Google DanceBisa aja neh Galuh Ristyanto, pakai acara Goyang Bareng Google Dance segala. Tapi perlu diketahui, hal buruk menimpa GaluhRistyanto.web.id. Udah mau diajak goyang bareng tapi kok ngasihnya sesuatu yang buruk, piye to iki mbah Google :swt: . Mau tau apa itu Google Dance? Jangan sungkan-sungkan buat lanjutin bacanya, ntar dapet ilmu baru lho. 

Apa itu Google Dance?

Berdasarkan hasil cari tau apa itu Google Dance ke beberapa kawan blogger, aku menyimpulkan bahwa Google Dance adalah salah satu fenomena unik dari Google dimana suatu website sedang mengalami ketidakstabilan dalam peng-index-an di Google SERP (Search Engine Result Page). Kok bisa?

Ceritanya begini. Untuk melakukan peng-index-an/pengarsipan terhadap suatu website/blog, Google mengirimkan agent berupa robot/spider untuk melakukan crawling (pengumpulan data). Website yang sudah diarsip akan ditampikan pada update index (database) Google berikutnya. Proses update dilakukan setiap 30 hari atau kadang-kadang lebih (kalau menggunakan ping, kemungkinan bisa lebih cepat). Selama update, Google yang memiliki 3 jenis online server (www.google.com, www2.google.com, dan www3.google.com) memberikan hasil dan data yang berbeda. Karena hasil yang berbeda dari setiap server inilah dianggap seperti sedang menari. Fenomena ini akhirnya dikenal dengan nama “Google Dance“. Sebenarnya namanya sendiri muncul bukan dari pihak Google sendiri, tapi dari para webmaster.

Selama Google “menari”, hasil server www2 & www3 memberikan hasil yang lumayan mirip. Akibat efek ini, kemungkinan posisi situs kita di search engine Google akan melorot tajam atau bahkan hilang sama sekali.

Berapa lamakah Efek dari Google Dance?

Efek Google Dance terhadap situs atau blog kita tidaklah pasti. Bisa dalam hitungan hari, minggu, maupun bulan. Untuk segera terbebas, sudah ada banyak blogger yang membeberkan cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi Google Dance:

  1. Menghindari duplikasi konten.
  2. Menghapus sitemap.xml dan menggantinya dengan yang baru.
  3. Membuat posting baru dengan menambahkan link ke halaman utama.
  4. Menambah backlink.
  5. Proses update tetap dilakukan dan kita tidak melakukan perubahan layout secara signifikan.
  6. dan cara-cara gila lainnya dari para webmaster.

Referensi: Republik BM dan Lovindo’s Blog

Penyebab Google Dance

Untuk penyebab, pada intinya ada yang bilang pemilik website/blog yang sedang mengalami Google Dance suka nyepam (tapi aku gak lho) untuk cari backlink, sehingga Google kaget melihat website tersebut dapet backlink banyak dalam waktu dekat. Tapi ada juga yang mengalaminya tanpa ada sebab yang jelas. Katanya tau-tau kena Google Dance gitu aja, padahal si pemilik website gak ngapa-ngapain. Selebihnya cari tau sendiri aja ya, biar artikel ini gak semakin ketara kalau sebagian copas (tapi diedit dikit-dikit lho).

Saat ini aku sedang berusaha membebaskan GaluhRistyanto.web.id dari fenomena Google Dance ini, terutama untuk artikel kontes SEO “Indonesia Siap Besaing di SERP“, yang kadang muncul kadang enggak di SERP. Padahal udah dapet PW (Posisi Wuenak) di SERP tapi malah kena Google Dance. Biarlah saat ini GaluhRistyanto.web.id sedang Goyang Bareng Google Dance, itung-itung sebagai pengalaman baru bagiku di dunia blogging dan SEO. Dan semoga segera terbebas dari fenomena Google Dance ini.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • andrea suyoko

    memang benar google dance membuat kesal.. btw thanks atas artikelnya memberiku ilmu baru sob.

    • Terima kasih udah mampir dan berkomentar sob. Salam kenal.

  • mantap sekali gan tutornya…
    kira2 web ku kena google dance ga ya ?? kayaknya seperti yang di bilang agan di atas neh ??

  • oww, ini gugel dance 🙂

  • kampus blog

    wahhh saya malah masih 0 terus mas PR nya
    kapan yaa update lagii

  • Marzuki

    Sama nih, 2 blog ane juga lagi digoyang dombret nih sm google, mudah-mudahan naik posisi, hehe, trims. :sempoa:

  • Mangstabbb euy infonya, mampir balik ya boss, salam kenal semoga sehat dan sukses selalu 🙂

  • udah dari maret 2010 google melakukan google dance. makanya sekarang gak ada update pagerank mayor lagi. Update pagerank selalu minor. Cara baru google biar pagerank benar2 diberikan kepada blog yg rajin diupdate

  • mantap blognya…tukeran link yuk

  • majalengka.biz

    Server 1 pake Goyang ngebor, server 2 pakai goyang gergaji server 3 pakai goyang pata-patah jadi pantesan beda. kemadin aja du server berantem. hii

    • Ketiga server Google ibarat trio macan. Goyangannya manteb :mukamesum: , bikin blog yg kena Google Dance kelenger… :pusing:

  • Blogger Sragen

    Asemik artikelke lucu Gan. Sumpah. 😆 Lagi moco judul langsung tertarik ki. :mukamesum: . Salam kenal yo Gan. Artikel e yo keren. Lagi ruh aku soal Google Dance, tapi aku wegah yonan yen dijak joget Google. :nangis: Yen dikirimi dollar Google Adsense gelem aku. 😆

    • Lucu :ha?: ? Wakz wakz wakz wakz… 😆
      Aku yo gelem dikirimi dollar Adsense. Entuk job repiuw soko ID Blog Network aku yo gelem banget :mataduitan: .
      Tapi asyik kok jogetan karo Google, opo neh nak lagune SUSIS :gembira:
      Salam kenal juga gan
      :salaman:

  • jasinta

    postingan yg menarik… 🙂
    kujungi blog saya di http://www.jasinta.blogdetik.com
    thx…

  • sambil disetelin keong racun ‘ga….googlenya rak seneng…
    he2x

    • 😆 bisa aja kau dit. Draft artikelku ini sebenernya juga ada kata2 keong racunnya, tapi terus aku hapus aja.

  • Oka

    tks luh…aku baru baca ttg GD, selebihnya lewat2 gitu aja