Lagi dan lagi orderan yang saya lakukan ke Canonical terkirim sampai tujuan. Kali ini yang saya dapatkan adalah Ubuntu 10.04 sebanyak 5 keping, Kubuntu 10.04 sebanyak 5 keping, dan Ubuntu Server 10.04 sebanyak 2 keping. Sebenarnya yang saya oder ke Canonical sebanyak 22 keping dari total keseluruhan jenis. Tapi ternyata yang dikirim hanya 12 keping. 

Oya, ada kabar buruk bagi yang biasanya order CD Ubuntu dalam jumlah banyak. Menurut Peraturan Menteri Perdagangan R.I. Nomor : 11/M-DAG/PER/3/2010 Tentang KETENTUAN IMPOR MESIN, PERALATAN MESIN, BAHAN BAKU, CAKRAM OPTIK KOSONG, DAN CAKRAM OPTIK ISI, terutama di Pasal 15 ayat 1(f), menyebutkan bahwa perorangan hanya diperbolehkan impor CD melalui jasa pengiriman paling banyak 10 (sepuluh) keping. Kurang lebih seperti itu peraturan yang baru. Saya ngikut aja deh dengan peraturan yang ada.

Peraturan ini ditetapkan pada tanggal 15 Maret 2010 dan berlaku setelah 90 hari sejak tanggal penetapan, yaitu sekitar bulan Juni 2010. Lebih jauh mengenai Peraturan Menteri Perdagangan R.I., Nomor : 11/M-DAG/PER/3/2010 Tentang KETENTUAN IMPOR MESIN, PERALATAN MESIN, BAHAN BAKU, CAKRAM OPTIK KOSONG, DAN CAKRAM OPTIK ISI, bisa didownload file pdf-nya di link di bawah ini:

Saya sering kali order original CD Ubuntu, Kubuntu dan Ubuntu Server ke Canonical bukan berarti saya pengguna Linux Ubuntu, Kubuntu atau Ubuntu Server. Tapi itu untuk saat ini. Yah karena space harddisk di komputer saya tidak mencukupi untuk ruang instalasi Ubuntu. Selain itu juga komputer saya saat ini lagi rewel. Jadinya saat ini baru sekedar untuk koleksi CD/DVD Original yang saya punya.

Sebenarnya Original CD Ubuntu 10.04, Kubuntu 10.04 dan Ubuntu Server 10.04, sudah terkirim sejak sebulan lebih yang lalu. Karena terkirim ke rumah, sedangkan saya masih berada di Jogja makanya saya belum benar-benar terima. Yah seperti yang dulu-dulu. Baru saya share setelah saya benar-benar menerimanya. Berikut gambar Original CD Ubuntu/Kubuntu/Ubuntu Server 10.04 yang saya terima.

Maaf artikel ini hanya sekedar share catatan harian saya saja, bukan untuk membahas fitur-fitur dari Ubuntu 10.04, Kubuntu 10.04 atau Ubnuntu Server 10.04.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • 🙁 aku belom sempet pesen ik. langsung meluncur ah kalo begitu. 🙂 tapi biasa nya ane langsung donlot ajaa .
    cos untuk donlot 1 cd cuma butuh waktu 1 jam doang.

    • Saya order ke Canonical coz saya pengen dapetin CD yang original. Itung-itung buat koleksi. Memang nyampenya lama daripada download, tapi setelah terkirim rasanya puas dapetin CD yang orginal.

  • Ayye,,,Jadi pengin order lagi ke cannonical….wat tambah2 koleksi…