Sabtu, 22 Mei 2010, saya berkesempatan mengikuti acara Seminar Android & Mobile Technology Share yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB bertempat di Ruang Citra STMIK Amikom Yogyakarta. Dari topik seminar tersebut, sudah dipastikan membahas mengenai seputar Mobile Operating System baru besutan Google, “Android”

Google memang selalu mengepakkan sayap bisnisnya. Tidak hanya bergelut di bidang search engine, Google juga bergelut di bidang advertisement (Adsense  dan Adword), video (Youtube), blog (Blogger), email (gmail), dan masih banyak lagi. Tak ingin kalah saing di bidang Mobile Phone, Google pun mengeluarkan produk berupa SmartPhone ‘Nexus One’. Yang perlu disorot bukanlah Nexus One-nya tapi Mobile Operating System-nya, yaitu menggunakan Android yang merupakan buatan Google sendiri. Yang kini Android sendiri telah banyak digunakan untuk SmartPhone berbagai vendor seperti HTC, Samsung, LG, dll.

Wing Wahyu Winarno

Wing Wahyu Winarno dan Mulyadi / Mazadi (a.k.a Adiandroid) dihadirkan dalam acara ini sebagai pembicara. Wing Wahyu Winarno merupakan fungsionalis Jogja IT, Dosen YKPN, Dosen MTI UGM dan juga penulis buku yang berbagi pengalamannya dengan ponsel Android dan seputar hal teknis yang pernah dilakukan beliau. Dan Mazadi (a.k.a Adiandroid ) seorang praktisi mobile technolgy dan juga penulis buku ‘Membuat Aplikasi Android’.

Mulyadi / Mazadi (a.k.a Adiandroid)

Acara diawali dengan Bapak Wing Winarno, dengan memperkenalkan apa itu Android. Kemudian dilanjutkan oleh Mas Adiandroid yang membicarakan seputar share menjadi developer aplikasi Android dan menceritakan pengalamannya dalam membuat aplikasi untuk Android.

Acara seminar ini cukup menarik bagi saya. Sedangkan kata salah satu teman saya yang juga ikut, berkomentar acara ini biasa saja. Kenapa saya bilang acara ini cukup menarik? Karena bagi saya, acara ini memberikan saya pengetahuan baru, yaitu mengenai Mobile Operating System Android. Dari apa yang disampaikan oleh kedua pembicara, saya jadi tertarik untuk menjadi bagian developer dari aplikasi Android. Sebelumnya saya tertarik dengan Mobile Phone 7 dari pembahasan saat seminar Visual Studio Community Launch. Tapi gara-gara acara Android ini, pikiran saya teracuni oleh Android. Pikiran saya begitu mudah teracuni untuk menyukai Android, karena based dari pembuatan aplikasi untuk Android adalah Java. Sedangkan saya suka dan sedang memperdalam Java Programming. Yah, meskipun saya belum begitu bisa Java Programming, setidaknya saya sudah memiliki tujuan untuk menekuni bahasa pemrograman apa.

Menjadi developer aplikasi untuk Android dan Windows Mobile Phone 7 sebenarnya sama-sama menjadi peluang. Android sedang akan populer di kalangan masyarakat pengguna SmartPhone, sedangkan Windows Mobile Phone 7 juga akan keluar menggantikan Windows Mobile Phone 6.5, dengan berbagai macam tambahan fitur. Tetapi banyak yang meramalkan Windows Mobile Phone sudah akan ditinggalkan dan akan beralih ke Android. Pilih Android atau Windows Mobile Phone atau yang lainnya itu terserah Anda.

Di sela-sela acara juga diisi oleh operator seluler XL, memperkenalkan produk-produknya, yang intinya pastilah promosi. Tapi beruntung juga saya, karena bertanya saya dapat souvenir berupa dompet HP BlackBerry. Meskipun HP saya bukan BlackBerry, tapi dompet HP tersebut cukup untuk LG GW300 saya.

Beberapa hari ke depan akan banyak event yang akan saya ikuti, pastinya akan saya share di galuhristyanto.web.id. Terima kasih buat yang setia membaca.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".