22 Desember 2010 tepat pukul 00.01, menjadi hari ditutupnya kontes SEO Indonesia Siap Bersaing di SERP yang aku ikuti. Pemenang pun telah diumumkan. Sayangnya dalam pengumuman tersebut blog GaluhRistyanto.web.id gak masuk dalam daftar 10 besar pemenang yang berhasil menduduki posisi SERP di Google.

Usaha yang aku lakukan kurang lebih satu bulan untuk menjadi The Number One di google.co.id dengan kata kunci Indonesia Siap Bersaing di SERP kini harus puas dengan posisi di halaman 3. Bukan hal mudah dalam berjuang di kontes SEO. Banyak yang perlu dilakukan. Mulai membuat artikel (sedikit berat bagiku, karena aku sedikit phobia dalam menulis), mengatur komposisi kata kunci agar optimal dalam SEO On Page, dan yang benar-benar melelahkan bahkan sampai harus merendahkan reputasi sendiri adalah memberikan komentar spam kemana-mana untuk sekedar mengais backlink guna optimasi SEO Off Page. 

Sebelumnya sempat menikmati indahnya posisi di halaman pertama SERP untuk beberapa hari. Karena ini merupakan serangkaian kontes SEO pertama bagiku yang benar-benar aku perjuangkan, banyak ilmu baru yang aku dapatkan tentang SEO. Langkah demi langkah SEO dalam panduan ebook dan bacaan ringan narablog aku ikuti. Aku juga sedikit bertanya pada seorang konsultan SEO teman dari temanku yang mempunyai klien dari beberapa negara.

Dari apa yang aku pelajari, sampai suatu ketika aku salah langkah karena aku terlalu beringasnya untuk menjadi The Number One di google. Hingga aku mendapatkan teguran dari Google dengan memberikan Google Dance dan Google Penalty kepada GaluhRistyanto.web.id. Aku beruntung, Google gak sampai tega memberikan hadiah spesial berupa Pasir Hisap bernama Google Sandbox atau dikucilkan oleh Google dengan memberikan Google Banned.

Karena diberikannya beberapa hadiah spesial berupa teguran karena kecintaannya Google terhadap GaluhRistyanto.web.id, alhasil yang pada mulanya menikmati indahnya posisi di halaman pertama SERP harus rela terlempar ke halaman-halaman berikutnya. Tak apa, itu semua memberikan pelajaran yang amat sangat berharga. Mungkin karena usaha yang aku lakukan kurang maksimal atau optimal, dan juga karena kurang bumbu doa. Setidaknya aku sudah berusaha, tak seperti dulu menjadi pengecut yang langsung meyerah ketika mengikui kontes SEO Astaga!com.

Aku boleh Kalah, tapi Bukan Berarti aku Mengalah Ataupun Menyerah. Perjuanganku dalam kontes SEO kini masih berlanjut untuk memperjuangkan kontes SEO dari STMIK AMIKOM Yogyakarta dan dari Disdus.com. Untuk kontes SEO dari Toyota, aku ragu perjuanganku akan memberikan hasil yang memuaskan. Tapi meskipun begitu, gak ada salahnya untuk tetap berjuang.

SEO, dunia baru bagiku dalam blogging. Aku rela bergulat dalam kontes-kontes SEO. Itu semua demi mengenal lebih dekat dengan SEO, lebih dekat dengan search engine seperti: Google, Yahoo!, Bing, dan kawan-kawannya.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • 16 September

    Jan… aku kok ra njowo2 yo… masalah ngono kuwi…??

    hadewh…. :pusing: mumet2… ra gaduk….

  • Kreatifitas tak terbatas

    semoga sukses lebih sukses lagi dikemudian hari gan :peace:

  • Pemenang kontes ini sudah diumumkan ya, Mas…
    tetap semangat, Mas…

  • tetap semangat bozz galuh :silau:

    • lah mas bowo nih jual jasa seo tp kok gak pernah ikutan sih mas?

