Sabtu malam atau malam minggu, 05 Juni 2010 pukul 19.00 sampai 23.15 WIB, bertempat di T’lab Spot Cafe (Jl. Bougenville No. 1D Selokan Mataram, Affandi (eks Gejayan), Jogja) saya berkesempatan ikut memeriahkan acara ulang tahun Xcode yang keenam. Ada yang tidak tahu Xcode atau YogyaFree? Cari tahu sendiri aja ya. 

Ini pertama kalinya saya ikutan acara rutin yang diselenggarakan oleh Xcode atau YogyaFree. Acara rutin yang diadakan biasanya demo hacking atau share ilmu hacking. Malam minggu kemarin berbeda dari acara rutinitas biasa, karena disamping acara demo hacking, juga syukuran hari jadi Xcode yang keenam.

Saya ceritakan deh apa saja yang dibahas dalam acara ini. Yang pasti intinya adalah demo seputar hacking dan kawan-kawannya. Materi-materi yang dibahas dalam acara ini :

Pertama, Teknik memanfaatkan bugs LFI (Local File Inclusion) oleh Franky.

Disini, dibahas mengenai teknik web hacking. Meski web yang jadi target adalah web asal-asalan yang ditaruh di localhost, tapi lumayan seru dan menambah wawasan. Lebih lanjutnya begitulah. Bla…bla…bla…bla

Kedua, Reverse Engineering for Newbie oleh Nezim.

Ini membahas tentang bagaimana meng-crack suatu software. Bahasa sederhananya, cara mendapatkan product key atau serial number suatu software yang berbayar dengan membuat sendiri keygen-nya. Bla…bla…bla… lagi deh.

Ketiga, share mengenai tool RapidLeech yang berguna untuk mempercepat proses download di Rapidshare, 4 sahred, ziddu, dll.

Keempat, share mengenai tools FireStarter yang fungsinya hampir sama seperti untuk me-White/Black List situs-situs tertentu. Materi ini disampaikan oleh Adi Nugroho a.k.a rumput_kering.

Kelima, Persiapan Hacking dengan Linux TechnOs (base Slackware 13.0) oleh Novizul.

Disini intinya lebih ke perkenalan distro Linux TechnOs buatan Novizul, dkk. Bla…bla…bla….

Keenam, Hacking Zynga Poker oleh Hanjian.

Sebenarnya sesi ini bukan sharing ilmu hacking tapi lebih ke pamer ilmu hacking. Karena ilmu hacking Zynga Poker-nya gak di-share. Kalau mau ilmunya kudu bayar. Males. Tapi bener kok, Zynga Poker berhasil di hack. Dengan teknik hacking Zynga Poker-nya Hanjian, dia bisa masuk ke account pemain Zynga Poker lain tanpa login. Dengan begitu, gampang kan nyuri-nyuri chip-nya buat dijual.

Ketujuh, share mengenai remote computer, bla..bla…bla…

Acara terakhir potong tumpeng.

Menurut saya, acara ini tidak terorganisir dengan baik. Tempat betul-betul tidak dipersiapkan dengan baik. Tempatnya kecil tapi pesertanya banyak, jadinya desak-desakan. Apalagi pembawa acaranya kurang sopan. Yang lain pada lepas alas kaki, e dianya malah pakai sepatu sendiri. Sepatu butut lagi. Hahahahaha. Pesertanya juga banyak yang gak punya sopan santun. Ngerokok sembarangan. Udah tahu, tempat sempit, panas, e malah ngerokok. Gak mikir gimana ma peseta lainnya yang gak merokok atau terganggu pernafasannya. Ckckckck, bikin cepet penuh neh kuburan. Maaf, doa jelek. Biar nyadar lah.

Okelah, tak apalah dengan ketidaknyamanan yang saya rasakan saat acara berlangsung, setidaknya saya menikmati apa yang disampaikan oleh pembicara dan saya juga mendapatkan beberapa ilmu baru yang sekiranya berguna buat saya.

Okelah, gitu aja share event yang saya ikuti kali ini. Tidak lupa, saya sertakan beberapa jepretan-jepretan saya saat mengikuti acara Ultah Xcode ke-6.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • Deni

    weh ra ngajak2 ki. elek nan

  • Realodix

    Keren juga nh Zynga Poker bisa di hack..

  • Rian

    sumpe seru sepertinya gan. Sayang, tak bakalan ada di kota saya berpijak

    • Seru sih seru tapi gak terorganisir dengan baik. Kalau gak ada di kota agan, agan buat aja Regionalnya di kota agan.

  • haii..haiii..
    ada pelangii disini.. hohohoho,, apa kabar kawan??
    mampir dunk ke blog pelangii..
    mari kita berbagi pengalaman…

    http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/06/01/ibu-pertiwi-janganlah-kau-menangis-kembali-2/

    kasih komentar ya untuk tulisan pelangiii..
    terima kasih banyaakk \^^/