2 hari kemarin dapet pengalaman baru, pengalaman ikut lelang di eBay. Ikut lelang di eBay gak susah-susah amat. Yang harus, terpenting dan wajib  kamu persiapain untuk ikut lelang di eBay adalah koneksi internet yang lumayan kenceng. Selain itu juga harus ada uang di PayPal, jika ingin benar-benar beli barang di eBay.

Kenapa koneksi internet yang lumayan kenceng tu wajib jika ingin ikut lelang di eBay? Karena (beserta tips singkat): 

1. Situs eBay lumayan berat, jadi butuh koneksi yang lumayan kenceng untuk meload semua page situs eBay dengan sempurna. (baca Mempercepat Koneksi Internet)

2. Lelang di eBay dibatasi dengan waktu yang lumayan singkat, jadi jika ingin memenangkan lelang sesuai barang yang kita inginkan, kita harus cepat melakukan penawaran di saat-saat terakhir waktu akan habis, agar setelah kita menawar gak ada lagi pihak lain yang ikut menawar. So, dipastikan kita akan memenangkan pelelangan. Saya sarankan, pasang tawaranmu di saat 10 detik terakhir penutupan lelang. Dan perlu diingat, koneksi gak boleh lelet.

3. Jika koneksi lelet, buka page situs eBay aja susah, apalagi jika ingin mensiasati untuk menang pelelangan.

Waktu pertama kali ikut lelang di eBay, saya menggunakan HP Modem SMART Haier D1200P dengan paket 153 Kbps untuk koneksi internet saya. Saya buka situsnya eBay aja lelet, tapi akhirnya bisa juga. Trus saya coba ikut lelang, barang yang saya tawar adalah jam tangan digital. Ketika saya tawar pertama kali, berselang beberapa detik ada yang menawar diatas harga yang saya tawar. Lalu saya tawar lagi dengan harga yang lebih tinggi, tapi di saat-saat terakhir saya mau nawar dan waktu mau habis, tiba-tiba koneksi down, otomatis saya gak bisa nawar di saat-saat terakhir itu. Pada akhirnya saya kalah, harga jam digital tersebut jatuh dengan harga US $7.74.

Besoknya saya kembali ikut lelang di eBay dengan menggunakan komputer perpustakaan kampus yang gak lelet. Saya ikut beberapa pelelangan barang. Dan pada akhirnya saya menangin jam tangan digital yang kemarin malem saya ikuti pelelangannya dengan harga US $4.99, saya juga menangin MP5 16 GB dengan harga US $0.99, dan beberapa Pocket Watch. Sebenernya saya pengen banget bayar MP5 yang saya menangin, berhubung biaya pengirimannya yang mahal (US $39.99) saya urungin niat. Uang di PayPal cuma ada US $9. Jam tangan digitalnya pun gak saya ambil, saya lebih suka yang Pocket Watch (jam saku) yang menurut saya lebih unik, saya beli dengan harga US $7.99 (bebas biaya pengiriman).

Saya coba-coba ikut lelang di eBay karena saya dapet Dollar dari program PayPal WishList yang beberapa waktu lalu diadain oleh PayPal. Nyesel gak gitu merespon PayPal WishList, jadinya cuma dapet US $9. PayPal WishList bener-bener gak bohongan (scam), US $9 yang saya dapet dari PayPal WishList udah ditransfer ke account PayPal dan juga udah saya belanjain di eBay. Kalau ada lagi program kayak PayPal WishList pastilah bener-bener saya respon.

Sebenernya saya gak tau mau diapain uang di Paypal. Kalau di Rupiahin, terlalu dikit dan juga butuh kredit card atau VCC (Virtual Credit Card). Kata temen, beli VCC sekitar Rp 70.000 untuk ngeuangin Dollar di PayPal. Abis dong uang di PayPal kalau saya beli VCC. Jadi pilihan yang saya ambil ya belanja di eBay, nyari barang yang harganya di bawah US $9, yang pada akhirnya saya beli New Black Mirror Analog Pocket Mens Watch with Chain 25 dengan harga US $7.99 (bebas biaya pengiriman), barangnya dari Hongkong. Bukan barangnya yang bikin saya puas, tapi pengalaman baru yang saya dapetin, pengalaman ikut lelang di eBay.

Berikut ini gambar dari barang yang saya beli di eBay dan juga gambar transaksinya. Barangnya Insya Allah terkirim ke rumah dalam jangka waktu kurang dari 30 hari (janji dari pemilik toko).

Kalau kamu ada uang di PayPal, saya sarankan coba deh ikutan lelang atau beli barang di eBay atau Amazon. Itung-itung nyari pengalaman baru bertransaksi di dunia maya. Biar kita gak gaptek-gaptek amat soal internet.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • Waktu PayPal belum kena limit saya sering ikutan lelang uang lama di eBay. Lumayan, dapet harganya murah-murah, dan dijual di sini untungnya berlipat ganda. Sayang, PayPal saya limitnya gak habis-habis… :((

    • @Bung Eko: Rencana aku juga pengen gitu. Borong barang di eBay trus aku jual kembali. Tapi yg jadi kendala, modal dollarnya yang kagak ada.

  • @Bimasakti85: Makasih sob. Eh sob, PayPal WishList diadain lagi kagak c? Aku liat di Apps FB PayPal WishList kok masih. Ganti event lagi, Valentine Day.

    Kalau barangnya dah nyampe, so pasti diposting plus screenshot-nya.

    Sukses juga ya sob.
    :iloveindonesia

  • bimasakti85

    wehhh selamat bozzz dpt pengalaman & jam baru nich 😀
    aku cm dpt $4 ajah dari Paypal WishList
    btw besok klo jamnya dah nyampe langsung diposting plus screenshot.nya yaak hehehe pingin lihat wujud aslinya 😀

    sukses bozzz