas. Solusinya, kamu bisa mengganti sistem komentarnya dengan sistem komentar Disqus atau Intense Debate.

Lisensi

Compositio theme berlisensi Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 License, yang berarti kamu dapat menggunakannya dan membuat perubahan apapun yang kamu suka, hanya saja sebaiknya kamu tidak menghapus kredit pada footer untuk menghargai kerja desainer.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".