status.netStatusNet – Udah pada tau Twitter kan? Itu tuh salah satu jejaring sosial yang sedang laris manis di dunia, termasuk di Indonesia. Saya yakin, kamu pasti termasuk salah satu yang eksis di Twitter. Ngomong-ngomong, pernah terpikirkan gak gimana cara buat jejaring sosial seperti Twitter yang menyebut dirinya sebagai microblogging ini? Mau buat? Tenang aja, dari hasil kegiatan blogwalking, saya menemukan cara gampang membuat jejaring sosial seperti Twitter. Caranya yaitu menggunakan platform yang digunakan seperti Twitter. Nama platform-nya adalah StatusNet.

StatusNet adalah platform untuk microblogging yang berbasis Open Source yang dapat digunakan untuk berbagi dan terhubung secara real-time dalam situs kamu sendiri. Seperti Twitter lah pada intinya. Dengan StatusNet, kamu bisa buat:

1. MicroBlogging atau Social Network (seperti Twitter) sendiri
2. Komunitas sendiri
– itu semua bisa dibuat dengan merk (branding), domain dan hosting sendiri

Kamu bisa buat komunitas teman sekelasmu, teman kuliah, rekan kerja, dll. Keren gak tuh?

Udah banyak yang mencoba menggunakannya, salah satunya yang udah terkenal adalah identi.ca. Untuk cita rasa lokal alias yang dikelola oleh orang Indonesia hadir dengan statusmu.obrol.in dan www.cibinong.net.

StatusNet

Penasaran mau buat juga? Butuh tutorial? Tenang aja, saya udah coba-coba install, tapi di komputerku, di localhost tentunya. Pengennya mau saya install di hosting atau di online-kan, berhubung udah banyak yang buat dan juga takutnya ntar gak keurus ya cukup coba-coba di localhost aja. Untuk install StatusNet di localhost bisa menuju ke artikel Cara Install MicroBlogging Platform “StatusNet” di Localhost.

Sebelum mencoba membuat MicroBlogging seperti Twitter dengan StatusNet, jangan lupa mampir dulu ke http://status.net/ untuk download platformnya.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • Bagus…. dulu pernah coba facebook clone juga… hhehe…

  • Abdul Hakim

    blog sendiri aja jarang ke urus apalagi ngurusin microblogging, repot belom beli domain, sewa hosting :cerutu:
    salam kenal mas,

    • Betul mas. Makanya aku cuma sekedar coba-coba di localhost

  • arafi

    keren bgt..baru tau,ternyata platform kaya gtu open source,,

  • aduar

    pingin juga aku ah,tapi caranya mash bingung huhuhu

  • aduar

    aku pingin jg neh buat blog seperti twitter,caranya masih bingung neh heheheh

  • febriosw

    Wuih mantap nih. Beberapa bulan terakhir sy hunting platform yang berbaik hati. Sy menemukan platform2 itu tapi tidak untuk di-install di hosting sendiri. Selain itu, jika butuh fitur komplit harus bayar. Ya karena pengennya gratisan sepertinya yang satu ini cocok banget. Terimakasih infonya.

  • Phone Blog

    saya dah daftar di statusmu.obrol.in mas
    mas galuh jg daftar?

    • Aku gak ikut daftar di statusmu.obrol.in mas. Udah banyak social networking yang aku ikuti. Cukup dominan eksis di Facebook aja. Lagian aku gak gitu suka microblogging seperti Twitter.

  • ia kemaren coba buatan mas danu akbar di obrol.in
    tp males buat ah. kebanyakan malah gak terurus mas 😀

    • Makanya aku cuma buat di localhost. Klo di online-kan palingan gak keurus.