Ini yang ketiga kalinya saya dapet CD original Linux Ubuntu. Sejak Ubuntu edisi 8.10 saya udah mulai mencoba-coba untuk order lewat pusatnya sana (Canonical) di . Yah, mulanya itung-itung nyari pengalaman order barang dari luar negeri, tapi pada akhirnya keterusan.

Setahu saya, Linux yang CD originalnya dibagiin secara gratis ya dari Canonical (Ubuntu dan Kubuntu). Dulunya Canonical bagiin CD orgininal secara gratis meliputi CD instalasi Linux Ubuntu, Kubuntu, dan Edubuntu. Karena ada sesuatu hal yang kurang saya tau, mulai edisi 8.10 Canonical tidak lagi membagiin CD instalasi Edubuntu, tapi tetep masih boleh order Ubuntu, Kubuntu, dan juga Ubuntu Server. 

Sebenarnya CD Ubuntu dan Kubuntu 9.10 yang saya peroleh ini udah terkirim sejak awal Desember 2009. Karena barangnya dikirim ke rumah di Kudus dan berhubung saya lagi di Jogja untuk kuliah, ne barang nyampe ke tangan saya hari Sabtu kemarin (07 Februari 2010). Seperti biasa, waktu pak pos ngirim neh barang, ditarik biaya Rp 7.000.

Order yang saya pesen sebenernya sebanyak 41 CD instalasi, yang terdiri dari 25 CD Ubuntu 9.10, 15 CD Kubuntu 9.10, dan 1 CD Ubuntu Server. Tapi ternyata yang dikirim cuma 25 CD, yang terdiri dari 10 CD Ubuntu 9.10 dan 15 CD Kubuntu 9.10.

Waktu saya order neh CD, sebenernya kuota order account saya udah abis. Gak tau kok bisa gitu. Yah, ngapain ambil pusing kagak bisa order lagi, langsung aja saya buat account baru pakai email yang lain. Gak nyangka bisa juga order lagi pakai account lain meski pakai data diri yang sama :D .

Sebelum saya terima neh CD saya udah tau rupa dari CD Ubuntu 9.10. Pertama liat aneh. Yang aneh terletak pada warnanya. Ubuntu 9.10 warnanya kuning dan Kubuntu 9.10 warnanya biru. Desainnya menurut saya kurang bagus, bagusan yang edisi 9.04.

Selain Ubuntu dan Kubuntu, saya juga punya CD original Edubuntu dan Open Solaris.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • akse

    sama gan ane juga uda pesen pertama cuma pesen 1 cd ubuntu server…datangnya 1 bulan kemudian….lw yang kedua….ane pesen cd ubuntu ma kubuntu minta 50 alasanya buat mensosialisasikan ubuntu di indonesia…eh ternyata yang dateng ubuntu 15 kubuntu 10….

    tapi ga pa2 lakh….tapi gan ane ga bayar ongkir tuch 100% free alias gretongan heheehe…..

    • Kok 100% free? Selama ini aku mesti bayar Rp 7.000 ke pak pos-nya.
      Kalau pesennya cepet waktu release, nyampenya juga cepet.
      Sekarang memang kayaknya dibatasi per order-nya. Dulu aku pesen 50 keping datengnya cuma 25 keping. Yg penting original dan gak keluar duit banyak.