Sabtu, 10 April 2010, saya berkesempatan ikut serta mengikuti Studium General: Adopsi Teknologi dan Tips Trik Melamar dan Meraih Beasiswa Dalam dan Luar Negeri yang diadakan oleh P3M STMIK Amikom Yogyakarta bekerjasama dengan Amikom English Club (AEC). Acara yang berlangsung di Ruang Citra ini, menghadirkan seorang pembicara Tony Dwi Susanto S.T., M.T., Ph.D (candidate) Technology Adoption, E-Government & Mobile Technology School of Informatics and Engineering, The Flinders University of South Australia. 

Tony Dwi Susanto adalah seorang seniman komedi jogja dari grup lawak Plat-AB, dosen ITS (dulu juga pernah menjadi dosen STMIK Amikom Yogyakarta), juga salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan S3 di Australia. Pembicara sukses meraih berbagai beasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri. Saat ini pembicara sedang melanjutkan studi S3 di The Flinders University of South Australia.

Dalam acara ini, pembicara memaparkan sebuah adopsi teknologi yang tidak lain sebenarnya adalah thesis beliau dalam mendapatkan gelar Ph.D. Paparan adopsi teknologi ini sebenarnya bukanlah topik yang ditunggu-tunggu oleh peserta (mahasiswa), melainkan topik mengenai tips dan trik meraih beasiswa di luar negeri. Pembicara menceritakan pengalamannya saat melamar dan meraih beasiswa ke luar negeri dengan dibubuhi motivasi dan kejenakaan pembicara pun mampu mengundang gelak tawa para peserta.

Apa yang disampaikan pembicara begitu mengena, tetapi disamping itu, menurut saya, apa yang disampaikan pembicara terlalu bertele-tele, berbelit-belit, dan diulang-ulang. Selain itu, yang menjadikan saya suntuk adalah AC dalam ruangan sepertinya mati, alhasil ruangan menjadi panas. Berbeda saat diadakan seminar international beberapa waktu lalu. Saat seminar international yang lalu, berbagai fasilitas benar-benar disiapkan, AC pun begitu dingin. (tidak usah diperdulikan, ini hanyalah komentar pribadi saya)

Dari acara Kuliah Umum (Studium General): Adopsi Teknologi, Tips dan Trik Melamar dan Meraih Beasiswa Dalam dan Luar Negeri, saya mengambil beberapa point dari apa yang disampaikan pembicara mengenai tips dan trik meraih beasiswa ke luar negeri.

Pembicara memaparkan 6 langkah dalam meraih beasiswa ke luar negeri:

1. Tetapkan target waktumu

2. Kumpulkan informasi-informasi beasiswa dan update terus informasi

3. Kenali syarat beasiswa dan apa kekurangan kamu

4. Fokuslah memenuhi syarat-syarat yang ada (Hukum Sebab Akibat Fisik).
Contoh: TOEFL, IELTS, reference letters, acceptance letters, etc.

5. Penuhi hukum Sebab Akibat Non Fisik, yaitu doa.

6. Ulet, keep trying, dan keep praying.

Referensi: http://amikom.ac.id/index.php/main/berita/studium-general-adopsi-teknologi-dan-meraih-beasis

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • Thanks for share. I am sure other people will find this very valuable.

    Keep on moving!!!^-^v