• facebook
  • instagram
  • twitter
  • youtube
  • rss
  • mail

AIMP Free Audio Player, Alternatif Music Player Pengganti Winamp

AIMP3 AIMP Free Audio Player, Alternatif Music Player Pengganti WinampAIMP Free Audio (Music) Player merupakan software gratis untuk memutar file audio atau musik. Kebanyakan dari pengguna OS Windows lebih familiar dengan Winamp untuk memutar file audio atau musik, karena Winamp lebih dikenal dan lebih dulu hadir daripada AIMP.

Software buatan developer Rusia ini gak kalah hebatnya dengan Winamp. Menurutku AIMP lebih bagus dalam beberapa hal daripada Winamp. Sebenarnya AIMP tidak bisa dibanding-bandingkan secara keseluruhan fitur dengan Winamp. Mengingat AIMP hanya merupakan software audio player yang hanya bisa memutar file-file audio (musik atau mp3 atau sejenisnya), sedangkan Winamp merupakan media player yang selain bisa memutar file audio juga bisa memutar file video.

Awal mula mempunyai komputer aku taunya software untuk memutar file musik yang terkenal adalah Winamp. Lambat laun gak lama setelah itu, sekitar tahun 2008, aku mulai mengenal AIMP. Kesan pertama mencoba AIMP, aku langsung suka karena beberapa keunggulan yang dimiliki AIMP ketimbang Winamp sebagai aplikasi audio (music) player.

Kelebihan AIMP Audio (Music) Player

  • File installasi yang cukup kecil. Ukuran file installasi-nya 5.72 MB berupa file archive .zip (untuk versi AIMP v3.00 beta 1 Build 861, release 01 April 2011).
    File installasi-nya lebih kecil dibandingkan Winamp yang ukurannya sekitar 15 MB.
    Sedangkan space harddisk yang dibutuhkan untuk installasi AIMP sebanyak 15.80 MB (untuk versi AIMP v3.00 beta 1 Build 861, release 01 April 2011).
  • Skin untuk merubah tampilan AIMP cukup banyak dan keren-keren.
  • Terdapat fasilitas multi-playlist, dimana kita bisa membuat banyak kelompok playlist.
  • Terdapat fitur Audio Library, Advanced Tag Editor (untuk memudahkan mengedit atribut name file audio), Internet Radio Browser (untuk mendengarkan internet radio).
  • Dukungan plugins untuk berbagai fungsi, salah satunya visualization.
  • Ketika kita langsung men-double klik file audio (musik) untuk dijalankan dengan Winamp, playlist sebelumnya akan terhapus. Hal ini tidak terjadi di AIMP. Setiap file audio yang langsung kita klik akan masuk ke dalam playlist default, playlist yang sebelumnya kita buat tidak akan terhapus.
    Terhapusnya playlist di Winamp setiap menjalankan langsung file audio aku rasakan sebagai gangguan ketika dulu masih menggunakan Winamp. Untuk Winamp versi terbaru aku kurang tau apakah sudah diperbarui masalah playlist yang satu ini.
  • GRATIS / FREE.

AIMP VS Winamp

Kalau AIMP dibandingkan dengan Winamp secara keseluruhan fitur, jelas Winamp memiliki lebih banyak fitur daripada AIMP, karena fungsi utama keseluruhan dari kedua aplikasi ini berbeda. Salah satu fitur yang paling mencolok yang tidak dimiliki AIMP dibandingkan Winamp yaitu AIMP tidak bisa menjalankan file video karena AIMP hanya sebagai aplikasi audio player. Winamp akan sebanding jika dibandingkan dengan iTunes untuk keseluruhan fitur.

Lagipula untuk memutar video, sepertinya jarang yang menggunakan Winamp. Kebanyakan menggunakan K-Lite Codec Pack (Media Player Classic) atau jenis video player lainnya.

Perbandingan antara AIMP dan Winamp di sini hanya ditekankan pada posisinya sebagai aplikasi pemutar musik (file audio).

Beberapa Tampilan Skin AIMP

AIMP3 Default Skin Pandemic AIMP Free Audio Player, Alternatif Music Player Pengganti Winamp AIMP Winamp Modern Skin AIMP Free Audio Player, Alternatif Music Player Pengganti Winamp

AIMP Black Lineage v.2 Skin AIMP Free Audio Player, Alternatif Music Player Pengganti Winamp AIMP LUMEN Skin AIMP Free Audio Player, Alternatif Music Player Pengganti Winamp

AIMP Big Bento Skin AIMP Free Audio Player, Alternatif Music Player Pengganti Winamp

Sedikit Tips Penggunaan AIMP

Secara default, jika kita me-minimize aplikasi AIMP, tampilan AIMP akan menjadi kecil seperti berikut :

AIMP Black Lineage v.2 Skin Minimize AIMP Free Audio Player, Alternatif Music Player Pengganti Winamp

Tapi aku lebih suka me-minimize aplikasi AIMP yang sedang jalan dengan cara drag atau menggeser AIMP ke arah tepi (kanan atau kiri). Hasilnya AIMP akan menjadi panjang dan ketika kita klik di tempat selain area AIMP, AIMP akan tersembunyi di tepi (kanan atau kiri). Jika ingin menampilkannya, tinggal posisikan kursor mouse ke arah tepi (kanan atau kiri) lalu klik simbol panah yang muncul.

==================================================

Download AIMP di www.aimp.ru.

Untuk skinsnya, kamu gak perlu download satu per satu di situs resmi AIMP. Aku ada beberapa koleksi skins AIMP pilihan sebanyak 37 skin (5.65 MB), yang bisa kamu download di DOWNLOAD SKIN AIMP.

Penjelasan atau diskusi lebih lanjut tentang fitur, komentar pengguna, dll dari AIMP Audio Player, kunjungi Forum Kaskus.

Panggil saja "JAOLE". Member of MaPaLa (Mahasiswa Paling Lama) di salah satu perguruan tinggi swasta di Jogja. Asli wong Kudus. Merokok bukan gaya hidupku.