  • kemarin saya juga ikut mas,sekalian buat belajar SEO.
    walau nggak dapat hadiah tetep seneng,dapatnya ilmu 😀

    • Setuju. Yang penting seneng udah berpartisipasi dan jajal kemampuan. Selama ikut berkompetisi, bisa nambah ilmu dan pengalaman.

  • Wedeh… Udah pengumuman yagh ? Malah ga tau neh… kemaren sampe ini barusan sibuk mulu di darat.
    wah… Belajar itu bagus dengan cara dengan praktek gan.
    Kuncinya pengen blognya SEO, ya harus di coba dengan lawan yang juga bisa di bilang blog SEO juga agar kita bisa mengukur seberapa SEO kah blog kita.

    KEntos malah ga tau tuh ada di page berapa.. 😆

    • Belajar sambil berkompetisi. Biar sekalian bisa jajal kemampuan.

  • marsudiyanto

    Ikut gituan gampang2 susah Mas…
    Saya pernah ikut sekali…
    Sebulan ada di puncak, giliran sampai hari H tergeser diurutan ke 4
    Padahal cuman diambil 3
    Sangat menyakitkan.
    Begitu mendekati hari penentuan, persaingannya berat.
    Salam!
    (Aku Wong Kudus juga Mas…
    Colo-Muryo)
    Dulu alumni SMP 1 Kudus dan juga SMA 1 Kudus.

    • Kebanyakan yang ikutan itu team pak. Jadi raga kagak berat buat ngurusi.
      Kok cuma ikut sekali? Apa udah kapok karena gak menang? Setidaknya udah beusaha lah pak. Menang kalah, rejeki udah ada yang ngatur.
      Wah ketemu blogger asal Kudus lagi neh (meski sekarang udah dilain daerah). Aku wong Kramat, deket alun-alun (Simpang Tujuh).
      Salam kenal pak.
      :salaman:

  • page 3 dah lumayan mas.. itu berarti dah ada kemampuan dalam hal seo.. saya malah gak ikutan karena dah menyerah ma takut dluan…
    harus banyak belajar ni dari mas galuh

    • Jangan kayak aku dulu mas. Takut dan dan langsung menyerah. Setidaknya berusaha dulu. Belajar sambil berkompetsi. Belajar tanpa ikut berkompetisi sama aja gak bisa jajal kemampuan. Lama-lama ntar juga tau ini itu. Bolehlah page 3. Suatu saat juga akan langganan page 1. Amin.
      :semangat: :semangat: :semangat:

      • betull mas.. saya kelak akan coba utk ikut berkompetisi mas.. asal ada waktu ..
        ni lg kejar setoran skripsi soalnya :peace:

  • blogger jogja

    ayoooooooooo semangat mas.. ntr aku ajari ya mas masalah SEO nya 😀

  • Kata2 “aku sedikit phobia dalam menulis” –> gue banget…haha
    kalo nulis artikel buat tgs web jashtis,,,bisa butuh berjam-jam aku buat nyelesaiinnya,,,,tapi aku pengin bisa nulis…(dibuat enjoy aza kali ia)…
    btw…liat perjuangan mu di kontest SEo keren juga ga’,,,bikin iri,,,,,xixiixxi,,,,,
    Yeah…u can make it!!!Harapan ada2x,,,Bila kau percaya,,, (ky lg Glenn Fredly – Salam Bagi Sahabat..ha2,,,trully inspiring)…
    Semangat prendzz,,,,,,,!!!!!^^

    • 😆 aku nulis artikel yo butuh berjam-jam Dit. Tapi untuk artikel ini syukur alhamdulillah gak sampai sejam, tapi yo tetep aja mikir mau nulis kata-kata apa. Aku gak terlalu pinter merangkai kata.
      Aku juga pengen bisa nulis dan pengen banget jadi penulis, makanya aku belajar menulis di blog dan juga belajar dari Jonru.net.
      Thanks ya Dit support-nya.
      :semangat: :semangat: :semangat: