• facebook
  • instagram
  • twitter
  • youtube
  • rss
  • mail

Ranking dan Peringkat Universitas di Indonesia – Januari 2010

Webometrics kembali meranking universitas atau perguruan tinggi di dunia (termasuk Indonesia). Untuk update Januari 2010, Webometrics melakukan peringkatan 8.000 universitas atau perguruan tinggi di dunia, naik 2000 dari peringkatan sebelumnya pada Juli 2009 (6000 list).

Sebanyak 57 universitas atau perguruan di Indonesia masuk dalam daftar 8000 peringkatan Webometrics. Berikut daftar ranking atau peringkat dari 57 universitas atau perguruan di Indonesia yang masuk dalam list 8000 peringkatan yang dilakukan oleh Webometrics. 

Peringkat 1 – 15

Peringkat dan Ranking Universitas di Indonesia Januari 2010 1 15 Ranking dan Peringkat Universitas di Indonesia   Januari 2010Peringkat 16 – 32

Peringkat dan Ranking Universitas di Indonesia Januari 2010 16 32 Ranking dan Peringkat Universitas di Indonesia   Januari 2010Peringkat 33 – 50

Peringkat dan Ranking Universitas di Indonesia Januari 2010 33 50 Ranking dan Peringkat Universitas di Indonesia   Januari 2010Peringkat 51 -57

Peringkat dan Ranking Universitas di Indonesia Januari 2010 51 57 Ranking dan Peringkat Universitas di Indonesia   Januari 2010

Dan sebanyak 18 universitas atau perguruan di Indonesia masuk dalam daftar Top 100 University se-Asia Tenggara.

Cara Webometrics Menilai

Penilaian Webometrics dilakukan berdasarkan empat hal : (www.amikom.ac.id)

  • Visibility (50%)
    Yaitu jumlah backlink yang diterima dari situs lain yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil-hasilnya dinormalisasi-logaritmik pertama untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan peringkat.
  • Size (20%)
    Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik pertama untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan (excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasi tersebut.
  • Rich File (15%)
    Volume file yang ada di situs universitas atau perguruan tinggi dimana format file yang dinilai layak masuk di penilaian (berdasarkan uji relevansi dengan aktivitas akademis dan publikasi) adalah: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt). Data-data ini diambil menggunakan Google dan digabungkan hasil-hasilnya untuk setiap jenis berkas.
  • Scholar (15%)
    Google Scholar menyediakan sejumlah tulisan-tulisan ilmiah (scientific paper) dan kutipan-kutipan (citation) dalam dunia akademik. Data Sc ini diambil dari Google Scholar yang menyajikan tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan akademis lainnya.

Singkatnya, penilaian ini dilakukan sepenuhnya melalui internet.

Peringkatan ini dilakukan sebagai referensi bagi calon mahasiswa dan cendekiawan dalam menentukan institusi pendidikan mana yang akan dipilih. Selain itu juga untuk penyebaran pengetahuan ilmiah.

Klik daftar link berikut untuk melihat lebih jauh.

  • Rank of Universities of Indonesia
  • Top South East Asia
  • Top 8000 Universities

Update terbaru Ranking dan Peringkat Universitas di Indonesia versi Webometrics Update Juli 2010 sudah keluar, silakan kunjungi:

Ranking dan Peringkat Universitas di Indonesia Update July 2010

17 Comments

  1. Lanuihsan · March 16, 2013 Reply

    unm masuk NOMOR URUT BERAPA YAH…?
    HAHAHHAHA

  2. dwi cs 122100101 · September 21, 2011 Reply

    ayo para pemuda pencetak bangsa tunjukan semangatmu dan ciptakan rasa disiplin, kretifitas, dan kejuangan di UPN VETERAN YOGYAKARTA,

  3. Wooe Belle Ng · January 31, 2011 Reply

    good job for indonesia, good job for our university, increase international class courses, to increase the level of world university rankings……………………^^

  4. amrikarisma · December 27, 2010 Reply

    Lagi cari kampus neh… :D
    kalo lulusan SMA IPS pingin masuk ilmu komputer…. negri bisa masuk ga ya ?

    • Galuh Ristyanto · December 27, 2010 Reply

      Aku kurang tau mas. Umumnya kalau dari IPS masuknya Manajemen Informatika atau Sistem Informasi. Klo Teknik Informatika untuk IPA. Tapi klo di UKSW bisa. Temenku IPS dia masuk Teknik Informatika di UKSW.

    • deny kurniawan · March 9, 2011 Reply

      menurut kalian kalo nilai rata2 dari kelas 1-3 di atas 7,5 di terima masuk sistem informasi UNs solo gak ya ?

      • Ujian Nasional · March 10, 2011

        Di atas tuku mau ikut jalur Undangan ? Kalo mau test yang penting bisa ngerjainnya aja…

  5. kipas angin · October 3, 2010 Reply

    alhamdulillah. . . .universitas q ada di peringkat teratas. . . .saya sebagai rektor UGM sangat bangga. . .

  6. tika loethoep · May 17, 2010 Reply

    akhirnya,,,, ITS mzug peringkat 1-15 se indo.
    makasih ya 4JJ1

  7. aulia · May 5, 2010 Reply

    senangnya universitasku di posisi pertama. hehehe.
    well, kan penilain ranking ada beberapa versi.. ga begitu penting peringkatny, yg penting gimana kitanya sebagai mahasiswa..

  8. pus · April 25, 2010 Reply

    weeeee g trima q !! masal universitas negeri malang dia atas!!!! denger namanya aja baru kali ini!!! palagi da univ swasta ada di jajaran peringkat atas!!! sumber g jelas!!! g bisa dipercaya!!!!

    • Galuh Ristyanto · April 26, 2010 Reply

      Penilaiannya bukan hanya kualitas, pamor, dan prestasi. Tapi juga bagaimana masyarakat dunia mengenal univ tersebut melalui internet. Seberapa tinggi pamor univ tersebut di internet melalui backlink. Selain itu juga seberapa banyak penelitian/skripsi yg dipublish di internet yg masuk ke google scholar. Jika masuk ke google scholar, dengan begitu masyarakat dunia akan tahu karya mahasiswa univ tersebut.

    • tika loethoep · May 17, 2010 Reply

      oon bgt ce????

      ya km yg gag ngerti inform

      msak univ neg malang baru tau???

  9. Galuh Ristyanto · February 26, 2010 Reply

    Horrray…kampusku tercinta berada di urutan ke-18 di Indonesia. Dan bisa dibilang “Sekolah Tinggi” terbaik se Indonesia dan Se-Asia Tenggara (Insya Allah)

Tinggalkan Komentar