It’s time to upgrade from the Windows 7 Release Candidate

While most people who tested Windows 7 have now moved to the final version, some are still running the Release Candidate. If you haven’t moved yet, it’s time to replace the RC.

Starting on March 1, 2010 your PC will begin shutting down every two hours. Your work will not be saved during the shutdownThe Windows 7 RC will fully expire on June 1, 2010. Your PC running the Windows 7 RC will continue shutting down every two hours and your files won’t be saved during shutdown. In addition, your wallpaper will change to a solid black background with a persistent message on your desktop. You’ll also get periodic notifications that Windows isn’t genuine. That means your PC may no longer be able to obtain optional updates or downloads requiring genuine Windows validation.

To avoid interruption, please reinstall a prior version of Windows or move to Windows 7. In either case, you’ll need to do a custom (clean) install to replace the RC. As with any clean installation, you’ll need to back up your data then reinstall your applications and restore the data. For more details about replacing the RC, see the Knowledge Base article KB 971767. For more information, visit the Window 7 Forum.

Thanks again for helping us test Windows 7.

The Windows 7 Team

Windows 7 LogoJudul dari artikel ini merupakan subjek dari email yang aku dapatkan dari Microsoft pada tanggal 17 Februari 2010. Dan diatas merupakan isinya, yang menginformasikan bahwa Windows 7 Release Candidate (versi gratis) akan sepenuhnya berakhir pada 01 Juni 2010. Dan mulai 01 Maret 2010, PC yang menggunakan Windows 7 RC (versi gratis) akan mati (shutting down) dengan sendirinya setiap dua jam.

Apa saja yang akan terjadi pada komputer dengan sistem operasi Windows 7 Release Candidate yang tidak diupgrade sebelum 01 Maret 2010?

  • Komputer akan shutdown (mati) setiap dua jam
  • File yang sedang kamu kerjakan tidak akan tersimpan saat shutdown
  • Wallpaper akan berubah menjadi latar belakang hitam yang solid dengan pesan yang terus-menerus pada desktop
  • Akan mendapatkan pemberitahuan periodik bahwa Windows yang digunakan tidak asli, sehingga PC kamu mungkin tidak lagi dapat memperoleh update atau download opsional karena fitur ini memerlukan validasi Windows asli

Untuk menghindari gangguan yang terjadi seperti diatas, Microsoft menganjurkan untuk install ulang versi sebelumnya dari Windows atau pindah ke Windows 7 Final Release. Selain itu dianjurkan untuk melakukan kustom (bersih) install untuk menggantikan Windows 7 RC. Seperti halnya instalasi bersih, diharuskan membuat cadangan data kemudian instal ulang aplikasi yang digunakan dan mengembalikan datanya.

Ini berarti kita dianjurkan untuk mengupgrade Windows 7 RC yang kita pakai atau menggantinya dengan Windows 7 Full Version.

Berikut daftar harga Windows 7 Final Release:

Untuk Upgrade

  • Windows 7 Ultimate ($219.99)
  • Windows 7 Professional ($199.99)
  • Windows 7 Home Premium ($119.99)

Untuk Full Version

  • Windows 7 Ultimate ($319.99)
  • Windows 7 Professional ($299.99)
  • Windows 7 Home Premium ($199.99)

Sepertinya kebanyakan dari pengguna Windows 7 Release Candidate tidak akan melakukan upgrade apalagi mengganti dengan yang Full Version. Seperti kita ketahui, Windows XP sukses dibajak oleh penggunanya. Mungkin ini dikarenakan harganya yang dirasa mahal. Atau mungkin ada yang punya budget lebih tapi pelit untuk mengeluarkan uang untuk membeli yang asli. Dan mungkin juga karena mudahnya mendapatkan yang bajakan.

Untuk Windows XP, kita bisa bebas membajak dengan memasukkan serial number yang tersedia tanpa melakukan registrasi. Akan tetapi lain halnya dengan Windows 7. Selain membutuhkan serial number, Windows 7 juga membutuhkan registrasi online untuk dapat menggunakan Windows 7 selama mungkin.

Hal ini ternyata tidak menyurutkan pengguna untuk tetap menggunakan bajakan dari Windows 7 meski Final Release sekalipun. Hal ini didukung banyaknya software crack atau patch yang beredar, yang digunakan untuk menghentikan waktu trial Windows 7. Dengan crack atau patch ini pengguna tidak lagi membutuhkan serial number ataupun registrasi untuk tetap menggunakan Windows 7. Kekurangannya, kita tidak akan bisa melakukan update Windows 7, dan terkadang akan muncul notifikasi di pojok kanan bawah bahwa Windows yang dipakai tidak asli.

Sekarang ini sedang maraknya kampanye dari organisasi pemerintah maupun organisasi non pemerintah yang menganjurkan untuk menggunakan sotware open source yang legal, murah (bahkan gratis) dan aman.  Tapi apakah begitu mudahnya para pengguna bajakan Windows berbondong-bondong migrasi ke open source? Sepertinya tidak semudah itu. Kebanyakan pengguna, termasuk aku, beranggapan bahwa kita mendapatkan kemudahan dengan menggunakan Windows dan merasakan kesulitan untuk menggunakan sistem operasi yang open source (Linux misalnya). Benarkah itu? Itu semua pendapat setiap pribadi yang mungkin berbeda-beda.

Kita menggunakan software legal ataupun ilegal, asli ataupun bajakan, itu semua tergantung pribadi masing-masing, itu semua merupakan pilihan. Tapi kita harus tahu, sebab akibat dari menggunakan software yang legal maupun ilegal. Alangkah baiknya jika kita mengunakan yang legal atau asli. Jika kita membeli yang asli, secara tidak langsung kita menghargai hasil karya dari sang pembuat produk tersebut. Kita tidak menginginkan hasil karya kita tidak dihargai dengan cara dibajak kan?

Apakah pengguna Windows atau software bajakan akan semakin bertambah di negeri ini? Semoga kita semua diberikan rejeki untuk membeli yang asli dan tidak lagi membajak. Amin.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • iwansyah

    Gue sekarang pake Windows 7 Ultimate, Office 2010 AntivirusMSE, enjoy aja karena gak beli ke mikrocok….he…he..he, Terima kasih untuk para Hacker Yang sudah menjebol Sistem Windows 7 Ultimate.