Happy BirthdayAkhirnya, tahun pertama kehadiran GaluhRistyanto.web.id terlewati juga. Ya, 04 September 2010 ini, GaluhRistyanto.web.id genap berusia satu tahun. Usia yang tidak lagi muda bagi suatu blog.

Kebanyakan dari teman-teman blogger, untuk memperingati setahun ngeblog biasanya mengadakan kontes blog untuk memperingatinya. Saya juga ingin mengadakan kontes serupa untuk memperingati setahun saya ngeblog di blog ini. Tapi…… karena saya belum ada dana lebih, jadinya kontes blognya diundur sampai kapan-kapan :-O . Semoga saja bener-bener kesampaian ngadaian kontes blognya dalam waktu dekat.

Kilas Balik Setahun yang Lalu

Blog ini lahir untuk menggantikan blog lama saya di blogspot. Kelahirannya dengan beragam kenekatan. Uang pas-pasan, saya nekat membeli domain web.id seharga Rp 35.000. Mulanya saya ingin menggunakan hosting yang gratisan biar gak terlalu ngeluarin uang. Saya ingin menggunakan WordPress makanya butuh hosting. Setelah beberapa hari menggunakan hosting gratisan (gak sampai 3 hari kalau tidak salah), hosting gratisan yang saya pakai menampakkan kejelekannya. Saya cari-cari info mengenai hosting gratisan. Ternyata banyak yang mengatakan kalau hosting gratisan tu berbahaya dan kekurangannya banyak sekali. Intinya kalau mau pakai, resiko tanggung sendiri. Ternyata saya juga menanggung resikonya beneran. Pada waktu itu bandwidth-nya tiba-tiba penuh dan diredirect ke situs jejaring sosial affiliasinya. Padahal janjinya bandwith yang disediakan mencapai 80 GB, tapi kenyataannya cuma tiga hari langsung penuh. Aneh memang. Selain itu komputer saya juga terinjeksi malware atau sejenisnya gara-gara mengakses hosting tersebut. Padahal hosting tersebut lumayan dikenal tapi ternyata ckckckck…..

Gara-gara hosting gratisan yang gak menjanjikan, akhirnya saya nekat lagi untuk membayar sejumlah uang untuk sewa hosting, sekitar Rp 115.000 kalau tidak salah. Saat itu saya menggunakan jasa hosting yang standart kualitasnya dengan space 200 MB dengan bandwidth 6 GB. Berhubung hosting tersebut pelayanannya kurang memuaskan dan saya ingin menambah space dan bandwidth-nya, akhirnya beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk pindah hosting yang lebih bagus pelayanannya dengan space dan bandwidth yang legaan dikit. Artikel pindah hosting bisa di temui di Akhirnya Pindah Hosting ke MasterWeb.

Curhat Selama Mempunyai Blog

Selama saya mempunyai blog, mulai dari blog lama di blogspot sampai mempunyai beberapa blog, banyak suka duka yang saya rasakan. Sukanya bisa berbagi dengan semua orang yang mengunjungi dan membaca artikel di blog kita. Lebih-lebih kalau ada yang comment, wah waktu pertama kali ngeblog rasanya seneng, ternyata ada yang mengomentari artikel kita. Ditambah lagi kalau pengunjung blog kita setiap hari banyak. Punya blog membuat kita gak jadi pengangguran, ada hobi tersendiri yaitu menulis (membuat artikel maksudnya), itung-itung belajar menjadi penulis atau jurnalistik. Dan masih banyak lagi sukanya punya blog.

Dukanya, kalau koneksi internet di rumah kita down dan gak ada dana untuk ganti modem atau sejenisnya, jadinya gak bisa online untuk mengakses blog kita. Hal ini yang saya rasakan beberapa minggu ini. HP modem murahan yang saya pakai lemot banget. Tapi masih untung ada komputer, sebab saya buat artikel secara offline dulu di komputer lalu posting di warnet. Susahnya gak bisa online di rumah ya rada susah buat cari referensi utnuk artikel baru mengenai topik yang saya bahas di blog ini, dan juga perlu menyisihkan uang buat akses internet di warnet. Tak apalah, dibuat enjoy aja.

Semoga kedepannya blog ini masih tetep berulang tahun.

Happy 1st Birthday to GaluhRistyanto.web.id

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • wah hebat udah 1 tahun (2010) berarti sekarang mau 5 taun yah
    kalau saya malah baru 1 bulan 🙂

    • Iya udah gak kerasa udah mau 5 tahun. Selama ini ada suka duka ngurusi blog ini.
      Sayangnya, akhir-akhir ini blog ini tak terusus, jarang ada post baru karena saya (sok) sibuk banget.