Masalah Hosting

Beberapa hari ini, sekitar seminggu, hosting saya bermasalah. Oya sebelumnya, ini bukan komplain. Dan saya tidak akan menceritakan lebih jauh dan tidak menjelek-jelekkan pihak yang terkait. Takutnya nanti jadi kasus kayak ibu Prita, hehehe. Semoga tidak. Perlu diketahui bahwa tidak ada suatu layanan yang sempurna, pasti terdapat masalah meski itu dalam porsi sedikit. Dan kita sebagai pelanggan seharusnya memakluminya apalagi layanan tersebut terbilang baru dan ditangani oleh beberapa orang yang terbilang sedikit. 

Hampir seminggu galuhristyanto.web.id tidak bisa diakses. Setelah saya cari tahu dengan bertanya dengan pihak hosting, ternyata tempat saya sewa hosting sedang melakukan perpindahan server. Mungkin lagi ganti dengan server yang baru agar layanan jadi semakin baik. Karena hal ini, membuat pengunjung blog ini menjadi berkurang. Yang mulanya bisa sampai 60 pengunjung setiap hari harus turun tidak lebih dari 20. Syukur alhamdulillah kemarin blog ini sudah bisa diakses kembali dengan lancar dan kembali panen pengunjung.

Karena perpindahan hosting ini, server hosting saya dipindah ke server vip. Dari sekian teman-teman saya yang hosting di tempat yang sama, kemungkinan hanya server hosting saya yang dipindah ke server vip. Ya karena sayalah yang komplain dengan serta mengatasnamakan domain-domain teman saya. Saya kurang tahu perbedaan antara server vip dengan server lainnya. Saya hanya mengira server vip (mengingat namanya ‘vip’) kemungkinan lebih spesial daripada tipe server lainnya (mungkin).

Karena server saya dipindahkan ke server vip, saya diminta untuk mengganti domain name server saya. Oya sekedar info, hosting dan domain saya beli (sewa) di tempat yang terpisah. Sebenarnya blog ini tidak bisa diakses juga karena salah saya sendiri. Ketika blog ini tidak bisa diakses, saya bolak-balik mengganti domain name server milik saya. Sebenarnya hanya iseng untuk mengetes domain name server mana yang blog ini bisa diakses. Kemudian saya bertanya ke si pihak hosting dan menginformasikan bahwa saya harus menggunakan domain name server yang baru. Saya ganti ternyata tetap saja tidak bisa saya akses. Kemudian saya whois domain saya. Pada akhirnya saya tahu kesalahannya yaitu ekstensi ‘.net’ pada name server berganti menjadi ‘.org’. Saya langsung menghubungi pihak tempat saya beli domain, untuk mengkoreksi domain name server yang salah. Dan pada akhirnya blog ini bisa diakses kembali dengan lancar.

Sempat saya berpikiran untuk segera pindah hosting. Berhubung dana belum ada jadi ya saya tetap bertahan. Saya tetap bertahan bukan semata-mata karena belum ada dana untuk sewa hosting baru, akan tetapi saya ingin mempercayai layanan di tempat lama. Selain itu saya berpikir mungkin suatu saat ketika saya (juga) ingin membuat usaha hosting akan terdapat masalah-masalah, mungkin seperti masalah ini juga. Jadi saat ini saya belajar menjadi pelanggan terlebih dahulu agar kelak saya bisa memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan saya dengan melihat masalah-masalah yang saya alami atau orang lain alami selama menjadi pelanggan.

Masalah Koneksi Internet

Selain masalah hosting, masalah koneksi internet pun muncul. Beberapa hari ini koneksi internet dengan menggunakan HP Modem Smart Haier D1200P 153 kbps yang saya pakai terasa sangat lambat. Meski saya menggunakan cara Mempercepat Koneksi Internet pun tidak berpengaruh banyak. Bahkan pernah HP Modem Smart Haier D1200P saya ini tidak bisa digunakan sama sekali untuk dikoneksikan ke komputer. Saya pikir sudah saatnya HP ini pensiun. Rencana mau saya tukar tambah dengan HP Modem Smart yang Rp 399 rb atau kalau bisa dengan modemnya yang up to 3,1 Mbps. Lagi-lagi karena masalah dana, jadi saya tidak bisa berbuat banyak.

Akhirnya saya hanya bisa bersabar, dengan tetap setia menggunakan koneksi internet sekarang ini. Karena lambatnya koneksi, saya benar-benar harus kembali menulis artikel secara offline di komputer dan nantinya saya publish ketika koneksi sedang normal atau ke warnet. Cara ini bisa Anda temukan di blog www.okamahendra.com dengan judul artikel Tips Mengedit Template WordPress & Posting Artikel Secara Offline. Artikel ini dulunya saya ikutkan dalam Kontes GuestSTAR Blogger Tahun Baru 2010. Sayangnya saya belum berkesempatan untuk menang.

Sepertinya saya akan benar-benar tetap menggunakan cara menulis artikel secara offline meski koneksi internet lagi kenceng agar tidak buang-buang waktu ketika akan mempublish artikelnya.

Koneksi internet yang lambat sepertinya hanya sementara. Dua hari ini koneksi internet dengan HP Modem Smart Haier D1200P yang saya pakai ini kembali normal lagi, kembali lumayan cepat seperti biasanya. Koneksi internet jadi lambat kemungkinan juga karena pengaruh cuaca yang kurang bersahabat. Tetapi kenapa koneksi internet normal kembali disaat masa gratisnya mau habis ya?

Karena masalah hosting dan koneksi internet ini, hampir saya malas kembali untuk mengurusi blog ini. Padahal saya berencana untuk ikut serta dalam Kontes Blog Mimpiku Untukmu Indonesiaku dan Kontes SEO NegeriAds.com. Ketika saya tidak bisa mengakses blog ini dan ketika saya tidak bisa mengakses internet di komputer saya, seakan-akan saya kehilangan semangat, kehilangan pacar, entah apa itu.

Syukur alhamdulillah, masalah saya beberapa hari ini, yaitu masalah hosting, masalah kuliah, masalah jadwal kuliah yang semrawut, dan masalah koneksi internet, tidak berlarut-larut. Yah, cukup bersabar Insya Allah masalah terpecahkan.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".