Jum’at, 04 Juni 2010, saya berkesempatan ikut serta dalam acara seminar KLiX – Klinik LINKSYS Berbasis Linux Bersama Onno W Purbo. JBN Hall, Jl. Yos Sudarso No. 21, Kota Baru, Yogyakarta, menjadi tempat berlangsungnya acara seminar ini. Acara yang berlangsung pada pukul 13.00 – 17.00 WIB ini diselenggarakan oleh LINKSYS by CISCO. 

KLiX – Klinik LINKSYS Berbasis Linux Bersama Onno W Purbo selain diselenggarakan di Yogyakarta, juga dijadwalkan diselenggarakan di Jakarta, Bali dan Makassar. Untuk tanggal, waktu dan tempat bisa diliat di brosur di samping (klik pada gambar untuk memperjelas). Acaranya FREE alias GRATIS. Siapa sih yang gak mau gratisan? Di brosur, untuk tempat di Yogyakarta tidak diselenggarakan di Dixie, tapi dipindah di JBN Hall.

Acara yang terselenggara secara gratis ini sebenarnya perkenalan produk baru LINKSYS, yaitu LINKSYS WRT160NL. Tapi tetap, inti dari acara seminar ini adalah oprek-oprek Wireless-N Router Berbasis Linux, WRT 160NL, bersama Onno W Purbo. Acaranya seru banget, karena tahulah Pak Onno orangnya menyenangkan, suka tertawa lebar :D . Ngomong-ngomong, ada yang tidak kenal Onno W Purbo? Kalau bukan orang IT saya maklumi tapi kalau orang IT tidak tahu beliau, kebangetan deh. Segera cari tahu soal beliau di Wikipedia ada kok. Daripada malu sendiri ntar :hammer: .

Acara pertama diisi oleh pembicara dari Singapore, lupa siapa namanya. Ada embel-embel Max pokoknya lah. Si Max ini ketawanya lebar juga dan ngakak kayak Pak Onno. Waktu ngomong, bahasa Inggrisnya lucu. Tapi ya saya gak bolehlah menghina, setidaknya si Max bisa berbahasa Inggris dengan lancar, daripada saya ini :shutup:. Setelah Max, acara dilanjutkan oleh Pak Onno W Purbo sampai acara selesai.

Dari acara seminar ini, sedikit saja yang bisa tangkap dari apa yang disampaikan oleh pembicara, karena saya gak terlalu ngerti ma Jaringan Komputer. Apalagi oprek-oprek hardware jaringan komputer seperti router. Alasannya gak ada dana lebih buat beli tuh barang, hehehehe melas banget neh saya, mahasiswa IT yang ambil jurusan Jaringan Komputer tapi gak pernah otak-atik hardware jaringan. Mungkin saya salah jurusan kali ya. Dipaksain belajar percuma, masa dibayangin aja tuh alat saya oprek-oprek?  Pinjem? Gak deh, ntar kalau rusak. Saya kan termasuk orang yang gak terlalu suka pinjem barang orang. Takut rusak dan diomong (atau disindir).

Gol dari acara ini nantinya adalah Kontes Kotak – Katik LINKSYS WRT160NL Berhadiah JUTA-an Rupiah yang diselenggarakan oleh Cisco Consumer Products. Hadiah utamanya Rp 5 juta, wuiiihh. Bagi saya, duit segitu banyak lho. Kalau punya kemampuan oprek-oprek router gak ada salahnya buat ikutan. Info lebih lanjut mengenai Kontes Kotak – Katik LINKSYS WRT160NL Berhadiah JUTA-an Rupiah, lihat brosur di samping (klik pada gambar untuk memperjelas).

Meskipun sedikit saja ilmu yang saya serap dari acara ini, tapi tetap, dibalik perjalanan acara seminar, memberikan saya beberapa ilmu dan pengalaman baru. Misalnya, saya dapat ilmu baru dari HP LG GW300 saya. Saya iseng-iseng mainan efek cahaya untuk dapetin gambar terang dan bagus saat malam hari. Standart-nya, neh kamera HP terlalu gelap saat malam hari. Dan ada juga pengalaman yang kurang mengenakkan juga. Tapi pengalaman yang kurang mengenakkan tersebut memberikan saya sedikit pelajaran akan kehidupan.

Ritual yang biasanya dilakukan oleh peserta saat suatu acara diisi oleh Onno W Purbo selesai adalah foto-foto. Sudah dua kali ini saya ikutan acara yang pembicaranya Onno W Purbo. Yang kedua kali ini lah saya berkesempatan foto-foto bareng Onno W Purbo. Tetep, jepretan saya ini masih menggunakan kamera HP LG GW300 2MP. Padahal kemarin contest Vaseline Men Amazing Journey mengharap banget menangin Camera Canon G11 Shot (bener gak ya tulisannya???), tapi ternyata kalah, belum saatnya beruntung :( .

Monggo, diliat-liat foto-foto hasil jepretan saya. Hanya saya kasih beberapa yang bagus saja ya, yang lainnya jelek. Yang pakai headphone merah itu saya. Gak terlalu cakep kan? (merendah :think: ).

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".