Kamis, 13 Mei 2010, saya berkesempatan ikut serta dalam seminar yang bertajuk “Visual Studio Community Launch” yang diselenggarakan oleh pihak UGM dan bertempat di Auditorium MM UGM pada pukul 09.00 WIB. Narasumber utama dalam acara ini adalah Luke Hoban, Microsoft Corporation’s Program Manager for Visual Studio 2010, yang diundang secara langsung dari Amerika untuk datang ke Indonesia. Kunjungan Luke Hoban khusus untuk Indonesia, tidak mampir ke negara lain. 

Hanya dengan registration fee Rp 25.000, menurut saya cukup murah untuk kalangan mahaiswa seperti saya, apalagi melihat dari segi fasilitas yang diberikan, terutama ruangan. Ruangan yang dipakai di acara ini bertempat di Auditorium MM UGM. Wuihh… tempatnya seperti ruangan DPR saja atau seperti ruang kuliah di perguruan tinggi ternama di luar negeri (secara, saya pernah melihat ruang kuliah dan jalannya perkuliahan di luar negeri melalui video). Selain itu ada doorprize-nya lagi, yaitu berupa Mobile Phone HTC Touch (senilai Rp 3 jt-an kalau tidak salah). Sayang, bukan saya yang dapat tuh doorprize, padahal berharap banget, hehehehehe….

Apa saja yang dibahas dan saya dapatkan dari acara “Visual Studio Community Launch“? Oke deh saya akan ceritakan disini.

Acara yang berlangsung sekitar delapan jam ini sebenarnya merupakan acara launching kecil-kecilan produk terbaru dari Microsoft, yaitu Visual Studio 2010. Tidak tanggung-tanggung menghadirkan narasumber manager program Visual Studio 2010 dari Microsoft Corporation pusat (Amerika) secara langsung, Luke Hoban. Luke Hoban mempresentasikan atau mengenalkan Visual Studio 2010 kepada para participant. Kegunaannya untuk apakah Visual Studio 2010, dan apa saja yang bisa dilakukan Visual Studio 2010, dijelaskan secara ringkas dan padat oleh Luke Hoban, yang pasti dengan menggunakan Bahasa Inggris yang membuat saya kurang ngerti dan ngantuk, hehehehe.

Selain Luke Hoban, narasumber juga diisi oleh orang Indonesia, saya lupa tidak mencatat siapa saja yang jadi narasumber, hehehe. Selain mengenalkan Visual Studio 2010, dalam acara ini juga diadakan demo web hacking oleh narasumber dari Indonesia. Web yang coba dihack adalah web yang dibuat menggunakan ASP.NET dengan disisipi  JavaScript. Dan ternyata bukan hal mudah menghack web yang menggunakan ASP.NET. Meski target web yang dihack berada di localhost, tapi seru, nambah pengetahuan. Ketika demo web hacking berlangsung dibumbui candaan dari para narasumber yang mendemokan web hacking. Suasana jadi penuh gelak tawa.

Meski saya lelah mencari tempat berlangsungnya acara ini dan pulang dengan berkeringatkan hujan, tapi saya senang jadi participant dalam acara ini. Banyak hal yang saya dapatkan, terutama ‘pengalaman’. Saya juga (maaf buat para pengguna Open Source) jadi cinta dengan produk Microsoft. Kapan ya saya bisa memiliki produk-produk Microsoft yang asli (legal)? Saya pun jadi tahu, perbedaan produk IT (software) yang berbayar dan yang gratis. Yang pasti, banyak keunggulan dari produk yang berbayar. Akan tetapi banyak yang tidak menyadarinya.

Singkat saja cerita saya ini. Maaf point-point dari apa yang disampaikan oleh narasumber tidak saya ceritakan, lupa untuk mencatat, hehehehe, karena sibuk mentranslate dalam pikiran apa yang disampaikan Luke Hoban. Berikut beberapa gambar hasil jepretan saya menggunakan kamera ponsel LG GW300 2MP.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".